Apa itu Rendering

Apa itu Rendering? Mengenal Pengertian Rendering

Pengertian Rendering

Apa itu rendering? Rendering merupakan sebuah proses dalam membangun sebuah gambar menggunakan aplikasi yang ada di komputer. Jika kita definisikan secara lebih sederhana, rendering merupakan sebuah proses pembuatan gambar hasil akhir yang berasal dari desain mentah yang masih belum bersih, masih terpisah, dan lain-lain. Istilah ini dapat Anda temukan pada berbagai aplikasi edit video, aplikasi edit suara, aplikasi 3D, aplikasi 2D, dan lain sebagainya.

Kita ambil contoh pada saat Anda menjalankan program 3D Sketchup. Pada saat Anda masih dalam tahapan pembuatan model atau modelling rumah, terlihat tampilannya yang seperti kartun dengan efek yang masih belum terlihat.

Ketika Anda merasa model atau desain tersebut sudah sesuia dengan apa yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda bisa mulai melakukan rendering menggunakan aplikasi vray atau aplikasi rendering yang lainnya.

Contoh Rendering Suara atau Lagu

Pengertian Rendering

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengedit suara atau lagu adalah Flstudio. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak efek suara yang digabungkan dengan rekaman suara Anda. Beberapa suara tersebut antara lain suara drum, suara angin, suara rintik hujan, efek bass, dan lain sebagainya. Sebelum lagu tersebut diterbitkan, akan ada proses pembuatannya terlebih dahulu, dimulai dari perekaman sampai dengan pengeditan.

Di dalam sebuah aplikasi edit lagu, nanti akan terdapat bagian-bagian yang menjelaskan suara vokalis, drum, gitar, bass, dan berbagai suara yang lainnya. Semua bagian tersebut selanjutnya akan melalui proses rendering sehingga menjadi sebuah satu kesatuan. Pada akhirnya, akan tercipta sebuah lagu yang enak didengar yang berasal dari berbagai penggabungan suara tersebut.

Spesifikasi Komputer yang Digunakan untuk Rendering

Mungkin Anda sudah tahu bahwa tidak semua perangkat bisa melakukan rendering. Hanya beberapa perangkat dengan spesifikasi yang mempuni saja yang mampu menjalan proses ini.

Selain itu, rendering memerlukan waktu dan seberapa cepat atau seberapa lambat proses rendering tersebut tergantung spesifikasi komputer yang digunakan. Untuk itu di bawah ini kami akan menjelaskan tentang seperti apa spesifikasi komputer yang dapat digunakan untuk menjalankan proses rendering.

  • Prosesor: prosesor merupakan salah satu bagian yang paling penting. Bagian ini yang sepenuhnya akan bekerja selama proses rendering. Semakin banyak jumlah core di prosesor, maka semakin cepat proses renderingnya. Jadi, Anda harus memiliki komputer dengan prosesor yang mempunyai core tinggi agar proses rendering semakin cepat
  • RAM: RAM juga merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjalankan proses ini. Semakin tinggi kapasitas RAM tersebut, maka proses rendering pun juga akan semakin cepat. Biasanya komputer yang digunakan untuk melakukan rendering memiliki kapasitas RAM minimal 8GB atau bahkan lebih besar untuk hasil yang lebih maksimal
  • VGA: peran VGA atau kartu grafis juga tidak kalah penting. Semakin tinggi kapasitas VGA tersebut maka tampilan di layar monitor pun akan semakin bagus. Terdapat dua merek VGA yang terkenal yaitu NVIDIA dan ATI Radeoan

Leave a Reply

Send this to a friend