Microsoft Windows 10 Disk Usage Analysis

Diam-Diam Microsoft Tambahkan Fitur Disk Usage Analysis di CMD

NESABAMEDIA.COMKini pengguna Windows 10 tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan analisa drive disk, karena Microsoft telah membawa tool itu ke sistem operasi mereka. Secara diam-diam Microsoft ternyata menambahkan tool analisa disk drive atau Disk Usage Analysis di pembaruan Preview Builds Windows 10 terbaru. 

Fitur Disk Usage Analysis ini memungkinkan pengguna untuk mengecek seberapa banyak kapasitas penyimpanan yang telah terisi dengan menggunakan Command Prompt. Fitur ini juga memiliki sejumlah parameter analisa yang memudahkan dan tentunya sangat menarik.

Meski Microsoft tidak mengumumkan secara resmi kehadiran fitur baru ini, namun salah seorang pengamat yang tergabung dalam program Windows Insider menemukan keberadaan fitur baru ini. 

Untuk saat ini, fitur baru bernama Disk Usage Analysis itu masih dalam tahap pengembangan. Namun jika pengguna telah memasang pembaruan Windows 10 Preview Builds versi 20277 atau 21277 dan yang terbaru, fitur ini seharusnya sudah bisa ditemukan untuk uji coba.

Fitur Disk Usage Analysis di Command Prompt Windows 10

Fitur Disk Usage Analysis di Command Prompt Windows 10

Karena masih dalam tahap pengembangan, maka sejumlah fitur dan parameter yang seharusnya ada itu masih belum bisa digunakan secara sempurna. Lebih lanjut lagi, masih ada sejumlah masalah dalam penggunaanya. Misalnya, tool ini membutuhkan mengharuskan pengguna untuk mencari file berdasarkan ukuran. Namun yang diminta dalam ukuran bit, bukan megabit atau gigabit. 

Tentunya, hal ini akan sangat menyusahkan, karena pengguna harus melihat ukuran angka yang terlalu banyak. Apalagi jika ukuran file setara satu giga lebih. Solusinya pun pengguna harus menggunakan converter untuk mengubah satuan ukuran bit itu agar lebih mudah dalam membacanya. 

Namun lepas dari kekurangannya itu, keberadaan tool Disk Usage Analysis ini diperkirakan akan sangat membantu pengguna. Pasalnya, selama ini banyak sekali pengguna yang masih menggantungkan pada aplikasi pihak ketiga semacam WinDirStat atau TreeSize, sehingga bisa melakukan pemindaian seluruh drive untuk melihat file mana yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan.

Disk Usage Analysis sangat bagus bagi para pengguna yang memang sudah terbiasa dengan penggunaan Command Prompt dan telah nyaman dengan mengetikkan perintah baris. Namun bagi pengguna awam yang tidak terbiasa dengan Command Prompt, maka masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah banyak tersedia.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend