Download TreeSize 4.3.1

Download TreeSize Terbaru Developer: JAM Software
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 8MB


Pada saat isi harddisk mulai penuh, anda mungkin tertarik untuk mengetahui file-file apa saja yang menyita ruang media penyimpanan tersebut. Daripada menggunakan File Explorer untuk menjelajahi seluruh file, lebih baik anda menggunakan TreeSize. Software ini bisa dijalankan pada hampir semua versi Windows, tapi bagi anda yang masih setia dengan Windows XP, anda harus menggunakan TreeSize versi 3.4.5 atau versi sebelumnya.

TreeSize juga tersedia dalam bentuk portabel, tapi ada satu keuntungan yang bisa diperoleh jika anda memilih untuk menginstall TreeSize. Yaitu, TreeSize dapat diintegrasikan dengan menu konteks  Windows. Ini artinya anda dapat memindai folder dan drive melalui menu konteks yang ada di dalam File Explorer.

Fitur dan Keunggulan TreeSize

Download TreeSize Terbaru

Tampilan TreeSize Terbaru

Keunggulan utama TreeSize terletak pada kecepatannya dalam melakukan scanning. Ketika digunakan untuk memindai sebuah folder berukuran 50 GB pada sebuah harddisk, TreeSize hanya membutuhkan waktu sekitar 52 detik untuk menyelesaikan pemindaian tersebut. Kecepatan ini dimungkinkan karena TreeSize membaca MFT secara langsung pada harddisk yang memiliki sistem file NTFS.

Setelah pemindaian selesai, seluruh folder dan file ditampilkan dan diurutkan berdasarkan size dimulai dari yang paling besar hingga yang paling kecil.  Beberapa diantaranya ditampilkan dengan huruf yang dipertebal. Dengan demikian pengguna dapat langsung mengetahui folder dan file yang mana saja yang paling menyita isi harddisk.

Tampilan struktur file dan folder di dalam TreeSize kurang lebih sama seperti di dalam File Explorer sehingga mudah untuk ditelusuri. Anda pun bisa merubah nama file, menghapus dan memindah file seperti biasanya. Jika ternyata ada file yang terhapus secara tidak sengaja, anda dapat memulihkannya kembali melalui Recycle Bin. Setelah dipulihkan, file itu akan kembali muncul di dalam TreeSize seperti sebelumnya.

TreeSize juga menampilkan tooltips ketika kursor mouse diarahkan pada sebuah file atau folder. Tooltips ini memuat informasi yang lebih terperinci seperti misalnya tanggal pembuatan dan perubahan file. Tooltips ini tidak bisa dinonaktifkan.

Saat menelusuri file, apabila anda merasa terganggu dengan tooltips yang selalu muncul, anda bisa menyiasatinya dengan memilih opsi Only for cut off labels. Opsi ini berfungsi untuk menampilkan tooltips hanya untuk file dan folder yang namanya terlalu panjang sehingga tidak bisa ditampilkan secara utuh oleh TreeSize. Selain itu, informasi yang tampil di dalam tooltips pun hanya meliputi nama file dan folder saja.

Download TreeSize Terbaru

TreeSize merupakan software yang dapat menyediakan gambaran mengenai isi harddisk secara keseluruhan dengan cepat, apalagi jika anda mengaktifkan fitur Treemap. Fitur ini memungkinkan anda untuk meninjau isi harddisk tak ubahnya seperti anda melihat sebuah denah ruangan. Dengan fitur ini, anda bisa dengan mudah melihat folder yang mana saja yang perlu mendapatkan perhatian lebih besar. Download TreeSize terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend