Pembaruan Windows 10 Iron Build

Windows 10 Iron Build Telah Hadir Untuk Windows Insider Dev Channel

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis pembaruan terbaru Windows 10 di program Windows Insider Dev Channel pekan ini, dan sepertinya menjadi versi pratinjau terakhir dari Iron Fe Release yang memiliki sangat sedikit pembaruan di dalamnya dalam beberapa pekan terakhir.

Sebagai informasi, Iron merupakan kode untuk pembaruan Windows 10 21H1, yang tidak akan tersedia untuk perangkat desktop. Pembaruan ini akan dirilis untuk Windows 10X dan Windows Server 2021 saja.

Itulah mengapa pembaruan Fe Release ini pada dasarnya tidak memiliki banyak pembaruan fitur di dalamnya, karena semua pengembangan untuk versi ini terjadi di sistem operasi yang berbeda.

Seperti yang diberitakan sebelumnya juga bahwa Microsoft telah melakukan finalisasi Windows 10X dengan pembaruan build 20279. Sehingga bisa diperkirakan Microsoft telah melakukan perbaikan bug dan melakukan sejumlah perubahan secara internal, namun semuanya tidak akan ditujukan untuk versi desktop.

Windows 10 desktop akan mendapatkan pembaruan 21H1 sendiri, namun pembaruan itu tidak akan berbasis Iron seperti di atas. Melainkan, versi 21H1 untuk desktop akan berbasis kode Vibranium, seperti halnya pembaruan 20H2 yang telah dirilis beberapa minggu yang lalu. Pembaruan utama Windows 10 akan dirilis pada musim gugur 2021 dengan versi 21H2, dengan berbasis kode Cobalt yang sedang dalam tahap pengembangan saat ini.

Untuk beberapa alasan tertentu, Microsoft merasa tidak perlu menyampaikan informasi ini kepada para pengguna yang tergabung dalam program Windows Insider. Padahal, informasi semacam ini sangat diperlukan oleh para pengguna Windows Insider sehingga mereka mengetahui mengapa harus mengikuti program uji coba, dan tujuan dari uji coba tersebut. 

Pihak Microsoft menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan bahwa mereka ingin merilis pembaruan itu untuk mencoba agar bisa merilis keduanya dalam waktu cepat secara berdekatan. Di tahun depan, banyak yang berharap agar Microsoft bisa lebih terbuka kepada para pengguna di Windows Insider, tentang fitur baru yang akan hadir karena memang seperti itu sebenarnya tujuan mengikuti program uji coba tersebut.

Sementara itu, pembaruan Fe_Release tersebut membawa beberapa perbaikan untuk versi sebelumnya dan berikut ini daftarnya:

  • Investigasi terhadap laporan yang terjadi saat proses pembaruan yang berhenti untuk beberapa waktu ketika pengguna melakukan pembaruan.
  • Investigasi terhadap masalah pada Live Preview yang tidak muncul untuk situs yang disematkan, sehingga pengguna mendapatkan tampilan berwarna abu-abu.
  • Investigasi pada proses pengaktifan penyematan situs di taskbar. Microsoft menyarankan pengguna untuk membatalkan penyematan terlebih dahulu dan melakukan penyematan ulang.
  • Investigasi untuk melakukan perbaikan pada pengguna yang mendapatkan pesan error 0x80070426 saat login menggunakan akun Microsoft di sejumlah aplikasi. Solusi sementara adalah dengan melakukan restart perangkat.
  • Investigasi untuk memberikan perbaikan di mana drive tidak muncul pada halaman Manage Disks and Volumes di Settings. Solusi sementara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Disk Management Tool versi lama.
Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend