Perbedaan RAR dan ZIP yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan RAR dan ZIP yang Belum Banyak Diketahui

Anda memiliki file compress? Baik file RAR maupun ZIP pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Pastinya Anda memiliki salah satu file dengan format tersebut.

Format RAR dan ZIP merupakan format file yang digunakan untuk memperkecil ukuran file. Selain itu, kedua jenis format file ini juga bisa digunakann untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu sehingga ukurannya pun juga akan lebih kecil.

RAR dan ZIP memberikan kemudahan bagi Anda di dalam pemindahan file-file karena Anda tidak perlu memindahkan file secara satu persatu. Namun Anda perlu tahu bahwa kedua jenis format file ini sebenarnya tidak sama. Artinya, RAR dan ZIP memiliki beberapa perbedaan yang akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan RAR dan ZIP

Perbedaan RAR dan ZIP yang Belum Banyak Diketahui

1. Kemudahan dalam Ekstrasi

Ketika Anda ingin mengekstrak sebuah file, maka dibutuhkan program atau aplikasi tertentu. Aplikasi atau program tersebut fungsinya adalah untuk mengeluarkan file yang diesktrasi tersebut.

Terdapat perbedaan antara RAR dan ZIP dalam hal ekstraksi.  ZIP merupakan format file yang cenderung lebih mudah untuk diekstraksi oleh berbagai perangkat dibandingkan dengan RAR. Ada banyak perangkat atau platform yang telah dilengkapi dengan ftur untuk ekstrak file berformat ZIP.

Sementara itu, untuk mengekstrak file berformat RAR maka kita membutuhkan aplikasi yang memang digunakan untuk  menjalankan tugas tersebut. Hal ini karena tidak semua platform menyediakan fitur untuk mengekstrak file berformat RAR. Dengan kata lain, ketika Anda mendapatkan file RAR, maka Anda tidak bisa langsung mengekstraknya sebelum menginstal aplikasi.

2. Batasan Kompres File

Perlu Anda ketahui bahwa ZIP mempunyai kecepatan kompres data yang lebih baik dibandingkan RAR. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa ZIP lebih populer dibandingkan dengan RAR.

Namun, kelebihan RAR  terletak pada bagian limit atau batasan file yang bisa dikompress. RAR ternyata memiliki kemampuan untuk mengompress file mencapai 8,589,934,591 GB. Tentu saja Anda bisa mengompress file berapa pun ukurannya dengan jumlah yang tidak terbatas.

Untuk hasil dan kualitas filenya pun Anda tidak perlu meragukannya lagi. Dikarenakan fokus pada kualitas hasil kompress, maka proses mengompress file RAR pun cenderung lebih lama. Kelebihan lainnya adalah RAR mampu mengompress file hingga mencapai 70% dari ukuran asli file Anda tersebut.

3. Proteksi Keamanan

Perbedaan yang ketiga ini berkaitan dengan keamanan. Meskipun RAR dan ZIP mampu memberikan proteksi terhadap file yang dikompress, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. RAR sudah dilengkapi dengan password yang telah terpasang di dalamnya.

Sementara itu, Anda memerlukan aplikasi tambahan untuk bisa memberikan password pada file ZIP. ZIP diketahui memang masih belum dilengkapi dengan fitur keamanan berupa password. Jadi, Anda harus menginstal aplikasi tambahan agar dapat memberikan password pada file ZIP.

Leave a Reply

Send this to a friend