Cara Melihat Versi Android dengan Sangat Mudah, Sudah Tahu?

Pada era digital seperti sekarang ini, HP atau tablet sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang di dunia ini. HP atau tablet bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh saja, banyak sekali kegunaan dan manfaat yang dapat digunakan dari HP atau tablet.

Banyak sekali jenis atau versi dari perangkat HP atau tablet yang beredar saat. Namun, yang paling populer adalah penggunaan sistem operasi Android pada HP. Rata – rata orang Indonesia lebih suka menggunakan HP jenis Android daripada IOS karena harganya yang relatif murah dan masih dapat dijangkau dengan mudah.

Perangkat HP Android sama seperti perangkat elektronik lainnya seperti komputer yang mana pasti memiliki spesifikasi atau komponen – komponen yang ada didalam perangkat HP tersebut, seperti RAM, processor, versi Android, dan lain sebagainya.

Cara Melihat Versi Android

Anda harus mengetahui spesifikasi atau komponen yang ada didalam HP Anda. Tapi, selain itu Anda juga harus mengetahui versi sistem operasi Android yang Anda miliki. Untuk apa? Agar Anda bisa melihat apakah versi Android yang Anda gunakan masih layak atau tidak.

Sebenarnya cara untuk mengetahui spesifikasi atau versi dari sebuah perangkat HP Android tidak begitu sulit. Anda bisa mengetahuinya dengan cara search di Google. Tapi, mungkin saat Anda ingin mengeceknya kuota yang Anda miliki habis sehingga tidak bisa mengeceknya.

Ada cara lain yang sebenarnya yang jauh lebih mudah daripada harus membuka Google. Anda dapat lebih gampang mengecek versi Andorid yang Anda miliki tanpa menggunakan kuota. Bagaimana caranya?

Sebelum Anda mengetahui langkah – langkahnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih versi – versi Android yang ada. Berikut ini versi Android yang ada hingga kini :

  • Android 7.0 Nougat
  • Android 6.0 Marshmallow
  • Android 5.0 – 5.1.1 Lollipop
  • Android 4.4 – 4.4..4 Kit Kat
  • Android 4.1 – 4.3.1 Jelly Bean
  • Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich
  • Android 3.0 – 3.2.6 Honeycomb
  • Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread
  • Android 2.2 – 2.2.3 Froyo
  • Android 2.0 – 2.1 Eclair
  • Android 1.6 Donut
  • Android 1.5 Cupcake

Nah, jika sudah tahu beberapa versi Android. Langsung saja ikuti langkah – langkah cara melihat versi Android dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda buka pengaturan pada Android Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara melihat versi android lewat Pengaturan

2. Kemudian, silahkan Anda scroll kebawah sampai Anda menemukan tentang perangkat. Silahkan Anda klik tentang perangkat tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini.

tentang perangkat

3. Nah, maka Anda dapat melihat beberapa informasi mengenai perangkat HP Anda. Mulai dari nama perangkat, nomor model, versi Android, versi kernel, dan lain sebagainya. Untuk melihat versi Android pada perangkat HP Anda, Anda bisa melihatnya pada kolom versi Android. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini. Versi Android pada perangkat tersebut adalah 5.1.1

tutorial cara melihat versi android

4. Mungkin Anda bingung atau tidak mengerti dengan versi Android yang menggunakan angka. Anda bisa melihat dengan jelas versi Android perangkat Anda dengan cara mengklik kolom versi Android secepat dan sebanyak mungkin. Jika berhasil akan muncul logo dari versi Android pada perangkat yang Anda miliki. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini. Logo yang muncul bertuliskan Lollipop, berarti versi Android 5.1.1 adalah versi Lollipop.

cara melihat versi android - versi lollipop

Jika logo versi Android Anda tidak muncul, berarti Anda masih kurang cepat saat mengkliknya. Kecepatan ketukan kalau bisa seperti orang mengetuk pintu yang sedang terburu – buru atau urgent atau marah minta segera dibukakan pintu, seperti orang kebelet.

Jika masih juga belum muncul, coba lebih cepat lagi jangan kasih kendor hehehhe. Sampai muncul animasi atau logo memenuhi layar yang menampilkan nama dari versi Android yang Anda gunakan pada perangkat HP Anda.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara melihat versi Android dengan sangat mudah. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend