10 Aplikasi Edit Video Windows 10 Terbaik dan Gratis, Pilih Mana?

Apa saja aplikasi edit video Windows 10? Aplikasi untuk edit video adalah termasuk salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan. Bahkan aplikasi ini wajib diinstal oleh mereka yang bekerja atau setiap harinya selalu berkecimpung dalam dunia videographer.

Terdapat banyak sekali aplikasi tersebut yang bisa Anda download di internet. Ada yang berbayar, namun tidak sedikit juga yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.

Beberapa dari aplikasi tersebut menjadi salah satu yang populer karena memang sudah banyak orang yang menggunakannya. Berikut ini akan kami berikan informasi tentang apa saja aplikasi edit video Windows 10 meskipun sebenarnya aplikasi juga bisa diinstal di komputer maupun laptop dengan sistem operasi di bawahnya, seperti Windows 8 dan Windows 7.

Aplikasi Edit Video Windows 10

1. Adobe Premiere Pro CC

Aplikasi Edit Video Windows 10 - Adobe Premiere Pro CC

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat hasil editing video Anda bagus adalah dengan Adobe Premier Pro CC. Kita tahu bahwa Adobe termasuk perusahaan multimedia terkenal. Perusahaan ini telah mempersembahkan salah satu aplikasi terbaiknya dalam hal mengedit video, yaitu Adobe Premier Pro CC yang mana aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk mereka yang sudah profesional.

Namun bagi Anda yang masih baru belajar, tidak masalah pelan-palan menggunakan software ini. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua komputer atau laptop bisa menggunakan Adobe Premier Pro CC. Dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi khusus agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

2. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Dari namanya kita tahu bahwa software edit video ini merupakan milik Sony. Aplikasi ini juga merupakan software yang diperuntukkan untuk yang sudah profesional. Hasil edit video yang dihasilkan tidak perlu diremehkan karena dijamin akan berkualitas sangat baik, asalkan Anda mampu memanfaatkan beragam fitur yang disediakan oleh aplikasi ini.

Banyak orang yang mengagumi Sony Vegas Pro karena banyaknya fitur yang tersedia dimana fitur-fitur canggih tersebut memang sangat membantu pekerjaan Anda. Yang harus Anda lakukan adalah drag video yang ingin Anda edit ke aplikasi ini. Kemudian software ini akan membaginya menjadi dua kolom. Nah, di sini Anda mulai bisa menkreasikan ide atau imajinasi Anda sesuai dengan konsep edit video yang Anda inginkan.

3. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Aplikasi ketiga merupakan aplikasi buatan Windows yang diberi nama Windows Movie Maker. Jadi perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang memiliki komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Aplikasi ini disediakan oleh para pengguna Windows yang ingin menyunting atau mendapatkan hasil editing video yang mantap.

Windows juga telah memberikan kemudahan kepada para penggunanya dimana aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana. Bagi pemula pun tidak akan kesulitan ketika pertama kali mengoperasikan Windows Movie Maker. Ada beberapa fitur dasar yang bisa digunakan untuk pertama kali belajar sebelum nanti Anda masuk ke fitur yang lebih rumit.

4. Lightworks

Aplikasi Edit Video Windows 10 - Lightworks

Salah satu aplikasi edit video terbaik yaitu Lightworks. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu kemampuannya dalam mengedit video berkualitas HD, NTSC, dan juga PAL. Hal lain yang akan membuat Anda terkesan yaitu aplikasi yang satu ini juga sudah diuji oleh para prosesional sehingga tidak perlu meragukan kemampuannya di dalam menghasilkan video kualitas terbaik.

5. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector

Aplikasi edit video Windows 10 yang kelima adalah Cyberlink PowerDirector. Sebenarnya aplikasi yang satu ini juga tidak berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Salah satu fitur yang banyak digunakan adalah fitur untuk menggabungkan 2 video menjadi 1 dengan menambahkan beragam efek serta transisi.

Cyberlink PowerDirector merupakan aplikasi yang disarankan untuk Anda yang masih dalam tahap belajar. Ketika Anda sudah menjadi seorang profesional, maka mungkin Anda bisa mencoba aplikasi lainnya yang sudah kami sebutkan. Jadi, Anda memiliki dua kemampuan penggunaan dua aplikasi editing video yang akan sangat membantu Anda nanti.

6. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Untuk aplikasi yang satu ini, bisa dikatakan bahwa VSDC Free Video Editor adalah aplikasi kompleks. Untuk mendownloadnya pun tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis sehingga mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi aplikasi editing video pilihan Anda.

Aplikasi ini menyediakan beragam fitur dasar di dalam mengedit video yang akan membantu Anda menghasilkan video dengan kualitas yang bagus. Beberapa fitur tersebut seperti fitur audio, penggabungan video, koreksi warna, dan lain sebagainya. Penggunaan VSDC Free Video Editor juga cukup banyak sehingga menjadikannya sebagai aplikasi yang cukup populer.

7. DaVinci Resolve

Aplikasi Edit Video Windows 10 - DaVinci Resolve

Jika mencari aplikasi edit video gratis dan mudah, maka gunakankan DaVinci Resolve. Aplikasi yang akan membuat pengalaman editing video Anda tidak akan mengecewakan. Ada banyak fitur yang ditawarkan yang akan membuat Anda tidak kesulitan membuat sebuah video yang sesuai dengan konsep Anda.

8. Avidemux

Avidemux

Avidemux juga merupakan software editing video yang kami rekomendasikan bagi Anda. Sama halnya dengan beberapa aplikasi lainnya, aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Sebuah aplikasi yang direkomendasikan bagi Anda yang hanya sekedar ingin menggabungkan video maupun ingin menambahkan beberapa efek dasar.

Tampilannya juga cukup simpel sehinggga cocok untuk Anda yang masih belajar. Anda tidak akan kebingungan ketika pertama kali menggunakan Avidemux karena menu dan fitur-fitur di sini cukup mudah digunakan.

9. OpenShot

OpenShot

OpenShot juga merupakan sebuah software yang kami sarankan untuk dicoba. Buat Anda yang masih belajar pun bisa mengunakan ini karena memang aplikasinya menawarkan fitur yang mudah digunakan. Ada banyak fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa membuat hasil video yang Anda edit benar-benar bagus.

10. VideoPad Video Editor

Aplikasi Edit Video Windows 10 - VideoPad Video Editor

Aplikasi edit video Windows 10 yang terakhir kami ulas adalah VideoPad Video Editor. Mungkin Anda pertama kali tahu bahwa aplikasi diperuntukkan untuk pengguna android, padahal sebelumnya pun sudah ada aplikasi ini yang memang digunakan untuk komputer atau laptop. Keuntungannya, semua sistem operasi yang ada di perangkat Anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini.

Banyak fitur yang ditawarkan seperti cutting video, drag and drop, dan lain sebagainya yang akan menghasilkan video yang sangat bagus. Anda bisa coba sendiri dengan menginstallnya. Namun pastikan perangkat Anda memiliki spesifikasi yang mempuni.

Leave a Reply

Send this to a friend