2 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Menggunakan CMD dan Smadav, Wajib Dicoba!

Pernah melihat sebuah atau beberapa folder dengan nama “Shortcut blabla” di komputer Anda? Kasus ini bisa berbahaya bagi komputer Anda apabila sering muncul kembali meskipun sudah dihapus berkali-kali.

Nah, sebaiknya Anda jangan mengabaikan hal ini terjadi. Karena virus jenis ini dapat merusak sistem kerja komputer Anda. Virus Shortcut atau sering disebut dengan virus cloning ini biasanya akan melakukan cloning terhadap folder-folder yang ada di dalam Windows Explorer atau File Explorer.

Virus Shortcut sering pula ditemukan pada perangkat keras yang memiliki storage device seperti flashdisk, harddisk, dan lain sebagainya. Virus ini sangat mudah menular pada device lainnya.

Walaupun jenis virus satu ini belum digolongkan ke dalam virus yang sangat berbahaya, namun alangkah baiknya apabila virus Shortcut yang berulang kali muncul di komputer segera dibasmi agar tidak mengganggu kinerja komputer maupun Anda sendiri. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan virus Shortcut dari komputer.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Dengan adanya virus ini ia dapat menyembunyikan file asli kita lalu membuat cloning terhadap data tersebut dengan nama yang sama. Sehingga akan sulit membedakan file asli dan palsu bagi orang awam. Pada kesempatan ini, saya akan memberitahu Anda 2 cara menghilangkan virus Shortcut yaitu dengan menggunakan CMD (Command Prompt) dan Smadav.

A. Menggunakan CMD

1. Pilih ikon search di taskbar > lalu ketik folder option.

1 - folder option
2. Kemudian pilih tab View > pada bagian Hidden files and folders, silakan pilih opsi Show hidden files, folders, and drives > lalu uncheck atau hilangkan tanda Hide protected operating system files (Recommended) > selanjutnya klik OK.

2 - tab view

3. Buka command prompt dengan cara tekan tombol windows + R di keyboard lalu ketik cmd. Atau Anda klik ikon search > lalu ketik command prompt > lalu klik kanan dan pilih run as administrator.

3 - buka cmd

4. Setelah itu ketik drive disk Anda misalnya F: lalu tekan enter.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut dengan CMD

5. Selanjutnya ketik: attrib -s -r -h /s /d lalu tekan enter.

5 - ketik kode

6. Tampilan selanjutnya akan seperti di bawah ini tanpa ada error.

6 - berhasil

7. Lalu buka drive disk Anda, jika ada file atau folder dengan type shortcut segera hapus dengan cara klik kanan pada file atau folder tersebut > lalu pilih Delete atau Hapus.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

8. Tekan Yes untuk melakukan konfirmasi. Maka virus akan terhapus.

8 - yes

B. Menggunakan Smadav

Cara berikut ini membutuhkan aplikasi tambahan yang harus diinstall terlebih dahulu di komputer Anda. Adapun aplikasi tersebut yaitu antivirus smadav.

1. Buka File Explorer atau Windows Explorer > lalu klik kanan pada drive yang terinfeksi oleh virus shortcut > lalu pilih Scan With Smadav.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut dengan smadav

2. Tunggu hingga proses Scan selesai. Anda juga dapat melihat detail proses scan tersebut dengan cara klik tombol Detail.

2 - detail

3. Berikut merupakan detail dari proses scan dan hasil scan. Tunggu hingga proses scan mencapai 100%.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

4. Apabila terdapat virus shortcut pada komputer Anda, maka tampilan akan seperti di bawah ini. Jika ada tampilan kotak warning seperti gambar di bawah ini, silakan klik OK.

4 - ok

5. Selanjutnya pilih tab virus (jika perangkat Anda terserang virus) > lalu ceklis kotak pilih semua > lalu pilih Clean All.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

6. Setelah itu pilih tab File Tersembunyi (jika perangkat Anda memiliki file tersembunyi) > lalu pilih Unhide All.

6 - unhide

Mudah bukan cara menghilangkan virus shortcut dari perangkat Anda? Anda dapat memilih salah satu cara di atas untuk diimplementasikan. Sebaiknya perangkat Anda tetap dalam perlindungan antivirus. Jadi apabila perangkat Anda belum memiliki antivirus segeralah install pada perangkat.

Dan apabila sudah terinstall, jangan terlalu sering menonaktifkan proteksi yang diberikan oleh antivirus. Sehingga komputer Anda tetap aman dan terlindungi. Perlu untuk diingat, jangan jadikan Smadav sebagai antivirus utama melainkan hanya sebagai pendamping saja. Hal ini mengingat masih banyaknya kekurangan antivirus ini terhadap virus-virus yang beredar. Sekian artikel mengenai cara menghilangkan virus shortcut dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend