• Our Partners:

Cara Ping Koneksi Internet di Android

Begini Cara Ping Koneksi Internet di Android untuk Cek Kestabilan Koneksi

Alamat situs yang tidak kunjung terbuka tidak selalu menandakan koneksi internet yang melambat. Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah karena situs tersebut sedang dikunjungi banyak orang yang jumlahnya jauh lebih besar daripada biasanya.

Di saat seperti itu, beban server menjadi lebih berat sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk memproses setiap request. Agar lebih mudah dalam memahaminya, anda bisa mengumpamakan server seperti kendaraan yang mengangkut beban. Semakin berat beban yang diangkut, maka laju kendaraan tidak akan bisa kencang seperti biasanya.

Untuk mengetahui apakah permasalahannya terletak pada website yang anda kunjungi atau pada koneksi internet anda, cara paling mudah adalah dengan mengunjungi website lain. Jika website lain bisa cepat terbuka, berarti masalahnya bukan pada koneksi internet anda. Cara lain untuk mengeceknya adalah melalui layanan online semacam down.com atau isitdownrightnow.com, atau dengan menggunakan perintah Ping.

Cara Ping Koneksi Internet di Android

Kalau anda sering bermain game online, kemungkinan besar anda sudah pernah mendengar istilah tersebut. Ping memang sering digunakan para gamer ketika game online terasa lemot untuk menyelidiki penyebabnya. Saat dijalankan, Ping mengirim sebuah paket data ke host yang dituju, dan kemudian mendapatkan respon dari host tersebut.

Dari waktu respon tersebut, anda bisa mengetahui kondisi koneksi ke host. Makin lama waktu responnya, makin tinggi pula angka yang dihasilkan, dan angka atau nilai ping yang tinggi menunjukkan bahwa koneksi ke host saat itu sedang buruk.

Secara garis besar, cara ping koneksi internet di Android kurang lebih sama seperti di Windows di mana anda harus mengetikkan perintah ping yang disusul dengan nama website atau IP Address.

1. Tanpa Menggunakan Aplikasi (Via Tool Online)

1. Buka browser anda, bisa menggunakan Google Chrome atau yang lain. Kemudian anda kunjungi web ping.eu. Setelah itu pilih Ping.

Cara Ping Koneksi Internet di Android

2. Masukkan nama website / domain / IP yang diinginkan. Kemudian masukkan kode captcha setelah itu pilih Go. Setelah itu anda akan melihat hasil ping seperti gambar dibawah ini.

Ping Koneksi Internet di Android 3

2. Tanpa Menggunakan Aplikasi

1. Buka aplikasi Playstore kemudian ketikkan Ping pada kolom pencarian. Akan muncul banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, salah satunya Ping dari appsteka.

Cara Ping Koneksi Internet di Android

2. Setelah anda install, buka aplikasi Ping.

Ping Koneksi Internet di Android 2

3. Masukkan domain atau IP untuk dicek kestabilan koneksinya. Setelah itu pilih Start.

Cara Ping Koneksi Internet di Android

4. Yang perlu anda perhatikan adalah time. Semakin kecil nilainya, maka semakin stabil pula koneksi tersebut.

cara ping koneksi internet di android tanpa root

Penutup

Seberapapun mahalnya paket internet yang digunakan, tidak mungkin koneksi internet akan selalu bagus setiap saat. Pasti ada saat-saat tertentu di mana koneksi internet tidak secepat biasanya. Di saat-saat seperti itu, anda bisa memilih untuk berhenti online sementara waktu atau berusaha untuk menstabilkan ping.

Jika anda sedang menggunakan koneksi internet di sebuah hotspot publik seperti di kampus, anda juga bisa mencoba untuk pindah ke hotspot lain yang jumlah penggunanya lebih sedikit, misalnya di sebuah kafe. Mengapa demikian? Karena semakin banyak jumlah orang yang menggunakan koneksi internet, semakin lambat pula koneksi internet tersebut. Konten yang diakses setiap pengguna pun juga turut mempengaruhi. Kalau ada beberapa orang yang menonton video di YouTube atau bahkan bermain game online, biasanya koneksi pasti akan langsung terasa lambat.

Langkah lain yang patut dicoba adalah dengan mematikan semua aplikasi lain yang sedang berjalan di HP Android anda. Siapa tahu saja, tanpa sepengetahuan anda, barangkali ada beberapa aplikasi yang menggunakan koneksi internet untuk keperluan tertentu.

Leave a Reply