2 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tanpa Menghilangkan Data, Sudah Pernah Mencobanya?

Salah satu komponen pada komputer yang rawan akan kerusakan adalah hardisk. Tahukah Anda apa itu hardisk ? Hardisk merupakan perangkat keras komputer (hardware) yang digunakan sebagai media penyimpanan data pada komputer, seperti dokumen, gambar, video, audio dan sebagainya. Dengan demikian, hardisk memiliki peranan yang penting dalam sebuah komputer.

Bayangkan saja, jika hardisk Anda rusak maka ada kemungkinan data yang didalamnya juga ikut hilang. Masalahnya, data tersebut digunakan untuk kepentingan pekerjaan, apabila data tersebut hilang maka akan sangat merugikan Anda. Pastinya Anda tidak ingin kehilangan data, bukan ?

Apa itu hardisk yang bad sector ? Ketika mendengar istilah bad sector saja kita sudah yakin bahwa hardisk tersebut dalam kondisi yang tidak semestinya. Hardisk bad sector merupakan istilah dimana sector yang terdapat dalam hardisk tidak dapat melaksanakan tugasnya, seperti write dan read seperti biasanya. Sedangkan sector sendiri adalah bagian paling kecil dalam hardisk yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Dengan begitu, ketika sector berada dalam kondisi yang buruk maka akan memengaruhi kerja hardisk, dimana hardisk tidak dapat menjalankan fungsinya untuk membaca permintaan user sehingga setiap data yang dibuat atau disimpan akan hilang.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas dan dijelaskan mengenai seputar hardisk dalam kondisi bad sector dan bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja ke pembahasan mengenai cara memperbaiki hardisk bad sector berikut ini.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Ada banyak faktor yang memengaruhi kerusakan hardisk atau bad sector. Terdapat dua jenis bad sector pada hardisk, yaitu secara fisik dan software. Biasanya, secara fisik terjadi karena hardisk terkena debu, kotoran, kepanasan, jatuh atau lainnya. Walaupun begitu, kondisi kerusakan tersebut tidak mungkin dapat diperbaiki. Sebaliknya secara software, hardisk mengalami kondisi bad sector apabila terjadi kerusakaan saat pengoperasian komputer, seperti ancaman virus. Kondisi kerusakan ini masih ada kemungkinan untuk diperbaiki.

Sebelum melakukan perbaikan terhadap hardisk bad sector, kita harus melakukan pengecekan kondisi hardisk terlebih dahulu. Dalam sistem operasi Windows, untuk mengecek kondisi hardisk melalui Disk Check Tool atau chkdsk. Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Disk Check Tool.

1. Buka Windows Explorer atau Tekan Windows + E pada keyboard.

2. Klik kanan pada disk yang akan di cek, kemudian pilih Properties. Disini saya memilih Disk C:. Lalu, pilih tab Tool.

cara memperbaiki hardisk bad sector

3. Setelah itu, klik Check Now pada bagian Error Checking.

cara memperbaiki hardisk bad sector

4. Sebuah kotak dialog kecil akan muncul dengan dua opsi yang harus Anda pilih. Ceklis kedua opsi tersebut jika Anda ingin mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Namun jika Anda ingin mengeceknya saja, maka cukup ceklis opsi yang pertama.

5. Klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.

Namun, dalam proses pengecekan dan perbaikan berlangsung cukup lama tergantung kapasitas dari hardisk tersebut dan seberapa banyak data didalamnya. Dengan begitu, sebaiknya untuk melakukannya ketika komputer atau laptop tidak sedang digunakan. Apabila terdapat soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya untuk  dapat digunakan lagi. Sedangkan apabila terdapat masalah bad sector yang lebih kompleks, maka Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis ketika komputer Anda dinyalakan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan software yang efektif untuk memperbaiki bad sector pada hardisk sesuai dengan permasalahannya. Beberapa software yang sering digunakan adalah HDD Regenerator, spinRite, Macrorit Disk Scanner dan masih banyak lagi.

Disini saya akan menggunakan Macrorit Disk Scanner, merupakan alat yang dapat melakukan scan bad sector pada disk yang memberi pilihan dan performa terbaik daripada melakukannya menggunakan alat yang disediakan Windows. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan berikut.

cara memperbaiki hardisk bad sector tanpa menghilangkan data

Anda tinggal Click Scan Now, maka software tersebut akan mendeteksi bad sector pada hardisk. Apabila terdapat kerusakan pada hardisk, akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara memperbaiki hardisk bad sector dengan mudah

Itulah cara memperbaiki hardisk bad sector dengan mudah. Anda dapat menggunakan Disk Check Tool untuk mengecek soft bad sector, atau Anda dapat menggunakan aplikasi yang tepat untuk memperbaiki kondisi hardisk Anda. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda dalam menangani kejadian tersebut.

 

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend