Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu / Docomo

3 Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu / Docomo Secara Akurat, Yuk Disimak!

Anda memiliki handphone Sony Xperia? Dan apakah Anda ingin mengecek keaslian dari handphone tersebut? Karena mengingat handphone Sony saat ini banyak beredar versi docomo, dan tahukah kamu apa yang dimaksud dengan handphone docomo? Docomo merupakan smartphone yang berasal dari Jepang dan sudah sesuai dengan standar yang ada disana.

Tetapi docomo bukanlah suatu merk handphone, tetapi docomo adalah sebuah nama dari operator seluler yang ada di Jepang. Docomo ibaratkan XL Axiata, Telkomsel, maupun Tri di Indonesia. Dan handphone docomo ini juga memiliki kekurangan, contohnya yaitu klaim garansi yang meragukan.  Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengecek handphone Sony asli atau palsu.

Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu

Sony merupakan sebuah produsen elektronik yang sangat populer, sehingga sering kali kita mendapati barang tiruan maupun palsu dari handphone tersebut.

Sebagai produsen elektronik ternama, Sony sering kali mendapati barang palsu dan tiruan. Kita harus jeli dan teliti agar barang yang kita beli memang benar-benar produk asli dari Sony. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips untuk melakukan cek HP Sony yang mudah dan benar.

1. Cek Melalui Service Test

Hal yang pertama yang dapat kita ketahui untuk membuktikan apakah handphone Sony kita asli atau palsu yaitu dengan mengecek kerusakan pada handphone tersebut. Untuk mengecek kerusakannya tersebut, Anda dapat melihat dengan mengakses kode service test.

Kode tersebut dapat mengecek seluruh perangkat lunak dan perangkat keras dari handphone Sony Anda dapat berfungsi secara normal atau tidak. Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan pengecekkannya.

1. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu klik menu Telepon atau Call di handpone Anda, lalu ketikkan kode *#*#7378423#*#* . Maka akan lngsung muncul beberapa menu service seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu

2. Apabila Anda klik menu Service Info, maka akan muncul beberapa informasi mengenai handphone Anda. Seperti model info, software info, SIM lock dan lain sebagainya.

service test

3. Pada menu Service Setting terdapat dua menu yaitu Airplane Mode dan Network Mode. Anda dapat melihat apakah mode pesawat di handphone Anda sedang aktif atau tidak dan Anda juga dapat melihat mode jaringan yang Anda gunakan saat ini.

Cara Cek HP Sony Asli atau Docomo

4. Selanjutnya yaitu Service tests, pada menu ini Anda dapat mengecek fungsi software maupun hardware Anda. Seperti pada gambar dibawah ini Anda dapat mengecek fungsi keyboard & switch, touch, display, LED, Speaker dan lain sebagainya.

service test

5. Masih pada menu service tests, Anda dapat mengecek fungsi pada secondary Microphone, vibrator, camera, bluetooth, WLAN, hingga NFC yang ada di handphone Anda.

service test

6. Anda juga bisa mengecek fungsi pada GPS, Compass, Gyroscope, hingga real time clock pada handphone Sony Anda.

Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu / Docomo

2. Cek Menggunakan Aplikasi

Apabila Anda salah satu orang yang tidak ingin ribet untuk mengecek handphone Sony Anda menggunakan kode yang sulit untuk dihafal, maka langkah yang dapat Anda ambil yaitu dapat mengeceknya menggunakan aplikasi.

Aplikasi untuk mengecek tersebut bernama Sensor Box for Android. Anda dapat mendownloadnya melalui Play Store terlebih dahulu.

1. Apabila Anda sudah mendownload aplikasi Sensor box for andorid tersebut, maka Anda dapat membuka aplikasi tersebut.

sensor box for android

2. Maka akan muncul beberapa sensor yang dapat Anda cek fungsinya, disini Anda harus klik Pressure Sensor. Dimana Pressure Sensor merupakan sensor tekanan yang dapat mengecek apakah handphone Anda tahan air atau tidak.

sensor box for android

3. Kemudian tekanlah pada bagian belakang handphone Sony Anda, dan jika indikator tersebut menunjukkan pergerakan naik maka handphone Anda termasuk aman karena masih tahan air. Dan tahan air merupakan salah satu dari keunggulan handphone Sony. Jika handphone Sony Anda tidak tahan air, maka Anda harus mencurigai handphone tersebut.

Cara Cek HP Sony Asli atau Palsu / Docomo Akurat

3. Cek Menggunakan IMEI

Jika Anda sudah melakukan kedua cara diatas dan semuanya sudah berfungsi normal, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu mengecek IMEI handphone Sony Anda. Berikut cara-caranya.

1. Untuk mengecek IMEI Sony, pada langkah ini akan menggunakan kode yang diakses melalui Telepon. Ketikkan kode *#06# di menu Telepon Anda. Maka akan langsung muncul nomor IMEI dari handphone Anda tersebut.

imei

2. Kemudian bukalah browser internet Anda dan masuk ke situs imei.info . Setelah itu ketikkan IMEI handphone Anda dan klik Check untuk mengecek apakah IMEI Anda terdaftar atau tidak.

imei

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengecek handphone Sony asli atau palsu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend