Windows 10X di SurfaceNeo

Microsoft Hadirkan Fitur OOBE Windows 10X di Windows 10

NESABAMEDIA.COMWindows 10X akan memulai debutnya di perangkat dengan layar tunggal pada musim semi 2021 mendatang. Namun perangkat yang ada saat ini, juga akan mendapatkan sejumlah fitur baru dari Windows 10X. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa fitur-fitur yang ada di Windows 10X akan hadir di perangkat Windows 10 lebih cepat dari yang diperkirakan. Bahkan beberapa sudah bisa ditemukan di Windows 10.

Microsoft telah merilis sebuah uji coba fitur Windows 10X untuk para pengguna yang tergabung dalam program Windows Insider. Namun bagi mereka yang benar-benar beruntung, mereka akan juga bisa mencoba sejumlah fitur rahasianya. 

Pada bulan lalu, Microsoft menguji coba fitur Emoji dan Clipboard Windows 10X, serta fitur sentuhan pada keyboard untuk pengguna Windows 10 Desktop. Kini Microsoft merilis fitur baru yang sebelumnya ada di Windows 10X ke Windows 10, yakni fitur Out of the Box Experience (OOBE), yang mengubah keseluruhan bagaimana pengguna mengatur perangkat. 

Fitur OOBE ditransfer ke Windows 10 dan tampilan antarmukanya berbasis kode HTML dan CSS. Dengan kata lain, fitur tersebut merupakan berbasis web, sehingga Microsoft mampu melakukan pembaruan dan peningkatan lebih sering.

Saat ini, yang ada di Windows 10 adalah masih menggunakan sistem setup atau pengaturan dengan tampilan kuno, yang memaksa pengguna untuk menginstall Cortana dan layanan milik Microsoft lainnya. 

Tampilannya pun dianggap tidak ramah dan memudahkan pengguna, namun fitur OOBE yang ada di Windows 10X menghilangkan Cortana dan menawarkan tampilan yang lebih tradisional yang sudah familiar di mata pengguna.

Tampilan Pengaturan OOBE di Windows 10X ke Windows 10

Tampilan Pengaturan OOBE di Windows 10X ke Windows 10

Ini berarti, pengguna tidak lagi harus menunggu Cortana terinstall terlebih dahulu, yang kemudian hanya hadir untuk menawarkan sejumlah layanan yang dimiliki oleh Microsoft. Dalam pengaturan model terbaru ini, pengguna bisa melakukan konfigurasi pada peralatan yang dibutuhkan nantinya, seperti preferensi akun, mengatur privasi, dan mengaktifkan Cortana atau tidak.

Jika dilihat dari tangkapan layar di atas, OOBE itu berwarna putih, namun nantinya juga akan disediakan untuk warna hitam, agar sesuai dengan tema gelap yang dipakai pengguna. Fitur ini nantinya akan bisa terintegrasi dan beradaptasi dengan baik untuk layar tunggal maupun layar jamak.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend