Download CrystalDiskInfo 8.3.0

Download CrystalDiskInfo Terbaru Developer: Hiyohiyo (Crystal Dew World)
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 4MB


Seberapa lama harddisk bisa bertahan sulit untuk diperkirakan. Sebuah harddisk bisa saja rusak sebelum waktunya karena berbagai kondisi yang mempengaruhinya. Bahkan harddisk yang baru saja anda beli dua minggu yang lalu pun dapat rusak secara mendadak tanpa diketahui pasti penyebabnya.

Untuk mencegah kerusakan harddisk, langkah yang bisa diambil adalah memasang harddisk dengan baik di dalam casing dan menggunakan UPS apabila aliran listrik di tempat tinggal anda tidak stabil. Selain itu gunakan juga CrystalDiskInfo mengetahui tanda-tanda harddisk yang akan rusak.

Dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan jauh hari sebelumnya, anda bisa segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan seperti mempersiapkan dana untuk membeli harddisk baru dan melakukan backup untuk semua file yang belum sempat di backup sebelumnya.

Keunggulan CrystalDiskInfo

Download CrystalDiskInfo Terbaru

Tampilan CrystalDiskInfo

Pada jendela utama CrystalDiskInfo anda dapat melihat informasi berupa nama model harddisk, ukuran total harddisk, interface dan firmware yang digunakan, jumlah partisi, nomor serial harddisk, ukuran buffer, kecepatan putaran piringan harddisk yang dinyatakan dalam RPM (Revolutions Per Minute), jumlah harddisk yang terpasang, serta suhu dan kesehatan harddisk.

Fitur utama CrystalDiskInfo adalah untuk memonitor kesehatan harddisk. Status kesehatan tersebut memiliki indikator berupa teks dan icon berwarna. Untuk harddisk yang kesehatannya masih bagus, statusnya adalah Good disertai dengan icon yang berwarna biru. Untuk harddisk yang menunjukkan gejala-gejala kerusakan, statusnya adalah Caution dengan icon berwarna oranye atau kuning, sedangkan warna merah dengan status Bad mengindikasikan kerusakan yang lebih parah.

Yang perlu diingat, hanya karena harddisk berstatus Caution atau Bad bukan berarti harddisk tersebut tidak bisa digunakan lagi. Pada kenyataannya cukup banyak harddisk yang statusnya Caution tapi masih bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun demikian, selalu lakukan backup di media penyimpanan lain atau backup ke cloud storage untuk file-file yang sangat penting.

Saat harddisk sudah berstatus Caution, yang perlu anda tinjau adalah tiga atribut S.M.A.R.T yang bernama Current Pending Sector Count, Uncorrectable Sector Count dan Reallocated Sectors Count. Selanjutnya lihat pada kolom Raw Values. Kolom itulah yang menunjukkan jumlah error yang sebenarnya. Jika angka yang tercantum bertambah besar, maka itulah tandanya bahwa harddisk akan segera mati total.

Download CrystalDiskInfo Terbaru

Agar informasi Raw Values lebih mudah dibaca, anda perlu merubah sistem bilangan yang digunakan dari heksadesimal menjadi desimal. Selain itu anda juga bisa menampilkan grafik yang menunjukkan status setiap atribut dari jam sebelumnya ke jam berikutnya.

CrystalDiskInfo dapat di minimize ke system tray dengan mengaktifkan fitur Resident agar anda bisa melihat indikator suhu harddisk setiap saat. Setiap 10 menit CrystalDiskInfo melakukan auto refresh dan apabila suhu mencapai 50 derajat celcius, akan muncul suara alarm yang diiringi dengan warna indikator yang berubah menjadi merah. Download CrystalDiskInfo terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend