Image 8

Microsoft Blokir Semua Akses Yang Bisa Munculkan Halaman Control Panel

NESABAMEDIA.COMHalaman Control Panel yang ada di sistem operasi Windows, selama ini telah menjadi fitur paling ikonik dan melegenda dalam sejarah sistem operasi buatan Microsoft itu. Namun sejak dirilisnya Windows 10,  Control Panel perlahan mulai dimatikan oleh Microsoft dan menggantinya dengan halaman yang lebih modern dan ramah, yakni Settings. 

Ya, perlahan namun pasti Control Panel mulai dihilangkan seiring dengan dirilisnya pembaruan-pembaruan terbaru dari Windows 10. Meski tidak langsung dimatikan, namun umur dari fitur tersebut sepertinya hanya tinggal menghitung hari. Sebab, semakin ke sini Microsoft tak hanya menghilangkan fitur itu dari perangkat pengguna, namun juga terus membatasi akses yang mungkin bisa ditembus oleh pengguna.

Pada awal tahun ini, referensi yang menyebut “Hide_System_Control_Panel” terlihat dalam preview builds dan kemudian Microsoft secara resmi mengkonfirmasi bahwa pembaruan Windows 10 Oktober 2020 akan menghapus fitur Control Panel dari halaman pengaturan (Settings).

Kemudian pada pembaruan Windows 10 Oktober 2020 atau versi terbarunya, pengguna kini tidak bisa mengakses halaman pengaturan untuk membuka Control Panel. Hal ini dikarenakan Microsoft telah menerapkan tanda khusus di Windows 10 yang mengalihkan pengguna yang mengakses Sistem di Control Panel, ke tampilan About yang ada di Settings. 

Akan tetapi karena alasan tertentu, saat itu Microsoft rupanya masih mengizinkan pengguna untuk melakukan ‘bypass’ pengalihan untuk bisa mengakses Control Panel kembali. 

Baru pada preview builds terbaru yang baru saja dirilis, Microsoft benar-benar menghapus semua shortcut dan segala kemungkinan yang bisa digunakan pengguna untuk kembali mengakses Control Panel. Dengan kata lain, pengguna tidak akan bisa lagi melakukan klik kanan pada File Explorer dan kemudian memilih Properties untuk membuka halaman Control Panel seperti sebelumnya. 

Bahkan, Microsoft telah memblokir identitas berbasis CLSID dan aplikasi pihak ketiga, yang sebelumnya memungkinkan hal tersebut. Termasuk Open Shell dan Classic Shell, tak lagi bisa membuka applet sistem yang tersembunyi di Control Panel. 

Kini apapun yang dilakukan pengguna untuk bisa mengakses Control Panel, mereka akan diarahkan ke tampilan About yang ada di Settings. 

Dalam preview builds tersebut, Microsoft juga diketahui memberikan tanda khusus yang akan mengalihkan halaman Programs and Features yang ada di Control Panel ke halaman Apps and Features di Settings.

Adapun alasan banyak pengguna lebih memilih menggunakan Control Panel adalah karena tampilan antarmuka pada Settings dirasa masih belum sempurna. Seperti tampilan daftar aplikasi yang tidak muat dalam satu layar, serta opsi melakukan filter pada item yang tidak tersedia. Sayangnya, hingga saat ini keluhan pengguna itu masih belum mendapat jawaban dari Microsoft untuk kemudian melakukan perubahan.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend