• Our Partners:

Pengertian Google Meet Beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Google Meet Beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Sejak pandemi COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, para pekerja dipaksa untuk tetap bekerja dari rumah dan tetap mengadakan rapat atau meeting secara online. Hal seperti ini menjadikan banyak aplikasi online video conference atau meeting online seperti Google Meet menjadi pilihan orang – orang agar tetap terhubung dengan pekerjaannya.

Dengan begitu, tentunya penggunaan internet akan melonjak naik dikarenakan setiap orang pasti melakukan pekerjaannya secara online sehingga kelancaran konferensi online bisa saja terganggu. Maka dari itu, aplikasi video conference online lah yang banyak digunakan orang agar komunikasi lancar dan tidak terputus – putus.

Pengertian Google Meet

apa itu google meet? pengertian google meet adalah

Pengertian Google meet merupakan sebuah aplikasi video conference atau bisa juga disebut sebagai meeting online. Google Meet merupakan salah satu produk buatan Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi Google Meet merupakan salah satu dari dua aplikasi dengan versi terbaru yang mana versi sebelumnya adalah Google Chat dan Google Hangouts. Pada bulan Oktober tahun 2019 lalu, pihak Google sudah memberhentikan versi klasik dari Google Hangouts.

Pada bulan Februari tahun 2017 lalu, Google Meet dirilis hanya untuk pengguna iOS yang dilakukan secara diam – diam. Namun, pada bulan berikutnya pihak Google secara resmi meluncurkan aplikasi Google Meet. Layanan komunikasi yang digunakan sebagai aplikasi konferensi video dapat ditonton sampai 3o peserta. Google Meet diklaim menjadi versi yang lebih kuat dibandingkan dengan Google Hangout versi pendahulunya, karena Google Meet dapat diakses pada aplikasi Android dan iOS, serta dapat diakses menggunakan aplikasi web.

Aplikasi yang merupakan bagian dari Hangouts ini dibuat secara khusus untuk sebuah lembaga, organisasi, maupun perusahaan. Umumnya Google Meet digunakan bagi kelompok atau orang yang sedang berkecimpung di dunia bisnis. Namun, bagi Anda yang tidak berkecimpung di dunia bisnis tetap bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan video.

Penggunaan Google Meet terbilang sangat mudah untuk digunakan melalui media apapun. Anda dapat menggunakannya menggunakan PC atau dekstop yang sudah tersedia di perusahaan masing – masing, atau Anda juga bisa menggunakannya melalui perangkat seluler Anda. Sehingga penggunaan Google Meet juga terbilang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Google Meet juga tersedia gratis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Sebelumnya suda ada banyak lembaga atau perusahaan yang menggunakan aplikasi Google Hangouts untuk membantu dan memudahkan pekerjaannya. Tapi, sampai saat ini kita bisa mendapatkan tidak sedikit perusahaan atau lembaga yang mengalami kemajuan dan perkembangan  sehingga mereka membutuhkan aplikasi yang lebih canggih lagi dari yang sebelumnya.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak perusahaan atau lembaga yang memilih untuk berpaling menggunakan aplikasi Google Meet untuk lebih memperlancar pekerjaannya. Aplikasi Google Meet adalah alternatif dan solusi untuk Anda yang mempunyai perusahaan dan mengalami kemajuan.

Manfaat Google Meet

manfaat google meet

Manfaat utama yang dimiliki Google Meet tentunya untuk mebantu dan memudahkan orang khususnya bagi para pekerja yang berkecimpung di dunia bisnis untuk mengadakan rapat atau pertemuan jarak jauh secara online. Selain itu, manfaat Google Meet bisa dilihat dari banyaknya fitur yang diberikan. Berikut ini beberapa fitur Google Meet yang bermanfaat bagi Anda:

  1. Memiliki kemampuan untuk melakukan pertemuan atau rapat online dengan menggunakan nomor dial-in.
  2. Terintegrasi dengan Google Calendar sehingga dapat melakukan panggilan rapat dalam sekali klik saja.
  3. Teks tertutup yang dihasilkan oleh adanya AI.
  4. Dapat berbagi layar untuk menampilkan dokumen, presentasi, atau spreadsheet.
  5. Panggilan antar semua pengguna sudah terenkripsi.
  6. Jika menggunakan paket G Suite Enterprise, maka kata sandi pengguna akan terlindungi dengan aman.

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

kelebihan dan kekurangan google meet

Penggunaan aplikasi Google Meet saat ini tampaknya semakin luas. Seiring dengan perkembangan zaman, aplikasi Google Meet memberikan fitur – fitur pada layanan aplikasi yang semakin memadai dan lebih memahami apa yang dibutuhkan masyarakat.

Selain mempunyai banyak manfaat, aplikasi Google Meet juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari aplikasinya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Google Meet.

Kelebihan Google Meet

Penciptaan serta pembaruan aplikasi Google Meet yang jauh lebih menarik serta memberikann fitur- fitur terbaiknya dibandingkan dari versi pendahulunya yaitu Google Hangouts klasik, inilah kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Google Meet :

1. User Interface yang menarik

Aplikasi Google Meet memiliki tampilan antarmuka atau interface yang unik, menarik, serta fungsional. Aplikasi ini juga mempunyai ukurang yang ringan, sehingga penggunaannya menjadi lebih cepat, serta pengelolaan aplikasinya efisien.

Aplikasi Google Meet juga sangat mudah digunakan atau disebut juga user friendly sehingga bagi Anda yang merupakan seorang pemula atau baru menggunakan aplikasi Google Meet tidak akan kesulitan.

2. Memberikan kemudahan bagi para pekerja

Aplikasi Google meet yang merupakan aplikasi video conference dapat sangat membantu masyarakat khususnya bagi para pekerja atau karyawan. Terlebih lagi jika Anda yang sedang menggeluti dunia bisnis atau usaha, tentunya aplikasi ini bisa mempermudah dan memperlancar pekerjaan Anda.

3. Dapat mengundang peserta rapat yang cukup banyak

Aplikasi Google Meet lebih canggih dibandingkan aplikasi yang sejenisnya seperti Zoom. Dengan menggunakan fitur gratisnya, aplikasi Google Meet mampu mengundang peserta rapat sebanyak 30 orang.

4. Terintegrasi dengan Google Calendar

Sesuai dengan namanya yaitu Google Meet yang jelas – jelas merupakan produk Google, aplikasi ini juga terintegtasi dengan produk Google lainnya, yaitu Google Calendar. Sehingga penngguna dapat mengetahui agendanya secara cepat dan detail, serta pengguna dapat melakukan panggilan rapat hanya dengan satu kali klik saja.

5. Dapat diakses di semua platform

Aplikasi Google Meet dapat digunakan dan diakses dengan menggunakan platform apapun, baik itu menggunakan PC atau dekstop, ataupun perangkat seluler dengan sistem operasi Android atau iOS. Anda bisa mengakses aplikasi Google Meet dimana pun dan kapapun.

6. Terdapat fitur teks langsung

Saat melakukan percakapan online, aplikasi Google Meets dapat memunculkan teks percakapan di layar saat sedang melakukan komunikasi. Akan tetapi, bahasa yang didukung masih Bahasa Inggris, bahkan teks juga tidak akan muncul kecuali jika video call tersebut sudah bersifat rekaman.

Kekurangan Google Meet

Selain memiliki kelebihan, aplikasi juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki Google Meet:

1. Pilihan paket berbayar

Seperti yang sudah Anda ketahui, aplikasi Google Meet tersedia gratis tapi sayangnya fitur gratis yang dimiliknya hanya mampu melakukan panggilan video sebanyak 30 orang peserta. Jadi, jika Anda ingin melakukan video call dengan jumlah peserta lebih dari 30 orang, maka Anda harus membeli paketnya.

Paket yang ditawarkan mulai dari 6 dolar AS  (Rp 94,446) per bulan yang mana dapat mengundang sampai 100 orang untuk bergabung dalam rapat. Paket lainnya, Anda dapat membayar 12 dolar AS per bulan untuk mengundang sampai 150 orang. Dan paket paling mahal dihargai sebesar 25 dolar AS per bulan yang mana Anda dapat mengundang sampai 250 orang setiap pertemuan.

2. Tidak dapat mengubah layar background

Berbeda dengan aplikasi lainnya yang sejenis, aplikasi Google Meet belum bisa mengubah background dengan latar belakang virtual yang memungkinkan Anda untuk mengatur gambar atau video sesuai dengan keinginan Anda selama rapat berlangsung.

Bahkan aplikasi Google Meet belum memiliki fitur Touch Up My Appearance yaitu filter untuk mengaluskan kulit, sehingga akan membuat Anda terlihat lebih baik saat melakukan video call.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang pengertian Google Meet, beserta manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend