Content Delivery Network

Apa itu CDN? Mengenal CDN (Content Delivery Network)

Seberapa lama anda bersedia menunggu sampai sebuah halaman website terbuka sepenuhnya? Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan oleh peneliti di Universitas Nebraska, rata-rata waktu tunggu hanya berkisar 2 detik. Dari studi tersebut bisa dilihat seberapa urgennya kecepatan sebuah website.

Cepat tidaknya sebuah website bisa dibuka tidak hanya tergantung dari kecepatan koneksi pengunjung, tapi juga tergantung dari performa website itu sendiri. Layanan hosting yang dipilih, theme yang digunakan, jumlah plugin yang diinstall, adalah beberapa dari sekian faktor yang mempengaruhi kegesitan website dalam memenuhi permintaan pengunjung.

Banyak solusi yang tersedia untuk mengoptimalkan performa sebuah website, diantaranya yaitu dengan memanfaatkan layanan CDN.

Mengenal Apa Itu CDN

Pengertian CDN (Content Delivery Network) adalah jaringan server yang tersebar di berbagai wilayah geografis untuk mempercepat pengiriman konten website kepada pengunjung.

Ketika seorang pengunjung membuka sebuah website, server CDN yang paling dekat dengan lokasi pengunjung tersebut akan menampilkan website yang dimaksud melalui browser.

Mengenal Apa Itu CDN

CDN bukan tempat hosting website. CDN adalah sarana distribusi konten supaya beban server hosting berkurang dan supaya website bisa lebih cepat dibuka oleh pengunjung.

CDN bisa diibaratkan seperti kantor cabang ISP (Internet Service Provider). Jika ada pelanggan yang mengeluh koneksi internetnya mati, yang akan memproses keluhan tersebut bukan kantor pusat ISP, melainkan kantor cabang ISP.

Pelanggan yang berdomisili di Surabaya akan ditangani oleh ISP cabang Surabaya, yang ada di Madiun diproses oleh cabang Madiun, dan begitu seterusnya. Dengan demikian keluhan setiap pelanggan bisa lebih cepat ditangani.

Begitu pula dengan server CDN. Jika anda mengakses konten Amazon dari Jakarta, maka server CDN yang paling dekat dengan lokasi andalah yang akan mengirimkan konten tersebut kepada anda melalui browser yang anda gunakan.

Semakin pendek jarak yang harus ditempuh oleh server untuk mengirimkan konten ke pengunjung, semakin cepat pula konten tersebut tampil di dalam browser.

Manfaat Menggunakan CDN

Mengenal Apa Itu CDN

Kecepatan website dalam menyajikan konten yang dibutuhkan pengunjung adalah manfaat terbesar yang bisa diperoleh dari penggunaan CDN. Kecepatan ini adalah salah satu faktor yang sangat menentukan untuk membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di dalam website.

CDN juga bisa membantu pemilik website dalam menekan biaya server hosting. Karena konten website dikirim oleh server-server CDN dengan memanfaatkan mekanisme caching, kebutuhan bandwidth pada server hosting bisa diminimalkan sehingga pemilik website tidak perlu upgrade hosting.

Manfaat CDN lainnya adalah untuk meningkatkan keamanan server dari serangan-serangan keamanan seperti DDoS. Melalui CDN, serangan DDoS bisa dimitigasi secara otomatis. CDN pun biasanya memiliki fitur-fitur keamanan yang komplit seperti SSL certificate, hotlink protection untuk mencegah pencurian bandwidth, secure token untuk membuat link yang hanya bisa diakses hingga waktu tertentu, dan sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend