4 Cara Cek Nomor XL Sendiri dengan Sangat Mudah dan Cepat, Sudah Tahu Belum?

Hingga saat ini, handphone merupakan perangkat elektronik yang umumnya dimiliki oleh setiap orang dan selalu dibawa kemanapun orang tersebut pergi. Kebanyakan orang akan kesulitan bahkan merasa gelisah atau tidak nyaman jika tidak membawa handphone bersama mereka baik itu untuk keperluan komunikasi (sms, telpon, chat), informasi (browsing), transaksi, hiburan (game, video, gambar) ataupun yang lainnya.

Nah, setiap handphone pasti memiliki kartu seluler untuk keperluan komunikasi (sms dan telpon), internetan, dan yang lainnya.  Oleh karena itu, Anda tentu harus mengetahui dan update informasi mengenai kartu seluler Anda apakah itu nomor kartu, kuota internet, atau bonus SMS & nelpon. Anda tentu sudah pernah mendengar tentang kartu XL, bukan?

Atau Anda mungkin adalah pengguna dari kartu XL itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bersama, kartu perdana XL menyajikan beberapa paket nelpon dan  sms yang murah dan hemat seperti paket Xtra Bicara. Untuk mempermudah komunikasi, Anda tentu harus mengetahui nomor kartu XL Anda, bukan? Tidak semua orang hafal nomor kartu yang mereka gunakan. Oleh karena itulah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara cek nomor XL dengan mudah dan cepat.  Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Bagaimana Cara Cek Nomor XL Sendiri?

Cara mengecek nomor XL sendiri dapat dilakukan melalui Dial, aplikasi yang bisa anda download di playstore, bisa juga melalui website XL atau melalui operator. Keempat cara tersebut akan saya bahas secara lengkap, anda bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Cek Nomor Via Dial

Apa itu Dial? Dial artinya Anda menekan tombol di papan telepon atau menghubungi nomor tertentu dari telepon seluler secara langsung. Nah, untuk pengecekan nomor XL via Dial, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

A. Cara Pertama

1. Ketik *123# pada papan Dial up, kemudian tekan Call (tombol telepon).

cara cek nomor xl

2. Lalu pilih Nomor 7 yaitu “INFO Lain” > Nomor 1 “Info Kartu XL-ku” > Nomor 1 “Detail Nomor XL Anda” > Nomor 1 “Cek Profile” > Nomor 1 “Info Nomor” > Nomor kartu XL Anda akan ditampilkan seperti pada gambar dibawah ini.

cek nomor xl

 

B. Cara Kedua

1.  Ketik *123*7*1*1*1*1# pada papan dial up seperti gambar dibawah ini. Setelah itu tekan Call (tombol telepon).

cara mengecek nomor xl

2. Setelah itu, maka akan langsung ditampilkan nomor kartu XL Anda seperti gambar dibawah ini.

Nomor Kartu XL

2. Cek Nomor Via Aplikasi

XL juga menyediakan aplikasi yang menyajikan beragam informasi seputar kartu XL seperti info paket internet, nomor kartu atau bonus SMS & nelpon. Berikut langkah-langkah cara cek nomor XL melalui aplikasi.

1. Pertama, Anda harus menginstall aplikasi myXL melalui Play Store atau App Store.

cara cek nomor xl sendiri

2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan buat akun baru baik melalui nomor handphone atau facebook seperti pada gambar dibawah ini. Disini saya memilih Masuk dengan Nomor XL.

cara cek nomor xl

3. Setelah Anda berhasil masuk ke akun Anda, halaman utama aplikasi myXL akan langsung ditampilkan seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa melihat nomor kartu Anda dibawah tulisan “Welcome”. Bukan hanya itu saja, Anda bisa mengecek kuota internet, beli paket, bagi pulsa, ataupun isi pulsa melalui aplikasi ini.

nomer XL

 

3. Cek Nomor Via Web

Selain dengan aplikasi myXL, Anda juga bisa mengecek nomor via website resmi XL yaitu my.xl.co.id. Tampilan web XL juga sama dengan tampilan aplikasi myXL. Bagaimana cara melakukannya?

1. Pertama, ketik my.xl.co.id di browser Anda.

2. Kemudian Anda akan diarahkan langsung halaman utama web my.xl.co.id dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa melihat nomor kartu Anda dibawah tulisan “Welcome“.

cara cek nomor xl sendiri

4. Cek Nomor via Operator

Nah, cara terakhir yang akan saya bagikan yaitu via Operator yaitu dengan menghubungi pihak call costumer service XL atau mengirim email ke pihak operator XL. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan dibawah ini.

a. Call Center XL

Anda bisa menghubungi call center XL dengan nomor 818 dan 817. Jika Anda menghubungi nomor 818 maka Anda akan tersambung dengan IVR (Interactive Voice Response) atau mesin penjawab dan tidak dipungut biaya (gratis).

Sedangkan, jika Anda menghubungi nomor 817, Anda akan tersambung dengan customer service representative yang aktif selama 24 jam melayani semua pertanyaan serta keluhan mengenai XL. Layanan ini membebankan tarif Rp350 per panggilan.

b. Faximile dan Nomor PSTN

Bagaimana jika Anda tidak langsung memakai nomor XL untuK menghubungi operator? Nah, Anda dapat menggunakan nomor PSTN yaitu +62 21 579 59817 dengan tarif yang disesuaikan dengan tarif terbaru masing-masing operator. Jika Anda membutuhkan informasi berupa gambar atau laporan, Anda dapat hubungi +62 21 579 59808 via  memiliki mesin fax atau faximile.

c. E-mail

Selain cara diatas, Anda dapat mengirim pesan ke operator XL via E-mail melalui email ini [email protected] Atau Anda bisa menghubungi staf XL melalui email Corporate Communication ke [email protected]

Itulah beberapa cara cek nomor XL sendiri dengan mudah dan cepat. Untuk penggunaan pribadi, saya lebih memilih untuk menginstal aplikasi myXL atau membuka URL-nya di browser untuk mendapatkan informasi seputar kartu XL saya karena terkadang terdapat gangguan (operation time out) saat melakukan pengecekan via Dial. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend