Google Meet Fitur Mengganti Background

Pengguna Google Meet Kini Bisa Mengganti Background Untuk Video Call

NESABAMEDIA.COMSalah satu hal yang bisa bikin stres saat menggunakan video konferensi adalah ketika menyalakan kamera dan melihat background berupa tembok atau kondisi ruangan yang tidak menarik, masuk ke dalam frame. Sehingga mengubah tampilan background adalah jalan keluar satu-satunya. Masalah background ini rupanya dipahami dengan baik oleh Google Meet, dan pihaknya pun merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengganti background dengan mudah. 

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengganti background frame kamera mereka dengan gambar sesuai pilihan, bahkan gambar hasil jepretan mereka sendiri. 

Sebelumnya fitur mengubah background sudah ada di Google Meet, namun dikhususkan hanya untuk penggunaan edukasi. Kini Google merilis fitur tersebut untuk seluruh pengguna, termasuk juga pengguna personal maupun profesional. 

Pengguna bisa memilih jenis background yang telah mereka pilih seperti background ruangan kantor, lanskap pemandangan, gambar abstrak dan yang lainnya. Pengguna juga bisa mengunggah gambar mereka sendiri ke Google Meet untuk dijadikan background. 

Diharapkan kedepannya, kita bisa melihat artis terkenal, brand dan pengguna lainnya untuk menggunakan background mereka sendiri yang khas dengan ciri mereka. Seperti yang dilakukan oleh Zoom yang mempromosikan fitur mengganti background saat awal pandemi lalu. 

Background virtual menjadi salah satu yang ditawarkan oleh Google agar pengguna bisa mengurangi gangguan audio dan visual yang disebabkan oleh background yang tidak mendukung. Sebelumnya, yang ditawarkan Google Meet hanya sebatas mengaburkan background serta memfilter suara yang mengganggu saja.

Fitur mengganti background ini baru saja diluncurkan beberapa hari yang lalu. Kemungkinan distribusinya tidak dilakukan serentak, sehingga mungkin pengguna tidak akan mendapatkan peningkatan fitur ini secara langsung. 

Pengguna bisa mengetahui kapan fitur ini telah ada di perangkat mereka adalah ketika muncul menu untuk mengatur perubahan background di aplikasi Google Meet. Kemudian yang harus dilakukan pengguna hanya tinggal melakukan tap di bagian background, dan selanjutnya akan muncul sebuah kotak dialog untuk memilih gambar yang diinginkan sebagai background. 

Fitur ini bisa diakses saat sebelum ataupun ketika sedang melakukan panggilan video, dan pengguna tidak membutuhkan adanya add on tambahan. Hingga berita ini dibuat, fitur mengganti background ini hanya tersedia untuk Google Meet versi browser Chrome di Mac dan Windows. Sementara untuk perangkat Android dan iOS statusnya masih Coming Soon.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend