Menggunakan Windows 10 di Perangkat Tablet

Microsoft Akan Beri Peringatan Ketika Pembaruan Windows 10 Terblokir

NESABAMEDIA.COMMicrosoft memperingatkan kepada para pengguna Windows 10 akan adanya sejumlah bug dan masalah kompatibilitas yang ada di halaman dokumen dukungan dan forum komunitas. Namun pihaknya mengatakan sudah mengetahui masalah tersebut, dan ada sejumlah hal yang perlu ditingkatkan.

Setelah Microsoft merilis pembaruan Windows 10 versi 2024, setidaknya ada 10 isu yang menjadi sorotan yang mereka tuangkan dalam catatan rilisan. Kemudian daftar isu tersebut diperbarui dengan sejumlah informasi mengenai pemblokir tambahan.

Pada tahun 2018 silam, Microsoft pernah mengatakan bahwa pembaruan Windows 10 seringkali terblokir, dikarenakan adanya perbedaan versi Windows dan aplikasi, kemudian juga karena driver yang lebih dari satu dan konfigurasi hardware.

Dengan dirilisnya sejumlah fitur pembaruan di Windows 10, Microsoft mulai melakukan pemblokiran pembaruan lebih sering. Microsoft juga melakukan perubahan pada sistem bagaimana sebuah driver bisa diizinkan melakukan pembaruan untuk Windows 10. Di sisi lain, pihaknya juga mulai mencegah perangkat yang tidak kompatibel dengan driver untuk mendapatkan pembaruan.

Pada tahun 2020, Microsoft memblokir sejumlah perangkat untuk mendapatkan pembaruan jauh lebih sering. Alasannya cukup sederhana, karena mereka mampu dan menginginkannya. Padahal, akan jauh lebih baik dan lebih mudah, jika Microsoft menginformasikan kepada pengguna bahwa mereka harus melakukan uninstall pada driver yang bermasalah, sehingga pembaruan tidak perlu diblokir.

Pembaruan Windows 10 Terblokir

Pembaruan Windows 10 Terblokir

Microsoft telah menjanjikan bahwa pembaruan pada Windows 10 di masa mendatang, akan dilakukan dengan lebih transparan. Dan kini Microsoft tengah mengembangkan adanya sebuah halaman pada saat pembaruan Windows 10, di mana pengguna akan disuguhkan informasi apakah mereka mengalami pemblokiran pembaruan atau tidak. 

Mereka mengembangkan sebuah sistem otomatis yang akan mendeteksi hardware apakah memiliki masalah dengan drivernya atau tidak, sebelum merilis pembaruan. Kemudian setelah adanya sebuah masalah ditemukan, maka Microsoft akan menginformasikan kepada pengguna berupa saran dan rekomendasi, agar pembaruan bisa dilakukan dan tidak terblokir.

Jika konsep ide ini memang bisa diwujudkan, maka pengalaman dalam melakukan pembaruan Windows 10 akan menjadi lebih baik. Setidaknya ketika pengguna menginginkan sebuah pembaruan fitur pada perangkat mereka.

Leave a Reply

Send this to a friend