MariaDB : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian MariaDB

Untuk anda yang berkecimpung di dunia database mungkin sudah tidak asing dengan MariaDB. MariaDB merupakan sebuah pengembangan mandiri dari MySQL yang mana aplikasi ini hadir semenjak MySQL telah berhasil diakuisi oleh Oracle pada sekitar bulan September 2010. MariaDB adalah sebuah implementasi atau penerapan dari RDMS atau sistem manajemen basis data rasional yang bisa anda gunakan secara gratis.

Namun meskipun MariaDB dapat digunakan secara cuma-cuma, anda harus paham bahwa program atau sistem ini berada di dalam naungan atau lisensi GPL atau General Public Licence. Jadi, semua orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan aplikasi ini tanpa harus dikenakan biaya apapun. Hanya saja, orang tersebut dilarang membuat aplikasi sebagai aplikasi komersial untuk digunakan secara pribadi maupun kelompok.

Fungsi MariaDB

Pengertian MariaDB dan Fungsinya

Lalu apa sih fungsi MariaDB yang menjadikan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi database yang direkomendasikan? Berikut ini kami akan menjelaskan seputar fungsi dari MariaDB yang merupakan informasi yang penting untuk anda ketahuui.

  • MariaDB merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memproses data SQL dalam waktu yang bersamaan.
  • MariaDB juga bisa digunakan sebagai aplikasi database untuk ranah yang lebih besar dimana jumlah rekamannya bisa mencapai kurang lebih 50 juta. Selain itu, aplikasi ini juga ternyata mampu menampung kurang lebih 60 ribu tabel dan juga 5 miliar baris. Pada setiap tabelnya ternyata mampu menampung indeksi hingga mencapai 32 indeks.
  • MariaDB berfungsi untuk menghubungkan client dengan menggunakan protokol TCP/IP, Named Pipes atau NT, dan juga UNIX Socket.
  • Aplikasi ini juga berfungsi untuk mendeteksi pesan error yang diterima oleh klien dengan setidaknya menggunakan 20 bahasa yang berbeda-beda. Meskipun memang untuk bahasa Indonesia masih belum termasuk ke dalam 20 bahasa tersebut.
  • MariaDB berfungsi untuk menyediakan data yang bermacam-macam yang tentunya akan mempermudah pengguna ketika ingin menggunakan aplikasi database yang bukan hanya mampu menangani skala besar, melainkan juga menyediakan banyak pilihan data.
  • MariaDB memiliki fungsi multi-user. Artinya, aplikasi ini bisa digunakan oleh banyak user dalam waktu yang bersamaan. Inilah mengapa software yang satu ini lebih banyak dipilih dibandingkan dengan yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan MariaDB

Kelebihan dan Kekurangan MariaDB

Setelah anda mendapatkan informasi tentang pengertian beserta fungsi dari MariaDB. Berikut ini kami juga akan menjelaskan tentang apa saja yang termasuk ke dalam kelebihan dan kekurangan MariaDB. Informasi ini penting karena nanti bisa memberikan gambaran apakah anda memang masih dan mau menggunakan perangkat lunak ini atau tidak.

1. Kelebihan MariaDB

  • Portabilitas

Kelebihan pertama yakni aplikasi ini masuk ke dalam kategori aplikasi portabel. Mengapa? Karena mampu dipasang dan berjalan pada semua sistem operasi yang ada. Jadi, bagi anda yang menggunakan sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac Os X, FreeBSD, dan lain sebagainya tidak perlu khawatir apakah aplikasi ini cocok diinstal ke sistem operasi tersebut.

  • Open source

Kelebihan kedua yakni MariaDB merupakan aplikasi yang bersifat open source. Kami yakin anda sudah paham tentang maksud istilah ini. Intinya, anda bisa menggunakan MariaDB secara gratis, termasuk juga menggunakan seluruh fitur yang ada. Namun yang harus anda perhatikan yakni anda tidak boleh menggandakan atau malah menjual aplikasi ini dengan tujuan komersil.

  • Multi-user

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa MariaDB mampu digunakan oleh banyak user atau pengguna dalam waktu yang bersamaan. Ketika digunakan secara bersama-sama, aplikasi ini tidak akan membuat anda frustasi karena lemot. Justru software ini terkenal stabil dan akan membuat anda nyaman menggunakannya.

  • Aplikasi database yang cepat

Kelebihan MariaDB selanjutnya adalah berkaitan dengan performance tunning. Aplikasi ini mampu berjalan dalam waktu yang lumayan cepat ketika ingin menangani query yang sederhana. Artinya, data akan lebih banyak memproses SQL untuk satu waktu.

  • Memiliki banyak pilihan data

MariaDB juga merupakan aplikasi yang telah menyediakan banyak pilihan data yang bisa memberikan banyak alternatif untuk pengguna. Beberapa pilihan data yang disediakan antara lain float, double, signed or unsigned integer, date, text, char, timestamp, dan lain sebagainya.

  • Keamanan

Kita tahu bahwa keamanan merupakan bagian yang paling penting yang menjadi pertimbangan ketika kita ingin menggunakan sebuah aplikasi. MariaDB sudah dilengkapi dengan beberapa firewall misalnya level subnetmask, izin akses, nama host, dan berbagai perizinan lain yang bersifat detail yang harus dilalui semua itu untuk bisa masuk ke dalam sistem.

  • Mampu digunakan untuk skala besar

Kelebihan MariaDB dibandingknan software lain adalah aplikasi ini dapat digunakan dalam skala yang besar. Inilah mengapa MariaDB lebih cocok digunakan untuk organisasi atau perusahaan yang memang memiliki database dalam jumlah yang besar.

  • Dilengkapi dengan 20 bahasa

Dengan dilengkapi dengan bahasa sebanyak 20, MariaDB mampu mendeteksi pesan eror yang diterima oleh klien. Aplikasi ini akan langsung mendeteksi kesalahan meskipun sebenarnya anda merasa kesalahan pesan tersebut tidak terlalu besar.

2. Kekurangan MariaDB

Lalu apa saja hal-hal yang menjadi kekurangan dari MariaDB? Simak jawaban di bawah ini yang akan kami bagikan khusus untuk anda.

  • MariaDB merupakan aplikasi yang hanya disarankan untuk digunakan oleh perusahaan besar. Jadi, untuk perusahaan kecil disarankan menggunakan aplikasi yang lain.
  • Konon MariaDB memiliki keterbatasan di dalam menyimpan data pada saat data yang disimpan tersebut sudah berada di ambang batas atau bahkan melebihi kapasitas yang mampu ditampung oleh server.
  • Ternyata bahasa Indonesia tidak termasuk ke dalam salah satu diantara 20 bahasa yang akan digunakan untuk menemukan pesan eror.

Kemungkinan masih ada beberapa kekurangan lainnya. Jadi, mungkin anda bisa bertanya langsung kepada orang yang lebih paham tentang database maupun orang yang memang sudah menggunakan MariaDB dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Send this to a friend