Pembaruan Windows 10 Taskbar

Pembaruan Windows 10 Berikutnya Akan Ubah Pengaturan Taskbar

NESABAMEDIA.COMPada pembaruan yang akan datang, halaman Settings di Windows 10 akan mendapatkan perubahan tambahan, seperti tool manajemen penyimpanan yang baru bernama “Modern Disk Manager” dan juga rekomendasi pembersihan file. Sepertinya Microsoft juga berencana untuk memindahkan sejumlah opsi di menu Taskbar ke halaman tersendiri di Settings Windows 10.

Windows 10 selama ini menawarkan segala cara yang memudahkan para pengguna untuk melakukan kustomisasi Taskbar sesuai selera pengguna. Namun masalahnya adalah, beberapa opsi penting itu hanya bisa diakses melalui menu konteks. 

Sebagai informasi, menu konteks adalah menu pilihan yang muncul ketika pengguna melakukan klik kanan pada mouse di sejumlah halaman. Menu konteks akan muncul berbeda, tergantung pada halaman yang sedang terbuka, seperti saat di halaman desktop yang berbeda dengan halaman lainnya.

Pada pembaruan pratinjau terbaru, Microsoft tengah menguji coba sebuah penandaan eksperimental yang akan membawa opsi pada menu konteks ke halaman Settings. Ini berarti akan menjadikan pengaturan kustomisasi semakin masuk akal, karena banyak opsi di Taskbar yang sudah tersedia di halaman Settings Windows 10.

Ke depannya, Microsoft bisa saja mendorong pengguna untuk menggunakan halaman Settings yang lebih modern jika ingin melakukan kustomisasi pada Taskbar. Tidak seperti Control Panel yang lama, pilihan yang ada di Settings bisa dengan mudah dicari dari Start Menu.

Meski demikian, pengalaman penggunaan halaman Settings yang baru ini akan memunculkan masalah ketika Windows 10 yang digunakan belum diaktifkan. Hal ini dikarenakan Microsoft memblokir akses ke pengaturan personalisasi (termasuk pengaturan Taskbar) tanpa adanya lisensi yang valid.

Tampilan Pengaturan Taskbar Windows 10

Tampilan Pengaturan Taskbar Windows 10

Opsi seperti Task View, tombol pencarian dan lain sebagainya, akan dipindah ke halaman utama aplikasi Setting, dan pengguna tidak akan bisa mengakses halaman pengaturan Taskbar di perangkat yang belum aktif lisensi Windows 10-nya

Perlu dicatat juga bahwa Microsoft masih dalam proses eksperimen akan ide ini, dan bisa saja rencananya akan berubah tanpa pemberitahuan lebih lanjut sebelum benar-benar memasuki tahap final. 

Namun jika perubahan ini telah disetujui, Microsoft akan menghadirkannya bersamaan dengan pembaruan utama Windows 10, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2021 mendatang.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend