Ternyata Begini 2 Cara Membuat Grup di Instagram, Sudah Pernah Mencobanya?

Kecenderungan manusia untuk hidup sebagai makhluk sosial juga terbawa kedalam jejaring sosial. Hal itu dibuktikan dengan adanya orang yang berkumpul membentuk suatu kelompok kecil melalui suatu fitur yang dimiliki oleh beberapa sosial media, termasuk instagram.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung mengenai fitur grup yang disediakan oleh instagram. Sebab, yang kita tahu selama ini instagram hanya menyediakan wadah untuk Anda yang suka berbagi foto atau video kepada pengguna instagram lainnya.

Kalaupun dapat melakukan chatting, instagram hanya dapat mengirimkan pesan secara langsung kepada pengguna yang diinginkan atau yang dikenal dengan istilah Direct Message (DM).

Namun, kini instagram sudah memiliki fitur chat group, dimana fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat berbagi foto, video atau percakapan bersama dengan orang terdekat Anda, seperti teman, keluarga, sahabat dan sebagainya. Lalu, bagaimana caranya?

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara membuat chat grup melalui aplikasi instagram. Dengan begitu, Anda dapat melakukan percakapan secara berkelompok di instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Grup di Instagram

Terdapat dua cara yang akan saya jelaskan kepada Anda mengenai cara membuat grup di Instagram, yaitu melalui fitur Direct Message dan melalui Insta Story.

1. Membuat Grup di Instagram Melalui DM

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat grup melalui direct message (DM). Seperti yang kita tahu bahwa direct message ini hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan pribadi kepada pengguna yang diinginkan.

Ternyata, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat grup. Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk membuatnya.

  1. Buka aplikasi instagram di smartphone Anda. Pastikan instagram Anda sudah diperbarui minimal sampai adanya fitur chat grup ini.
  2. Di halaman home, tap icon menu untuk membuka DM seperti gambar berikut.
    begini cara membuat grup di Instagram
  3. Lalu, tap icon Add untuk memulai percakapan baru.
    tap icon Add
  4. Pilih kontak yang akan Anda tambahkan kedalam chat grup baru Anda.
    Pilih Kontak
  5. Kemudian, ketikkan pesan baru, misalnya “ini grup baru kita ye” dan kirim pesan dengan menekan Send.
    cara membuat grup di Instagram untuk pemula
  6. Setelah pesan dikirim, maka akan muncul field baru diatas pesan tersebut. Disinilah Anda membuat nama grup baru di instagram. Apabila telah selesai, tap tombol Done untuk menyimpan perubahan pada nama chat grup anda yang baru. Dengan begitu, Anda sudah berhasil membuat chat grup di instagram.
    Buat nama grup

2. Membuat Grup di Instagram Melalui InstaStory

Instagram Story atau biasa disebut dengan Insta Story merupakan suatu fitur yang memungkinkan kita untuk dapat mengupload foto atau video dan membagikannya ke sesama pengguna instagram.

Selain itu, fitur ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membuat chat grup, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, silakan buat story terlebih dahulu.
    Buat Story
  2. Kemudian tekan Next.
    cara membuat grup di Instagram
  3. Apabila sudah selesai membuat story, pilih Send to untuk mengirim foto atau video tersebut.
    Tekan Send to
  4. Selanjutnya, tekan New Group untuk membuat grup chat baru.
    Pilih New Group
  5. Pilih kontak yang akan Anda jadikan anggota grup. Terakhir, buat nama grup tersebut. Jika sudah selesai, tekan icon centang atau seperti pada gambar.
    cara membuat grup di Instagram

Sangat mudah, bukan untuk membuat chat grup di instagram ? Dengan begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan instagram untuk melakukan percakapan secara berkelompok, sama seperti sosial media yang terlebih dahulu memiliki fitur grup ini, seperti WhatsApp, LINE, Facebook dan sebagainya. Anda juga dapat membagikan foto atau video kepada orang-orang tertentu saja dengan memanfaatkan kedua cara tersebut.

Tinggal Anda yang menentukan cara mana yang Anda inginkan. Namun, yang pasti kedua cara tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Demikian artikel mengenai cara membuat grup di instagram. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Send this to a friend