4 Cara Cek Nomor Telkomsel dan simPATI yang Wajib Anda Ketahui, Ternyata Mudah!

Artikel ini akan membahas mengenai 4 cara cek nomor Telkomsel / simPATi dengan mudah. Dalam hal layanan, Telkomsel tidak bisa diragukan lagi untuk mendobrak inovasi-inovasi baru dengan bermacam-macam produk yang diberikan. Sehingga Telkomsel mampu menguasai pasar telekomunikasi Indonesia.

Telkomsel yang pernah menjadi pencetus sim card pertama di Indonesia ini tetap memprioritaskan kepuasaan pelanggan dengan memberikan layanan terbaik. Kepemilikan sim card atau kartu sim pada setiap orang tidak dibatasi jumlahnya hingga peraturan dari KEMKOMINFO mengenai adanya batasan jumlah yaitu maksimal 3 untuk satu nomor KTP.

Bagaimana Cara Cek Nomor Telkomsel dan simPATI?

Sebelum handphone atau smartphone memiliki slot sim card atau kartu sim yang lebih dari satu, mungkin untuk mengingat nomor sendiri masih mudah. Akan tetapi, semakin tahun sebagian orang entah sudah berapa banyak berganti-ganti nomor yang menyebabkan lupa terhadap nomor sendiri.

Tidak jarang juga sebagian orang pada saat ingin mengisi pulsa atau bahkan saat diminta oleh teman, kerabat, atau sahabat, mungkin lupa berapa nomor Anda sendiri. Lalu bagaimana cara cek nomor Telkomsel / simPATi?

Cara #1 Misscall/Telpon atau SMS ke Nomor Lain

Cara ini mengharuskan Anda memiliki pulsa untuk menelepon ataupun melakukan SMS. Namun, jangan khawatir, Telkomsel juga memberikan layanan Collect SMS dan Collect Call jika Anda sedang kehabisan pulsa. Jadi, sekarang Anda tetap bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan dengan biaya SMS atau panggilan yang ditanggung oleh nomor tujuan begitu pula sebaliknya.

Caranya cukup dengan melakukan panggilan atau SMS ke nomor lain atau nomor teman Anda. Lalu lihat nomor Anda di handphone teman Anda tersebut.

Cara #2 Lewat USSD

Untuk cara cek nomor Telkomsel / simPATI dengan cara ini, terlebih dahulu Anda harus bersedia membayar biaya Rp 25. Lalu, jika tidak memiliki pulsa? Tenang, layanan ini juga bisa digunakan pada saat tidak memiliki pulsa sepeser pun atau dengan kata lain nol rupiah.

A. Untuk pengguna Loop, AS, simPATI

1. Buka menu Panggilan/Call/Dial

2. Ketik *808# kemudian tekan tombol Panggil/Call/Dial

cara cek nomor Telkomsel

3. Maka dilayar handphone Anda akan tampil informasi nomor Anda. Jika tidak muncul, tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan lewat SMS dari operator.

Langkah 3 ussd - hasil

Jika cara di atas error, Anda bisa juga menggunakan cara dibawah ini. Namun hanya untuk pengguna nomor simPATI saja.

B. Untuk Pengguna simPATI

1. Buka menu Panggilan/Call/Dial

2. Ketik *999# kemudian tekan tombol Panggil/Call/Dial

Langkah 2 ussd - 999

3. Kemudian ketik 6 kemudian pilih Send/Kirim/Oke/Yes

Langkah 3 ussd - pilih 6

4. Ketik 7 untuk memilih “Lainnya” kemudian Send/Kirim/Oke/Yes

cara cek nomor simPATi

5. Ketik 8 untuk memilih “Lainnya” > Send/Kirim/Oke/Yes

Langkah 5 ussd - pilih 8

6. Ketik 4 untuk memilih “Cek Nomor” > Send/Kirim/Oke/Yes

Langkah 5 ussd - pilih 4

7. Tunggu beberapa saat hingga ada pemberitahuan lewat SMS dari operator.

Langkah 6 ussd - berhasil

Cara #3 Melalui Website

Cara ini hanya untuk pengguna yang sudah pernah mendaftarkan akun sosial media Anda Facebook, Twitter, atau Email untuk terhubung dengan nomor Anda pada aplikasi My Telkomsel.

1. Buka browser Anda

2. Ketik pada kolom link: my.telkomsel.com

3. Pilih salah satu di antara Facebook, Twitter, atau Email (khusus untuk Email, saya mencoba layanan ini tapi tidak berfungsi).cara cek nomor Telkomsel

4. Kemudian login seperti biasa dengan masukkan username/nomor telepon/email dan password akun Anda > Klik Masuk/Login

Langkah 3 web - isi email dan password

5. Anda telah berhasil. Kini Anda sudah bisa mengetahui nomor Anda pada area yang telah diberi tanda panah dan dilingkari dengan warna merah.

Langkah 4 web - berhasil

Cara #4 Melalui Aplikasi

Cara ini sama dengan cara #3 lewat website. Namun, pada cara ini Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi My Telkomsel terlebih dahulu di perangkat smartphone Anda. Sekali lagi, cara ini hanya untuk pengguna yang sudah pernah mendaftarkan akun sosial media Anda Facebook, Twitter, atau Email untuk terhubung dengan nomor Anda pada aplikasi My Telkomsel.

1. Download aplikasi My Telkomsel melalui link ini kemudian pilih Install

2. Buka aplikasi My Telkomsel lalu klik tombol/button Masuk/Login

cara cek nomor Telkomsel / simPATi

3. Pilih salah satu di antara Facebook, Twitter, atau Email (khusus untuk Email, saya mencoba layanan ini tapi tidak berfungsi).

cara cek nomor Telkomsel / simPATi

4. Kemudian masukkan username/nomor telepon/email dan password akun Anda > Klik Masuk/Login

Langkah 4 app - isi email dan password

5. Anda telah berhasil. Kini Anda sudah bisa mengetahui nomor Anda pada area yang telah diberi tanda panah dan dilingkari dengan warna merah.

cara cek nomor Telkomsel / simPATi

Itulah tutorial cara cek nomor Telkomsel / simPATi dengan mudah. Menurut saya, cara #1 dan cara #2 adalah cara paling mudah. Namun jika Anda mengalami kesulitan atau error, Anda bisa mencoba cara lainnya seperti melalui USSD, melalui website atau bisa juga melalui aplikasi My Telkomsel yang bisa Anda download di Playstore (untuk pengguna Android) atau Apple App Store (untuk pengguna iOS). Semoga bermanfaat dan tetap kunjungi terus blog NesabaMedia untuk mendapatkan tutorial terbaru seputar komputer dan internet!

Leave a Reply

Send this to a friend