Bagaimana Cara Membuka Pola HP Yang Lupa? Mudah Kok, Ini Tipsnya!

Sejak zaman Android terkenal, smartphone telah menggunakan password, PIN, maupun (pola) untuk mengunci smartphone ketika sedang digunakan.

Menjaga keamanan smarthphone tentunya menjadi keharusan agar tidak ada yang bisa membuka-buka ataupun membobol isi smartphone kamu yang bersifat rahasia. Sebagai sebuah perangkat ponsel pintar, tentu saja smartphone sudah memiliki sistem keamanan tersendiri.

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data, apabila ponsel android kamu hilang dicuri atau ditemukan orang lain.

Untuk itulah diberikan fitur kunci layar menggunakan pola, password dan PIN, agar penyalahgunaan data tidak mudah terjadi. Tapi,apa yang terjadi jika sewaktu-waktu kamu lupa password smartphone kamu sendiri?

Cara Membuka Pola HP Yang Lupa

Berbagai merk atau jenis smartphone pastinya memiliki fitur keamanan untuk melindungi privasi si pengguna, seperti misalnya Samsung, Nokia, Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi dan beberapa merk lainnya. Agar dapat mengatasi masalah lupa password pada smartphone atau tablet android yang terkunci kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.

1. Menggunakan Fitur Forgot Password

Kamu bisa menggunakan fitur Forgot Password setelah melakukan beberapa kali kesalahan saat membuka kunci HP.

1. Pastikan kamu sudah Login akun Google atau Gmail di smartphone kamu.

2. Kemudian tab pada Forgot Password

3. Kemudian masukkan username dan password akun Google kamu, kemudian klik Sign In.

2. Menggunakan Android Device Manager (ADM)

1. Buka websie Android Device Manager, kamu bisa klik disini

cara membuka pola HP yang lupa menggunakan adm

2. Pastikan kamu login menggunakan akun Google yang sama pada smartphone kamu.

3. Kemudian akan terdapat 3 pilihan, yaitu Putar Suara, Amankan Perangkat, dan Hapus.

4. Kemudian pilih Amankan Perangkat, kamu bisa mengubah password pada smartphone kamu. pilih menu amankan perangkat untuk mengubah password

5. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru, kemudian masukkan konfirmasi kata sandi, setelah itu klik Kunci.

6. Kemudian masukkan kata sandi baru di smartphone kamu.

3. Membuat Lockscreen Crash

1. Jika password smartphone kamu tidak bisa diakses, kamu bisa menggunakan Emergency Call atau Panggilan Darurat. Lihat contoh pada gambar. cara membuka pola HP yang lupa dengan emergency call

2. Kemudian ketikkan tanda * pada dialer hingga karakter penuh dan tidak bisa ditambahkan lagi, lalu copy tanda * tadi Lihat contoh pada gambar. masukkan tand * sampai penuh

3. Kemudian buka akses Kamera pada lockscreen. Lihat contoh pada gambar. buka kamera pada lockscreen

4. Dan tarik notification bar untuk membuka Pengaturan. Lihat contoh pada gambar. cara membuka pola HP yang lupa pada notification bar

5. Kemudian paste tanda * yang kamu copy tadi. paste tanda *

4. Menggunakan ADB

1. Pertama, hubungkan HP dengan komputer, kemudian masukkan perintah adb devices.

2. Kemudian kamu bisa memasukkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key . Lalu tekan Enter.

3. Maka reboot smartphone android dan lockscreen kamu akan hilang. Lakukan segera penggantian password, karena proses ini hanya berlaku sementara saja.

5. Menggunakan Safe Mode Android

Untuk cara ini, biasanya kesalahan terdapat pada pola sandi yang dikarenakan aplikasi pihak ketiga, untuk masuk ke dalam safe mode, tergantung tipe smartphone yang anda gunakan.

Caranya tergolong mudah, setelah masuk ke dalam safe mode anda tinggal menonaktifkan pola sandi yang berasal dari pihak ketiga.

1. Pertama, lakukan cara untuk mematikan smartphone kamu, sehingga muncul pilihan Power off. Lihat contoh pada gambar. matikan hp higga pilihan power off muncul

2. Kemudian tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses.

3. Smartphone akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode. Di sini kamu bisa men-uninstall aplikasi lockscreen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

Perlu diingat jika cara ini hanya bisa digunakan jika kamu menggunakan sebuah aplikasi pengunci smartphone sebelumnya.

6. Factory Reset

Jika semua cara tersebut tidak ampuh, maka salah satu pilihan mu hanya melakukan Factory Reset.

1. Pertama matikan HP Android kamu terlebih dahulu.

2. Kemudian kamu wajib masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan. Cara ini bisa berbeda tergantung merk HP.

3. Setelah itu kamu bakal masuk ke Recovery Mode. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan pilihan. Kemudian pilih Wipe Data/Factory Reset lalu tekan tombol power. Ketika proses selesai, silahkan pilih Reboot system now.

Penutup

Nah, Itulah  beberapa cara membuka pola HP, PIN atau Kata Sandi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Dari beberapa cara diatas, pada dasarnya kata sandi atau password pada sistem apapun ada cara untuk memulihkannya.

Jika cara-cara diatas tidak berhasil, sebelum memutuskan me reset kembali smartphone kamu, tentunya lebih baik jika kamu membawanya terlebih dulu ke Service Center smartphonemu untuk penanganan lebih aman. Selamat mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend