Kenali Pengertian Joomla Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Joomla

Bagi anda yang setiap hari berurusan dengan database atau data manajemen pasti sudah tidak asing lagi dengan Joomla. Joomla merupakan software yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Software ini juga diktahui dikembangkan dengan menggunaakn MySQL yang menjadi salah satu bahasa pemograman terkenal dan sudah banyak orang yang menggunakannya.

Joomla juga bersifat open source sehingga anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir lagi terkena copyright karena memang aplikasi ini bersifat gratis, namun anda harus tetap mencantumkan si pembuatnya. Joomla banyak digunakan untuk pembuatan website yang cepat dan mudah. Software ini juga sudah memperoleh lisensi GNU yang tidak jauh berbeda dengan WordPress, Drupal, dan Mambo.

Dengan adanya lisensi GNU ini membuat semua orang memiliki hak untuk memodifikasinya tanpa perlu khawati dengan harus membayar biaya tertentu. Dengan begitu, anda memiliki kewenangan penuh ketika hendak menambahkan berbagai macam fitur apapun sesuai dengan keinginan atau yang anda butuhkan.

Sekedar informasi bahwa Joomla pertama kali dirilis pada 17 September 2005 oleh seseorang yang sebelumnya pernah menjadi tim inti untuk  penggarapan Mambol. Setelah orang tersebut keluar, maka ia membuat aplikasi sendiri yang diberi nama Joomla. Untuk versi terbaru dari perangkat lunak ini v3 9.0 yang mana setiap versinya sudah dilengkapi dengan tampilan dan nuansa lainnya yang membedakan antara versi yang satu dengan versi lainnya.

Selain itu, sampai sekarang para developer juga terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan performa dari Joomla akan semakin banyak dikenal dan banyak digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Mereka sekarang lebih berfokus untuk meningkatkan keamanan dari Joomla agar supaya tidak mudah ditembus karena sekarang software untuk menembus keamanan juga semakin maju.

Fungsi Joomla

joomla

Setelah mengetahui tentang definisinya, berikut ini kami akan menjelaskan kepad anda tentang fungsi yang dimiliki oleh Joomla. Dengan begitu anda bisa tahu bahwa memang software ini merupakan salah satu pilihan terbaik ketika anda hendak membuat sebuah website yang cepat, aman, dan juga tidak ribet.

Secara umum, fungsi Joomla digunakan untuk membuat sebuah website, baik pribadi maupun corporate. Namun sebenarnya fungsi dari Joomla bukan hanya terbatas sampai di situ. Beberapa fungsi lainnya adalah anda bisa membuat blog, forum, E-learning, E-commerce dan lain sebagainya. Selain itu, Joomla juga dilengkapi dengan banyak template baik untuk yang digunakan secara gratis maupun juga berbayar.

Dengan begitu, maka tampilan dari website anda akan semakinn menarik. Anda bisa menentukan sendiri seperti apa tema dan konsep yang anda inginkan dengan menambahkan berbagai macam template. Anda bisa memilih sendiri kira-kira template mana yang akan anda gunakan dan menggantinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Kelebihan dan Kekurangan Joomla

Kelebihan dan Kekurangan Joomla

Setelah anda mengetahui pengertian beserta fungsinya, anda juga harus tahu apa saja yang termasuk ke dalam kelebihan dan juga kekurangan Joomla. Mengapa ini penting? Karena dari sini anda bisa mendapatkan masukan kira-kira Joomla merupakan aplikasi terbaik untuk anda atau tidak karena setiap orang pasti memiliki pendapat yag tidak sama.

1. Kelebihan Joomla

  • Joomla merupakan salah satu software open source yang memiliki banyak fitur gratis dan powerfull.
  • Joomla memiliki  gaya pembuatan yang tidak mahal.
  • Memiliki pengguna yang sangat banyak, baik untuk pembuatan website simple atau kompleks yang berasal dari seluruh dunia.
  • Anda bisa menggunakan Joomla secara gratis tanpa harus dipungut apapun. Hanya saja anda hanya perlu dikanakan biaya untuk web hosting.
  • Kelebihan lain dari Joomla adalah anda akan lebih mudah ketika hendak membuat sebuah website baik ketika anda menggunakan sistem pemograman maupun hanya menggunakan object-class. Jadi, anda bisa menangani aplikasi yang satu ini tanpa perlu mempelajari lebih detail tentang API Joomla.
  • Joomla mudah dipasang, baik ketika anda sedang online maupun juga software. Jadi komputer kita hanya perlu menggunakan sever seperti WAMP.
  • Joomla akan memberikan kemudahan bagi para pengguna di dalam mengedit konten.
  • Dengan banyak template yang disediakan, pengguna bisa dengan mudah menentukan dan mengatur kira-kira mana template yang mereka butuhkan dan sesuai dengan konsep website mereka.
  • Joomla diketahui memiliki fitur keamanan yang baik dan selalu up to date. Yang terpenting anda harus mengikuti dan mengetahui informasi jika nanti anda pemberitahuan tentang pembaruan keamanan agar Joomla semakin kuat.
  • Joomla menyediakan module dan komponen yang bisa anda akses tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.
  • Kemudahan dalam  optimasi menjadi kelebihan lain yang dimiliki oleh Joomla.

2. Kekurangan Joomla

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang apa saja yang menjadi kekurangan dari Joomla:

  • Perlu anda tahu bahwa Joomla tidak menyediakan fasilitas berupa multisite.
  • ACL atau access control list yang cenderung terbatas dibandingkan dengan aplikasi database yang lainnya.
  • Kekurangan ketiga yang dimiliki oleh Joomla adalah masih kurangnya cache memory yang dimilikinya.
  • Ketiadaan fasilitas tracker menjadi kekurangan lain yang dimiliki oleh Joomla.
  • Ketika anda memutuskan untuk menggunakan Joomla, maka website anda kemungkinan jarang muncul dan menjadi pencarian pertama atau setidaknya 3 besar.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait pengertian, fungsi, dan kelebihan serta kekurangan Joomla. Kesimpulannya, software yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan bersamaan dengan Wordpess, Drupal, dan lain sebagainya. Joomla memiliki beberapa kekurangan namun juga dilengkapi dengan kelebihan yang banyak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi sarana menambah wawasan anda, khususnya yang berkaitan dengan Joomla.

Leave a Reply

Send this to a friend