4 Cara Cek Kuota Telkomsel / simPATi Mulai dari Cara yang Paling Mudah (Terbaru)

Kini, hampir semua orang mungkin telah kecanduan dengan yang namanya internet. Beberapa juga rela menghabiskan waktu hanya untuk sekadar berselancar di website tertentu, stalking sosial media atau sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan akses internet. Tidak heran jika kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok atau primer bagi sebagian orang. Hal ini juga tidak bisa terhindar dari dampak internet baik positif maupun negatif.

Pada abad 21 ini, setiap orang menginginkan semua dengan instan dan cepat. Koneksi internet yang lambat akan membuat naik darah bagi sebagian kalangan yang menjadikan internet sebagai kebutuhan utamanya. Walaupun koneksi internet di Indonesia masih jauh dengan negara-negara lain seperti Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, dan lain sebagainya, perusahaan telekomunikasi di Indonesia masih terus berupaya meningkatkan kualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Telkomsel merupakan anak perusahaan dari BUMN Telkom yang telah menyediakan jaringan internet terluas di Indonesia. Walaupun kecepatan koneksi internet Telkomsel masih kalah dengan kecepatan perusahaan telekomunikasi lainnya, Telkomsel masih menjadi pilihan primadona bagi beberapa kalangan. Hal ini dikarenakan jaringan internet Telkomsel dapat dikatakan terluas di Indonesia.

Cara Cek Kuota Telkomsel / simPATi

Penggunaan internet yang tidak bisa dikontrol dengan baik terkadang membuat sebagian orang tidak menyadari bahwa kuota internet yang dimiliki sudah habis. Mau tidak mau, Anda harus sering-sering rajin untuk mengontrol pemakaian internet dengan mengecek kuota internet Anda. Artikel ini akan membahas tentang 4 cara cek kuota Telkomsel / simPATi mulai dari yang paling mudah hingga yang membutuhkan akses internet. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara #1 Melalui SMS

1. Buka aplikasi SMS/MESSAGES/PESAN

2. Ketik: UL(spasi)INFO kemudian kirim ke 3636

Cara Cek Kuota Telkomsel / simPATi dengan mudah
3. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan SMS masuk dari 3636 tentang kuota yang Anda miliki.

Langkah sms dan ussd - berhasil

Atau dengan cara lain yaitu

1. ketik Flash(spasi)infov2 kemudian kirim ke 3636

Langkah 2 lewat sms - ketik flash infov2
2. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan SMS masuk dari 3636 tentang kuota yang Anda miliki.

Langkah sms dan ussd - berhasil

Cara #2 Melalui USSD

1. Buka menu PANGGILAN/CALL/DIAL

2. Ketik *363# kemudian Panggil/Dial/Call

Cara Cek Kuota Telkomsel

3. Ketik 4 untuk cek status kemudian pilih Send/Kirim/Dial

Langkah 3 lewat ussd - ketik 4

4. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan SMS masuk tentang kuota yang Anda miliki

Langkah sms dan ussd - berhasil

Atau bisa juga dengan cara:

1. Buka menu PANGGILAN/CALL/DIAL

2. Ketik: *888# kemudian Panggil/Dial/Call

Langkah 2 lewat ussd - ketik 888

3. Ketik 4 untuk cek kuota internet kemudian pilih Send/Kirim/Dial

Cara Cek Kuota simPATi

4. Ketik 3 untuk cek kuota kemudian pilih Send/Kirim/Dial

Langkah 4 lewat ussd - ketik 3

5. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan SMS masuk tentang kuota yang Anda miliki.

Cara Cek Kuota simPATi

Cara #3 Melalui Website

1. Buka browser Anda, bisa Google Chrome atau Mozilla Firefox.

2. Lalu ketikkan pada kolom url: my.telkomsel.com

3. Kemudian masukkan nomor ponsel Anda pada kotak yang telah diberi angka 1 kemudian klik tombol Kirim Kode seperti gambar yang telah dikotaki merah dengan angka 2. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan kode dari SMS yang dikirim ke nomor yang Anda masukkan sebelumnya. Lalu masukkan kode pada kotak yang telah diberi tanda angka 3 kemudian pilih Masuk/Login.

Langkah 2 lewat web - masukkan nomor

4. Tunggu beberapa saat hingga proses masuk/login berhasil. Maka kuota internet Anda akan terlihat di sudut kiri bawah pada website ini. Klik yang dilingkari merah untuk melihat jumlah detail kuota internet Anda.

Cara Cek Kuota Telkomsel / simPATi mulai dari cara yang paling mudah

Cara #4 Melalui Aplikasi My Telkomsel

1. Download aplikasi My Telkomsel di Playstore maupun Appstore kemudian pilih Install

2. Jika sudah selesai terinstall, buka aplikasi My Telkomsel kemudian Daftarkan nomor Anda jika belum pernah masuk atau pilih Masuk jika nomor Anda sudah terdaftar.

3. Setelah proses masuk/login Anda berhasil, maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Anda akan melihat sisa kuota Anda di sudut kiri bawah pada aplikasi. Untuk lebih detail silahkan klik atau swipe up/geser ke atas.

Langkah 3 lewat app - klik sisa kuota

Sekian 4 cara cek kuota Telkomsel / simPATi mulai dari cara yang paling mudah. Kalau Anda tanya saya cara mana yang paling mudah dan direkomendasikan, tentu saja saya akan jawab cara yang paling mudah adalah cara pertama dan kedua. Namun jika Anda ingin fitur tambahan seperti bisa transfer pulsa, beli pulsa dan lain sebagainya langsung dari ponsel anda, mungkin cara keempat bisa menjadi pilihan Anda.

Baca Juga: 4 Cara Cek Nomor Telkomsel dan simPATI 

Baiklah semoga artikel mengenai cara cek kuota simPATi / Telkomsel diatas bermanfaat dan yuk pergunakan kuota internet Anda dengan sebaik-baiknya, jangan sampai menghabiskan kuota Anda untuk hal-hal yang negatif!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend