2 Cara Menyembunyikan File / Folder di HP Android dengan Mudah

Kita pasti punya file / folder yang menurut kita itu rahasia kita, tidak untuk dilihat oleh orang lain. Namun pasti beberapa teman atau keluarga mungkin pernah meminjam HP Android kita hanya untuk sekedar melihat-lihat. Namun, hal itu akan sangat meresahkan jika di dalam HP Android tersebut terdapat file atau folder yang menjadi privasi kita.

Lalu apa yang akan kita lakukan? Apakah kita tidak akan meminjamkan HP Android kita? Tentu saja kita harus tetap meminjamkannya, namun file atau folder privasi tersebut harus disembunyikan terlebih dahulu agar tidak ada yang melihat.

Namun, kita tidak tahu bagaimana cara menyembunyikannya dari orang lain. Ternyata ada cara yang sangat mudah untuk menyembunyikan semua file / folder yang kita inginkan. Tanpa menggunakan aplikasi apapun kita bisa menyembunyikan file / folder di HP Android kita. Bagaimana caranya?

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya menyembunyikan file / folder di HP Android dengan sangat mudah. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

1. Cara Menyembunyikan File / Folder di HP Android

Cara yang pertama ini adalah cara menyembunyikan file / folder di HP Android, seperti Samsung dan lain – lain. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Pertama, silahkan pastikan terlebih dahulu file atau folder di HP Android anda masih terlihat.

2. Silahkan anda buka File Manager di HP Android anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

 

cara menyembunyikan file / folder di HP Android

3. Kemudian, silahkan anda buka Penyimpanan Perangkat anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

penyimpanan perangkat

4. Kemudian, silahkan anda pilih Folder atau File yang ingin anda sembunyikan. Misalnya folder Download. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menyembunyikan file / folder di HP Android

5. Kemudian, silahkan anda klik “Lainnya”. Seperti pada gambar dibawah ini.

lainnya

6. Kemudian, silahkan pilih “Ubah Nama”. Seperti pada gambar dibawah ini.

ubah nama

7. Kemudian, silahkan anda ganti namanya dengan menambahkan titik di depan nama folder atau file yang sudah anda pilih. Seperti pada gambar dibawah ini.

tambah titik

8. Selesai. Sekarang file atau folder anda tadi sudah tersembunyi. Silahkan anda pastikan file atau folder anda tadi sudah tidak terlihat. Seperti pada gambar dibawah ini.

hasil

Kemudian, jika anda ingin mengembalikannya kembali seperti semula. Caranya gampang. Silahkan anda ikuti langkah diatas sampai langkah keenam. Silahkan anda ubah namanya dengan menghapus tanda titik didepan nama file atau folder tersebut. Maka, file atau folder anda sudah kembali terlihat.

2. Cara Menyembunyikan File / Folder di HP OPPO

Cara yang kedua ini adalah cara menyembunyikan file / foder di HP OPPO. Kenapa untuk HP OPPO caranya berbeda? Karena HP OPPO tidak mendukung cara seperti diatas. HP OPPO memiliki caranya sendiri alias bawaan sistemnya. Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Silahkan anda buka Pengaturan di HP OPPO anda. Kemudian, silahkan anda pilih “Security Center”. Seperti pada gambar dibawah ini.

security center

2. Kemudian, silahkan anda klik tombol disebelah “Homescreen Acceleration Ball” sampai tombolnya berwarna hijau. Seperti pada gambar dibawah ini.

homescreen

3. Maka, akan muncul Acceleration Ball di homescreen anda. Silahkan anda klik Ball tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik ball

4. Kemudian, pastikan salah satu file atau folder yang akan disembunyikan masih terlihat. Seperti pada gambar dibawah ini.

pastikan file masih ada

5. Kemudian, silahkan anda klik Acceleration Ball tadi. Kemudian, silahkan anda pilih “Privacy Permission”. Seperti pada gambar dibawah ini.

privacy permission

6. Kemudian, silahkan anda pilih “Privacy Protection”. Seperti pada gambar dibawah ini.

privacy protection

7. Maka, anda akan diminta password sesuai yang anda buat. Seperti pada gambar dibawah ini.

password

8. Kemudian, silahkan anda pilih file atau kontak atau aplikasi yang ingin anda sembunyikan. Misalnya disini saya akan menyembunyikan aplikasi. Maka, silahkan pilih “Private Applications”. Seperti pada gambar dibawah ini.

private aplikasi

9. Kemudian, silahkan anda piliih “Add”. Seperti pada gambar dibawah ini.

add

10. Kemudian, silahkan anda pilih aplikasi apa yang ingin anda sembunyikan. Kemudian, silahkan anda klik “Ok”. Seperti pada gambar dibawah ini.

oke

11. Selesai. Maka aplikasi yang anda pilih tadi sudah tersembunyi dan tidak terlihat oleh siapapun. Silahkan anda pastikan lagi. Seperti pada gambar dibawah ini.

hasil

Kemudian, untuk mengembalikan aplikasinya lagi, silahkan anda lakukan seperti langkah diatas sampai langkah ke delapan. Kemudian, silahkan anda pilih aplikasi yang tadi. Kemudian, silahkan anda pilih “Move”. Seperti pada gambar dibawah ini.

move

Maka akan muncul kotak pertanyaan. Silahkan anda klik “Ok” untuk lanjut menghapus dari folder private. Seperti pada gambar dibawah ini.

hapus

Selesai. Maka aplikasi yang sudah anda sembunyikan tadi akan muncul kembali.

Nah, bagaimana? Cukup mudah kan? Sekarang kita sudah bisa menyembunyikan file / folder atau aplikasi apapun yang menurut kita itu privasi. Sehingga ketika teman / orang lain ingin meminjam HP kita, file / folder rahasia kita tidak akan bisa dilihat.

Itulah bagaimana cara menyembunyikan file / folder di HP Android dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menyembunyikan file / folder di HP Android dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih šŸ™‚

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend