Logo Microsoft Windows 10

Microsoft Uji Fitur Device Usage Untuk Permudah Pengaturan Personalisasi

NESABAMEDIA.COMPada bulan Oktober 2020 yang lalu, Microsoft mulai melakukan pengujian pada pembaruan tampilan Out Of The Box Experience (OOBE) dengan sejumlah pilihan baru, guna membantu pengguna untuk mengatur perangkat lama atau baru mereka setelah adanya pembaruan fitur Windows 10. Kini mereka kedapatan menguji coba fitur baru bernama Device Usage.

Saat ini Microsoft masih melakukan eksplorasi untuk menemukan ide-ide baru yang bisa diterapkan pada fitur OOBE itu. Dan sepertinya, halaman aplikasi Settings juga akan mendapatkan pembaruan dengan sebuah tambahan halaman bernama Device Usage. Nantinya, halaman itu memiliki fungsi membantu pengguna untuk melakukan kustomisasi dan pengaturan pada perangkat mereka, setelah melalui halaman OOBE.

Untuk sekarang ini, masih belum jelas bagaimana pengaturan Device Usage itu akan bekerja. Pasalnya saat diuji coba dalam versi Preview Builds, terjadi crash saat hendak membuka halaman baru tersebut. Opsi tersebut terlihat muncul di bawah halaman Personalization yang ada di halaman Settings. Jadi bisa diasumsikan bahwa Microsoft tidak akan menjadikannya seperti fitur Digital Wellbeing milik Google. 

Windows 10 Device Usage

Windows 10 Device Usage

Namun, fitur tersebut akan lebih berfungsi sebagai alat pengaturan pada sistem agar lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Halaman Device Usage itu diketahui memiliki kode nama “SettingsUserIntentPage”, yang juga menunjukkan bahwa fitur baru itu masih berkaitan dengan fitur OOBE yang baru.

Jika halaman Settings yang baru itu memang berbasis pada fitur OOBE dan teori yang ada selama ini benar, maka pengguna akan bisa memilih beberapa kategori utama untuk perangkat mereka. Beberapa kategori pada Device Usage itu bisa ditawarkan dalam bentuk pilihan untuk kebutuhan Gaming, Keluarga, Kreativitas, Belajar, Hiburan dan Bisnis. 

Misalnya, jika pengguna memilih kategori Gaming, maka Windows 10 akan dioptimalkan untuk kebutuhan gaming. Namun masih belum jelas bagaimana optimasi itu akan bekerja dan apa saja yang mengalami perubahan. Juga belum diketahui apakah fitur baru ini akan tersedia bersamaan dengan pembaruan Sun Valley yang akan datang. 

Perlu dicatat lagi bahwa Microsoft terlihat tidak begitu percaya diri dengan fitur baru ini seperti yang terlihat pada pengujian di Preview Builds. Di sisi lain, mereka sebelumnya juga mengatakan bahwa fitur ini hanya bagian dari eksplorasi ide mereka. Fitur Device Usage ini baru dikenalkan pada pembaruan Windows 10 Build 21313 di program Windows Insider. 

Leave a Reply

Send this to a friend