2 Cara Membuka File ENC di Android Termudah, untuk Pemula!

Selain untuk chat dan telepon aplikasi Whatsapp  juga bisa melakukan transfer file, sehingga Whatsapp ini sering menggantikan e-mail ataupun media untuk transfer data lainnya.

Kadang saat kita mendapatkan kiriman file melalui Whatsapp, seringkali mendapatkan file yang terenkripsi, itu karna file tersebut sudah di configurasi Whatsapp sehingga file extensionnya berubah menjadi (.enc).

Apa sih enc itu? enc itu singkatan dari encryption. File dengan format enc ini merupakan file config dari whatsapp/aplikasi chatt lainnya. File dengan format RAR juga akan berubah menjadi enc jika dikirim melalui whatsapp.

Format enc adalah Sebuah keamanan file dimana file akan memiliki sandi dengan format enc. Nah, mungkin kamu pernah mendapatkan file dalam format .enc  yang filenya kamu dapatkan dari kiriman whatsapp dan filenya tidak bisa dibuka. Artikel kali ini sangat cocok untuk kamu baca.

Cara Membuka File ENC di Android

File enc adalah file yang dienkripsi enc. File terenkripsi berisi data yang dilindungi biasanya dimaksudkan hanya untuk melihat secara resmi. Secara khusus, file enc umumnya dikodekan dalam format Uncoded, meskipun mereka dapat menggunakan hampir semua jenis pengkodean standar atau khusus untuk tujuan keamanan.

1. Menggunakan Aplikasi Zarchiver

Untuk membuka file .enc di Android kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Zarchiver. Selain aplikasi Zarchiver banyak aplikasi untuk membuka file enc. Namun di tutorial kali ini saya mencontohkan dengan menggunakan aplikas Zarchiver.

Sebenarnya saya pernah mencoba mengganti format filenya dengan file manager bawaan hp, tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga namun filenya tetap tidak terbuka.

1. Pertama, install aplikasi Zarchiver di Android kamu, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Lihat contoh pada gambar. install aplikasi ZArchiver

2. Setelah aplikasi terinstall di Android kamu, buka aplikasi ZArchiver tersebut. Lihat contoh pada gambar. buka aplikasi zarchiver

3. Kemudian cari folder Whatsapp, karna file .enc sebelumnya kamu dapatkan dari kiriman Whatsapp. Lihat contoh pada gambar.  Cara Membuka File ENC di Android

4. Kemudian cari file yang berakhiran .enc. Lihat contoh pada gambar. cari file .enc

5. Kemudian tab pada file .enc tersebut kemudian ekstrak file .enc tersebut. Lihat contoh pada gambar. ekstrak file enc

6. Nah sekarang file .enc tadi sudah bisa dibuka. Lihat contoh pada gambar. file enc terbuka

7. Selesai.

2. Menggunakan Converter Online

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga membuka file enc dengan menggunakan converter online. Kamu cukup memastikan android kamu tersambung internet.

1. Pertama, buka browser di Android kamu. Lihat contoh pada gambar. Cara Membuka File ENC di Android untuk Pemula

2. Kemudian masuk kesitus extract.me/id. Sebenarnya banyak situs converter untuk konversi file enc, tapi menurut saya yang paling bagus adalah situs ini. Makanya saya merekomendasikan situs converter online ini.

3. Kemudian tab pada Pilih File untuk memilih file .enc yang ingin kamu buka. Lihat contoh pada gambar. pilih file enc

4. Setelah memilih file, kemudian tunggu beberapa saat untuk menkonversi file .enc tersebut.

5. Setelah proses konversi berhasil, maka file .enc tersebut sudah terbuka. Dan kamu bisa mendownloadnya kembali dalam format .zip. Lihat contoh pada gambar. Cara Membuka File ENC di Android dengan Mudah

6. Selesai.

Itulah cara-cara untuk membuka file enc di Android. Sangat mudah kan? Kamu cukup memakai aplikasi Zarchiver atau menggunakan converter online. Sekarang kamu tidak usah bingung jika mendapatkan file dalam format .enc. Karna kamu bisa menerapkan 2 cara diatas.

Sekian artikel tentang cara membuka file ENC di Android, semoga artikel ini bisa membantu permasalahan kamu dan bermanfaat. Kamu bisa memilih salah satu diantara cara-cara diatas mana yang menurutmu lebih mudah diterapkan. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend