Cara Menggunakan Command Prompt + Perintah Dasar Command Prompt di Windows

Apa itu CMD ? CMD atau Command Prompt merupakan salah satu program bawaan windows yang memungkinakn Anda untuk menjalankan perintah yang tidak tersedia pada GUI (Graphical User Interface) pada windows.

Tidak semua dari pengguna windows yang suka menggunakan CMD. Apalagi, windows telah menyediakan mode GUI yang user friendly, dimana pengguna dapat menikmati tools yang tersedia dengan sangat mudah tanpa harus mengetikkan suatu command untuk dapat menjalankan perintah yang dibutuhkan.

Padahal banyak yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan CMD ini, seperti melihat spesifikasi sistem perangkat, melihat ip address, mengecek koneksi jaringan dan masih banyak lagi. Walaupun demikian, sebenarnya diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk dapat menjalankan perintah dengan menggunakan CMD ini. Sebab, banyak command-command yang harus diketahui beserta fungsinya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan CMD ini dapat menyimak penjelasan berikut ini beserta dengan perintah-perintah dasar yang perlu Anda ketahui.

Cara Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara menggunakan CMD ini tidaklah sulit. Anda tinggal melakukan pencarian Command Prompt pada kolom start menu. Atau lebih jelasnya, simak penjelasannya dibawah ini.

A. Cara Membuka Command Prompt di Windows

Berikut ini akan dijelaskan mengenai tiga cara gampang untuk membuka CMD di laptop atau PC Anda.

Cara Pertama : Untuk pengguna Windows 10, Anda dapat membuka CMD melalui pencarian di Start menu, kemudian ketikkan “cmd”.

cara menggunakan cmd

Cara Kedua : Anda dapat menekan tombol Windows + R pada keyboard. Selanjutnya ketikkan “cmd” pada kolom search tersebut dan tekan Enter.

cara menggunakan cmd untuk pemula

Cara Ketiga : Atau Anda dapat membuka CMD melalui Address Bar di File Explorer dengan mengetikkan kata yang sama seperti sebelumnya, yaitu “cmd”.

Cara ketiga membuka cmd

B. 5 Perintah Dasar Command Prompt di Windows

1. Perintah untuk Membuka File Explorer

Command sederhana untuk membuka file explorer melalui CMD dapat dilakukan dengan perinta “start .”. Tanda “.” itu dikatakan sebagai singkatan folder saat ini ketika membuka file explorer. Anda dapat mengganti tanda “.” dengan nama folder atau direktori yang diinginkan. Setelah mengetikkan perintah itu, tekan Enter. Maka file explorer akan terbuka sesuai dengan perintah yang diketikkan.

Perintah Start

2. Perintah untuk Membuka Task Manager

Task manager merupakan program yang digunakan untuk memantau aktivitas yang berjalan di komputer. Anda dapat membuka task manager melalui CMD dengan mengetikkan perintah “taskmgr”, kemudian tekan Enter.

cara menggunakan cmd untuk windows

3. Perintah untuk Membuka Konfigurasi Sistem

Perintah “systeminfo” yang diketikkan pada CMD berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai seluruh konfigurasi pada sistem.

Perintah systeminfo

4. Perintah untuk Membaca Dokumen Teks

Dengan menggunakan CMD, Anda juga dapat membaca dokumen teks (.TXT) yang tersimpan dalam direktori perangkat Anda. Misalnya, pada direktori E:\, terdapat file dokumen dengan nama “coba.txt”. Nah, untuk dapat membaca file tersebut melalui CMD dapat menggunakan perintah “type (nama_dokumen)”. Setelah tekan Enter, maka Anda dapat membaca isi dokumen tersebut.

cara menggunakan cmd pc

5. Perintah untuk Membuka On-Screen Keyboard

On-Screen Keyboard merupakan komponen virtual yang memungkinkan Anda untuk menginputkan karakter tanpa menggunakan keyboard secara fisik. Untuk membukanya melalui CMD dapat mengetikkan perintah “osk”, kemudian tekan Enter.

cara menggunakan CMD

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara menggunakan CMD di Windows beserta beberapa perintah dasar yang dapat Anda lakukan untuk mengeksekusi perintah yang diinginkan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Send this to a friend