Apa Itu Cloud Server? Kenali Pengertian Cloud Server

Apa Itu Cloud Server? Kenali Pengertian Cloud Server

Membangun infrastruktur TI mandiri membutuhkan biaya yang besar dan sangat merepotkan. Membeli server fisik, menyediakan ruang khusus untuk server, merawat server dan ruangan server, menyediakan listrik, dan sebagainya. Karena itu tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan layanan cloud server.

Apa itu Cloud Server?

Apa itu cloud server? Pengertian cloud server adalah server komputasi yang bisa diakses melalui internet dan pada umumnya dibuat dengan menggunakan software virtualisasi. Oleh karena itulah cloud server juga sering disebut sebagai virtual server atau virtual platform.

Cloud server menyediakan resources untuk komputasi secara virtual dan resources ini bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan kebutuhan melalui semacam control panel.

Beberapa penyedia layanan cloud server antara lain CloudKilat yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis startup di Indonesia, Biznet dengan I/O speed yang stabil, Vultr, Iniz, Flipperhost yang menawarkan kuota bandwidth tinggi sehingga sering dipakai untuk server pool data, Collocrossing dengan harga yang relatif ekonomis untuk pemilik blog, Niagahoster yang berdomisili di Yogyakarta, Alibaba Server Indonesia, Azure besutan Microsoft yang menggunakan virtualisasi HyperV, dan masih banyak lagi lainnya.

Keuntungan Menggunakan Cloud Server

Mengenal Apa Itu Cloud Server

Efektivitas biaya yang terjamin

Cloud server dapat membantu penghematan biaya secara signifikan dalam jangka panjang. Tidak ada hardware berharga mahal yang harus dibeli. Tidak ada biaya pemeliharaan server yang harus ditanggung. Pengeluaran biaya hanya sebatas pemakaian resources yang dibutuhkan dari cloud server.

Peningkatan produktivitas

Semua hal yang dibutuhkan dari server dikelola oleh penyedia layanan server. Dengan demikian perusahaan dapat sepenuhnya memfokuskan perhatian pada pekerjaan.

Skalabilitas yang tinggi

Sebuah perusahaan bisa berkembang (scaling up) sehingga kebutuhannya pun semakin luas. Di sisi lain, perusahaan juga bisa mengalami situasi-situasi sulit yang memaksa perusahaan untuk memangkas biaya di sana sini (scaling down). Skalabilitas cloud server yang tinggi memungkinkan cloud server untuk beradaptasi dengan cepat terhadap kebutuhan perusahaan yang naik turun.

Kemudahan akses

Dengan memanfaatkan cloud server, data perusahaan tersentralisasi dalam satu platform yang bisa diakses kapan saja dari berbagai tempat. Berbagai proyek juga dapat dikerjakan melalui berbagai perangkat yang terkoneksi dengan internet. Pengorganisasian data, kolaborasi kerja, dan komunikasi tim bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Pengertian Cloud Server

Sebuah laporan survey yang dilakukan oleh LogicMonitor pada tahun 2018 dan diberi judul “Cloud Vision 2020: The Future of the Cloud Study” mengemukakan prediksi bahwa 83 persen beban kerja perusahaan akan dialihkan ke platform cloud menjelang tahun 2020.

Terlepas dari benar tidaknya prediksi tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa layanan semacam cloud server memberi berbagai kemudahan yang nyata terhadap operasional perusahaan, apalagi di tengah-tengah ramainya kemunculan perusahaan-perusahaan startup yang saling bersaing dengan keunggulannya masing-masing.

Leave a Reply

Send this to a friend