• Our Partners:

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll Is Missing

2 Cara Mengatasi D3DX9_43.dll Is Missing Ketika Menjalankan Game / Aplikasi

Apa anda tahu bagaimana cara mengatasi D3DX9_43.dll Is Missing? Sebelum membahas tentang hal tersebut, anda harus paham terlebih dahulu apa itu file D3DX9_43.dll dan kira-kira apa yang menyababkan file tersebut hilang? Bagi anda yang kerap bermain game PC, pasti anda tidak asing lagi dengan game yang satu ini karena file D3DX9_43.dll merupakan salah satu file yang dibutuhkan untuk instalasi game.

Masalah error ketika instalasi aplikasi merupkan hal yang biasa. Memang tidak ada satu pun orang yang menginginkan aplikasi yang mereka instal mengalami masalah. Namun terkadang apa yang kita inginkan tidak semunya berjalan sesuai rencana. Terkadang ada saja permasalahan ketika menginstal aplikasi. Salah satunya adalah ketika instalasi game seperti PES atau Lost Saga. Sebenarnya proses instalasi game tidak sulit. Hanya saja anda harus benar-benar paham tentang langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Jika anda tidak memperhatikan cara menginstal game dengan baik, maka yang ada akan mengalami masalah. Salah satu alasannya adalah file D3DX9_43.dll hilang. Lalu kira-kira apa saja yang menyebabkan hal tersebut anda alami? Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja yang menyebabkan file D3DX9_43.dll hilang. atau D3DX9_43.dll is missing.

Penyebab D3DX9_43.dll is Missing

1. Kesalahan download

Penyebab D3DX9_43.dll hilang yang pertama biasanya karena kesalahan ketika proses download. Mendownload game memang mudah karena ada banyak situs yang menyediakan game yang kita inginkan. Namun ketika kita download terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan kualitas download kita bermasalah. Salah satunya adalah koneksi internet yang tidak stabil.

Ketika anda ingin mendownload game berkapasitas besar pasti harus didukung oleh internet yang cepat dan stabil. Ketika internet anda lambat, kemungkinan game yang anda download akan gagal. Misal ketika anda menggunakan Internet Download Manager, mungkin anda tinggal melanjutkan proses download aplikasi. Namun ketika proses download telah selesai, terkadang ada saja masalah yang kita hadapi, seperti tidak bisa ekstrak atau file D3DX9_43.dll hilang.

2. File D3DX9_43.dll terkena virus

Penyebab kedua dari file D3DX9_43.dll yang hilang adalah karena terkena virus. Mungkin anda ketika download game tidak ada masalah sampai proses download selesai. Namun ketika anda mengekstrak file berbentuk rar, anda lupa mematikan antivirus anda. Kemudian tanpa disadari file D3DX9_43.dll hilang. Ketika anda memasuki proses instalasi, tiba-tiba anda mendapatkan notifikasi bahwa salah satu file anda hilang.

Maka dari itu, biasanya ketika ingin instalasi game maka anda disarankan untuk mematikan antivirus anda. Agar supaya ketika instalasi game tidak sampai mengalami masalah apapun. Dengan begitu, proses instalasi berjalan lancar dan anda bisa memainkan game anda tersebut.

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Lalu bagaimana cara mengatasi file D3DX9_43.dll is missing ketika menjalankan aplikasi atau game seperti PES 2013, 2017, Lost Saga dan game-game lain? Berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus anda ikuti.

1. Cek Versi Windows Terlebih Dahulu (32-bit atau 64-bit)

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek versi Windows anda terlebih, menggunakan versi 32-bit atau 64-bit. Caranya klik ikon Windows pada tampilan desktop.

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing PES 2013

2. Setelah itu ketikkan “system information”. Setelah itu pilih System Information.

pilih System Information

3. Disini anda bisa mengecek informasi sistem pada Windows anda. Seperti yang telah saya kotaki tanda merah, disini laptop saya menggunakan windows versi X64 atau biasa disebut 64-bit.

windows versi X64

2. Download D3DX9_43.dll Sesuai Versi Windows

  1. Disini kita perlu mendownload file D3DX9_43.dll yang hilang atau missing dari sistem windows kita. Untuk mendownloadnya, anda bisa mengunjungi link berikut ini.
  2. Untuk mendownload file D3DX9_43.dll, kita harus menyesuaikan dengan versi / arsitektur Windows yang kita gunakan. Karena laptop saya menggunakan yang versi 64-bit maka file D3DX9_43.dll yang saya download juga harus yang 64-bit. Selanjutnya pilih Download.Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing PES 2017
  3. Setelah file berhasil didownload, anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Pilih Extract to d3dx9_43.Extract to d3dx9_43
  4. Selanjutnya anda klik kanan > Copy file D3DX9_43.dll. Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing Lost Saga
  5. Setelah itu masuk ke Local Disk (C:) > Windows > System32. Kemudian paste file D3DX9_43.dll disana.Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing 7
  6. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, tinggal pilih Continue.Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing 8
  7. Setelah itu coba restart laptop atau komputer anda. Maka masalah D3DX9_43.dll Is Missing akan hilang dan tidak muncul kembali.

Itulah langkah-langkah cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing ketika menjalankan sebuah game atau aplikasi. Pastikan anda terlebih dahulu mengenai versi atau arsitektur Windows yang digunakan, 32-bit atau 64-bit.  Kemudian download file D3DX9_43.dll sesuai dengan versi Windows anda. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan mudah dipahami!!

Leave a Reply

Send this to a friend