2 Cara Registrasi Ulang Kartu XL Anda dengan Mudah dan Cepat, Anti Gagal!

Agar Anda dapat menggunakan kartu XL Anda baik untuk penggunaan telpon, SMS ataupun internet, Anda harus melakukan registrasi kartu XL Anda. Pengguna baru ataupun pengguna lama harus melakukan registrasi kartu XL. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 beserta perubahannya mengenai Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi guna mencegah/menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk tindak kriminalitas dan terorisme.

Kenapa registrasi kartu XL perlu dilakukan? Pertama, Anda akan terhindar dari penyalahgunaan data dan hal-hal lain yang merugikan. Kedua, memudahkan penyediaan layanan seperti untuk transaksi online dan yang lainnya.

Untuk melakukan registrasi kartu XL, Anda perlu mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada e-KTP atau KK, Nomor Kartu Keluarga (KK) dan nomor kartu prabayar XL. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara registrasi ulang kartu XL, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Registrasi Ulang Kartu XL

Terdapat dua cara registrasi ulang kartu XL yaitu untuk pelanggan baru dan pelanggan lama. Kedua cara tersebut dilakukan via SMS. Berikut dibawah ini penjelasan dari kedua cara tersebut.

A. Pelanggan Baru

Jika Anda merupakan pengguna baru kartu XL maka Anda harus melakukan registrasi kartu XL sesuai dengan langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi messaging (perpesanan) pada handphone Anda.

2. Ketik DAFTAR#NIK#nomor KK (sesuaikan NIK dan nomor KK Anda dengan KK dan KTP) lalu kirim ke 4444 seperti pada gambar dibawah ini. Contoh: DAFTAR#321234030419104#3212340304199123456 kirim ke 4444.

 cara registrasi ulang kartu XL

3. Nah, Anda sudah berhasil me-registrasi kartu XL Anda sebagai pelanggan baru.

B. Pelanggan Lama

Jika Anda merupakan pengguna lama kartu XL maka Anda harus melakukan registrasi ulang kartu XL sesuai dengan langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi messaging (perpesanan) pada handphone Anda.

2. Ketik ULANG#NIK#nomor KK (sesuaikan NIK dan nomor KK Anda dengan KK dan KTP) lalu kirim ke 4444 seperti pada gambar dibawah ini. Contoh: ULANG#321234030419104#3212340304199123456 kirim ke 4444.

 cara registrasi ulang kartu XL

3. Jika registrasi ulang Anda berhasil maka akan muncul pesan seperti pada gambar dibawah ini.

 cara registrasi ulang kartu XL

4. Nah, Anda sudah berhasil me-registrasi ulang kartu XL Anda.

C. Cek Status

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan bagaimana cara registrasi kartu XL bagi pengguna baru dan lama. Nah, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara mengecek status dari kartu XL Anda. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

1. Ketik *123*4444# via dial seperti pada gambar dibawah ini.

cara registrasi kartu xl

2. Kemudian, akan tampil pop-up seperti pada gambar dibawah ini. Anda dapat melihat nomor kartu XL Anda beserta statusnya yang sudah terdaftar dengan menggunakan NIK yang Anda masukkan saat registrasi. Jika Anda memasukkan opsi “1” maka Anda akan masuk menu Cek Nomor.

cara registrasi kartu xl

3. Pada menu Cek Nomor, Anda juga akan melihat nomor kartu XL Anda (tidak lengkap) beserta statusnya yang sudah terdaftar dengan menggunakan NIK yang Anda masukkan saat registrasi seperti pada gambar dibawah ini.

Info

Catatan: Saat ini, registrasi kartu XL via website sudah tidak berlaku lagi.

Sekian pembahasan tentang cara registrasi ulang kartu XL bagi pengguna baru dan lama dengan mudah dan cepat. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend