4 Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru Di Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang sangat sering dipakai oleh masyarakat saat ini. Terutama pada kaum millenials. Mengapa masyarakat lebih memilih Instagram? Karena Instagram dirasa lebih kekinian.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram juga sangatlah menarik, seperti fitur Instagram story, Instagram Live, hingga IGTV. Yang menjadi daya tarik Instagram sebagai sosial media yang lebih sering dipakai oleh para millenials juga tidak luput dari beberapa hal seperti konten-konten yang terdapat didalamnya, fitur-fitur terbarunya, dan bahkan para artis kelas dunia pun lebih memilih memakai sosial media yang satu ini.

syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram

Image : Justin Bieber Instagram

Omong-omong soal artis yang menggunakan Instagram, kamu semua pasti sudah sering melihat akun-akun instagram artis yang bercentang biru bukan ? Pasti kamu juga pernah menyangka bahwa kalau akun yang memiliki centang biru tersebut hanya bisa dimiliki oleh para artis saja. Nyatanya tidak guys, banyak juga akun-akun Instagram yang bukan artis mendapatkan centang biru tersebut.

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram, kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud dari centang biru tersebut.

Centang biru tersebut sebenarnya adalah sebuah istilah dari verified account, dengan centang biru tersebut sebuah akun Instagram telah dinyatakan sebagai akun asli atau disebut juga dengan akun yang telah terverifikasi keasliannya oleh pihak Instagram.

Dengan tanda centang biru tersebut, akun Instagram para artis maupun orang lain yang terkenal dapat dibedakan dengan akun palsu yang menyerupai akunnya. Jadi sebagai orang yang menggunakan Instagram, kita harus mencari Instagram artis maupun tokoh masyarakat tersebut dengan melihat centang birunya.

Jika centang biru tersebut ada, maka kita tidak perlu ragu lagi dengan keaslian akun tersebut.

1. Syarat mendapatkan centang biru dari Instagram

1. Masuk dari 8 kategori

cara mendapatkan centang biru di Instagram

Image : Sprout Social

Ada beberapa syarat agar Instagram kamu dapat memiliki centang biru yaitu akun instagram kamu harus memiliki profil dari beberapa kategori seperti dibawah ini :

  • Artis atau Selebritis terkenal
  • Atlet dan seniman
  • Merek produk besar
  • Tokoh masyarakat
  • Akun dengan lonjakan followers dan likers cepat
  • Akun yang sedang dibicarakan di Instagram
  • Akun pribadi pribadi yang banyak duplikasinya
  • Selebgram

2. Tes Kelayakan Profil

syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram

Image : Skypod

Tidak hanya memandang dari 8 kategori diatas, kamu juga bisa mendapatkan ikon centang biru tersebut jika kamu bisa menunjukkan sikap yang baik sehingga kamu layak diberikan centang biru oleh Instagram.

So, jika kamu bukan selebgram, artis dan tidak memiliki banyak followers, kamu tidak perlu khawatir. Yang terpenting adalah akun kamu dapat berdampak baik bagi khalayak luas. Dan jika kamu mengusulkan centang biru tersebut maka akun kamu akan dipertimbangkan lagi oleh pihak Instagram.

3. Mematuhi Peraturan Instagram

aturan instagram

Image : instazood

Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu maka kamu juga harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan. itu juga berlaku pada Instagram, jika kamu ingin mendapatkan centang biru atau verified account maka kamu harus mematuhi peraturan dari Instagram.

Sebelumnya kamu harus menyetujui untuk memahami aturan dari instagram atau yang sering disebut dengan Ketentuan Layanan dan Pedoman Komunitas Instagram.

Contohnya, kamu harus mengunggah video atau foto sesuai dengan aturan yang berlaku, kamu juga harus menghormati orang-orang yang menggunakan Instagram lainnya, dan yang paling penting jangan menampilkan konten yang kurang pantas.

4. Mengisi Formulir Verifikasi dari Instagram

mengisi formulir

Image : detikInet

Untuk mendapatkan centang biru kamu wajib mengisi formulir permintaan verifikasi dari instagram. Dan kamu harus mengisi formulir tersebut sesuai dengan kartu identitas asli kamu sendiri.

4 hal diatas merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para Instagrammer untuk bisa mendapatkan centang biru yang nantinya akan terletak disamping username.

Nah, tidak lengkap rasanya jika kita hanya membahas tentang syarat-syarat untuk mendapatkan centang biru dari Instagram saja. Maka dibawah ini saya akan menginformasikan kepada kamu semua bagaimana cara untuk mendapatkan ikon verified account tersebut.

2. Cara Mendapatkan Centang Biru Di Instagram

cara mendapatkan centang biru

Image : MeAplikasi

  1. Pertama-tama kamu harus membuka akun Instagram kamu dari handphone kamu.
  2. Lalu kamu harus masuk ke tab profile.
  3. Kemudian kamu dapat mengklik ikon 3 dots di samping pojok kanan atas dan carilah menu Laporkan Masalah.
  4. Lalu kamu harus memilih Kirim Masukan.
  5. Setelah itu kamu dapat mencentang pada bagian profil dan tap tanda panah.
  6. Kemudian kamu dapat mengirimkan pesan kepada Instagram menggunakan bahasa inggris apa alasan kamu untuk mendapatkan verified account dan jelaskan diri kamu sebaik mungkin agar pihak Instagram dapat mempertimbangkan lagi akun kamu untuk mendapatkan ikon centang biru.
  7. Terakhir kamu harus memasukkan foto KTP-mu agar prosesnya bisa dapat lebih cepat. Jadi kamu harus menunggu kira-kira 1 – 4 minggu untuk menunggu proses dan konfirmasi dari pihak Instagram.

Dengan hanya mengirimkan permintaan bukanlah jaminan untuk akun kamu bisa diverifikasi oleh Instagram. Karena pihak Instagram lebih memilah-milah untuk memberikan centang birunya kepada pengguna.

Dan hanya pengguna yang berhaklah yang bisa mendapatkan centang biru tersebut. dan prosesnya kamu harus melewati proses peninjauan Instagram yang kepastiannya belum bisa ditentukan untuk diterima ataupun ditolak.

Jika setelah permintaan kamu ditinjau, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang akan menginformasi atau menolak permintaan kamu pada tab notifikasi Instagram kamu.

Itulah syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram. Semoga kamu semua bisa dapat dengan mudah melakukan beberapa langkah diatas.

Leave a Reply

Send this to a friend