5 Cara Menghapus Virus Shortcut di PC/Laptop dan Flashdisk yang Terbukti Berhasil!

Anda tentu pernah berbagi file atau folder melalui flashdisk ataupun SD Card, bukan? Anda mungkin sudah mengetahui bahwa berbagi file dengan menggunakan flashdisk ataupun SD Card memiliki kemungkinan untuk menularkan virus dari satu PC ke PC yang lainnya.

Ada berbagai virus komputer yang dapat ditularkan melalui flashdisk ataupun SD Card. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat berbagi file, pastikan flashdisk atau SD Card yang dipakai tidak mengandung virus.

Selain itu, pastikan Anda tidak sembarangan mencolokkan flashdisk atau SD Card Anda di sembarang PC agar flashdisk atau SD Card bersih dari virus. Salah satu virusnya adalah virus shortcut. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan virus yang satu ini. Tapi, tahukah Anda apakah itu virus shortcut itu?

Virus shortcut merupakan virus yang menyebar melalui flashdisk atau SD Card dengan menyembunyikan data (file/folder) yang ada baik didalam flashdisk ataupun PC yang sudah terinfeksi ke dalam folder tersembunyi kemudian menampilkan data (file/folder) tersebut ke dalam bentuk shortcut (dengan ekstensi .lnk). Jika Anda menghapusnya, shortcut tersebut akan kembali lagi.

Cara Menghapus Virus Shortcut di PC/Laptop dan Flashdisk

Anda tentu penarasan bagaimana cara menghapus virus shortcut di PC/laptop dan flashdisk, bukan? Caranya cukup sederhana. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

#1 Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu perantara penyebaran virus. Jika flashdisk Anda tidak berisi file-file penting, Anda bisa memformatnya saja. Tetapi, jika berisi file-file penting maka Anda tidak mungkin diformat begitu saja, bukan? Untuk menghapus Virus Shortcut ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Ketik CMD pada fitur Start, kemudian akan tampil Command Prompt, klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik “Run as Administrator“.

cara menghapus virus shortcut

2.  Lihat dimana letak drive flashdisk Anda, apakah di E, F, G atau I. Arahkan direktori di CMD ke posisi flashdisk dengan mengetikkan hurufnya seperti pada gambar dibawah ini. Disini, flashdisk saya terletak direktori F.

cara menghapus virus shortcut di laptop secara permanen

3. Setelah direktori Anda saat ini menjadi F:\> (tergantung pada lokasi flashdisk) selanjutnya Anda menghapus file shortcut.  Caranya adalah dengan mengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter. Jika muncul error, cukup ketik del *.lnk s/ atau  del *.lnk lalu tekan Enter.

menghapus shortcut

4. Sekarang, ketik attrib -s -r -h *. * /s /d /l lalu tekan Enter. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Mengembalikan file

5. Setelah selesai, file yang disembunyikan oleh virus shortcut akan muncul dalam mode normal.

Catatan: Berhati-hatilah saat mengeksekusi perintah del * .lnk karena Anda mungkin bisa kehilangan data Anda (jika terdapat kesalahan).

#2 Menghapus Virus Shortcut di PC/Laptop

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan cara menghapus virus shortcut di flashdisk. Sekarang, saya akan menjelaskan cara menghapus virus shortcut di PC/laptop. Kenapa ini penting? karena jika Anda mencolokkan flashdisk yang bebas virus ke PC/laptop yang terinfeksi virus shortcut maka flashdisk Anda akan terinfeksi juga. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus virus shortcut di PC/laptop Anda.

A. Cara Pertama

1. Buka Task Manager dengan menekan CTRL + ALT + Delete di keyboard lalu pilih opsi Task Manager atau klik kanan pada taskbar lalu pilih Task manager.

2. Buka tab Processes dan cari dan pilih proses Wscript.exe lalu klik tombol End Task.

cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih

B. Cara Kedua

1. Tekan Windows+R pada keyboard lalu akan tampil jendela Run. Ketik regedit dan tekan OK. 

regedit

2. Maka akan tampil jendela Registry Editor. Kemudian arahkan direktori ke HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Run seperti pada gambar dibawah ini.

Registry Editor

3. Selanjutnya, cari Registry Key “odwcamszas” atau “cbxghsrjgbdds”. Jika ada, klik kanan lalu klik Delete. Jika Anda tidak menemukan Registry Key tersebut, cari Registry Key yang serupa (yang mempunyai nama aneh, seperti kedua registry key sebelumnya)

C. Cara Ketiga

1. Tekan Windows+R pada keyboard lalu akan tampil jendela Run. Ketik msconfig dan tekan OK. 

msconfiq

2.  Setelah itu, akan tampil jendela System Configuration. Buka tab Startup dan klik Open Task Manager.

cara menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd

3. Pada tab Startup di Task Manager, cari dan pilih nkvasyoxww.vbs lalu tekan tombol Disable.

Startup

D. Cara Keempat

1. Tekan Windows+R pada keyboard lalu akan tampil jendela Run. Ketik %temp% dan tekan OK. 

%temp%

2. Kemudian, temp folder akan terbuka lalu carilah file nkvasyoxww.vbs dan hapus file tersebut.

temp

File shortcut tersebut tidak bisa dibuka dan akan menampilkan pesan error. Virus ini dapat mempengaruhi penyimpanan eksternal seperti Flash Drives, Hard Disk Eksternal, Phone Memory, Memory Card atau Memory Stick. Nah, jika Anda terus menerus membiarkan virus ini maka akan menjadi sangat berbahaya dan bisa merusak sistem kerja PC/laptop Anda.

Sekian pembahasan tentang cara menghapus virus shortcut di PC/laptop dan flashdisk. Pastikan anda mengikuti langkah-langkahnya dengan seksama agar virus shortcut tidak lagi menyerang laptop maupun flashdisk anda. Baiklah, semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend