2 Cara Live di Instagram dengan Mudah, Baik Live Sendiri Maupun Live Bardua dengan Teman Anda!

Instagram tidak habis-habisnya melebarkan sayap. Banyak sekali fitur-fitur yang bermunculan seiring perkembangan waktu. Seperti fitur storylive, archivemessage, dan lain-lain.

Adapun yang baru saat ini adalah IGTV, dimana Anda dapat membuat saluran Anda sendiri dan berbagi video dengan durasi yang panjang, dan adapula fitur video call lewat fitur message yang telah disediakan. Anda tentu sangat dimanjakan dengan aplikasi satu ini.

Live menjadi salah satu fitur favorit Instagram saat ini. Ditambah lagi kita bisa mengajak teman untuk live bersama. Bahasan kali ini akan dijabarkan bagaimana langkah-langkah untuk memulai live pada Instagram. Simak pembahasan cara live di Instagram berikut ini.

Cara Live di Instagram Sendiri / Rame-rame

Live atau siaran langsung merupakan suatu fitur untuk menyiarkan video secara langsung dan real-time. Anda tidak hanya bisa melakukan live sendiri, melainkan Anda juga bisa mengajak teman Anda untuk live bersama.

Saat melakukan live, pastikan koneksi internet Anda stabil, karena akan memakan cukup banyak data internet. Pada saat live, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan seperti komentar, sticker, dan berbagi video.

1. Cara Live di Instagram (Sendiri)

Berikut ini adalah langkah-langkah live sendiri di instagram.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi instagram. Klik ikon kamera yang berada pada pojok kiri atas atau swipe right (geser ke kanan) layar untuk beralih ke halaman pembuatan story.
    cara live di instagram
  2. Setelah itu, Anda akan mendapati kamera dalam keadaan menyala. Swipe right atau klik tulisan LIVE di bagian bawah, seperti yang ditunjuk pada gambar.click live, or swipe left on the screen
  3. Selanjutnya, klik tombol Start Live Video untuk mulai melakukan siaran langsung di Instagram. Sebelum itu, Anda dapat memutar kamera Anda untuk menggunakan kamera depan seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar di bawah ini.
    cara live di instagram
  4. Sebelum live, akan diperiksa koneksi Anda ke internet terlebih dahulu, apakah memungkinkan untuk melakukan live. Semakin kuat sinyal Anda, semakin cepat pengecekan koneksi dilakukan.
    checking for connection, wait
  5. Setelah melewati checking connection, akan muncul tulisan You are now live!. Bersiaplah kemudian untuk ditonton oleh followers Anda. Berikut ini tampilan ketika Anda berhasil membuat siaran langsung.
    cara live di instagram sendiri
  6. Pada gambar di atas telah saya beri masing-masing nomor yang akan saya jabarkan fungsinya berikut ini.
    1. Nomor 1 : Tulisan LIVE mengartikan bahwa Anda sedang berada dalam status live, atau siaran langsung sedang berjalan.
    2. Nomor 2 : Jumlah penonton siaran langsung Anda.
    3. Nomor 3 : Tulisan End digunakan untuk mengakhiri siaran langsung Anda. Setelah Anda mengklik tulisan tersebut Anda akan diminta untuk mengonfirmasi kembali untuk mengakhiri siaran langsung Anda.
    4. Nomor 4 : Ikon tersebut dapat Anda gunakan untuk memutar kamera smartphone Anda. Anda bisa mengaturnya menjadi tangkapan kamera depan atau kamera belakang.
    5. Nomor 5 : Ikon tersebut digunakan untuk menerapkan filter Instagram saat melakukan live.
    6. Nomor 6 : Anda dapat menggunakan ikon ini untuk mengundang atau mengajak penonton live Anda untuk live bersama.
    7. Nomor 7 : Ikon pesawat digunakan untuk membagikan video live Anda kepada pengguna instagram yang Anda inginkan. Anda sekaligus dapat menulis pesan bersamaan dengan video live tersebut. Pengguna yang menerima pesan Anda akan dapat mengakses siaran langsung Anda berikut membaca pesan yang Anda sampaikan yang dikirim dalam bentuk message.
    8. Nomor 8 : Adalah kolom komentar yang dapat Anda gunakan untuk menulis pesan yang akan muncul di layar saat siaran langsung Anda sedang berjalan.
  7. Berikut ini adalah gambar tampilan saat Anda mengakhiri video live Anda. Anda akan mendapatkan informasi mengenai jumlah penonton video live Anda.
  8. Anda diberi pilihan untuk menanyangkan video live Anda dalam bentuk story pada tombol bulat biru. Jika tombol tersebut Anda gerser, warnanya akan berganti menjadi abu-abu. Hal itu berarti Anda tidak membagikan video live Anda dalam bentuk story yang akan bertahan selama 24 jam.
  9. Sebaliknya, jika Anda berniat membagikannya, maka geser tombol tersebut hingga berwarna biru seperti gambar di bawah, lalu klik tombol Share yang berada di bawahnya.
    end live and share to your story

2. Cara Live di Instagram dengan Teman

Berikut ini adalah langkah-langkah live di Instagram dengan teman.

  1. Buka Instagram pada smartphone Anda. Klik ikon kamera yang berada pada pojok kiri atas seperti yang ditunjuk oleh gambar.timeline instagram
  2. Klik LIVE di menu paling bawah tampilan.
    cara live di instagram berdua dengan teman
  3. Selanjutnya, klik tombol Start Live Video untuk memulai siaran langsung. Klik ikon yang ditunjuk oleh panah untuk memutar kamera.
    click start live video button
  4. Setelah Anda berhasil live, klik ikon yang dikotakin pada panah di bawah ini untuk mengundang penonton Anda live bersama.
    start live
  5. Setelah itu, akan muncul daftar penonton Anda yang sedang menonton live Anda. Klik pada ikon bulat yang ada di samping nama penonton yang ingin Anda ajak live bersama hingga tombol tersebut berwarna lila. Lalu, klik tombol Add. Anda juga dapat mencari nama seseorang pada bagian search.add friend to live together
  6. Setelah itu, Anda harus menunggu konfirmasi dari teman yang Anda ajak live bersama.
    waiting to connection
  7. Jika teman Anda menerima tawaran Anda untuk live, maka tampilan akan dibagi dua seperti gambar di bawah ini. bagian atas adalah area Anda dan bagian bawah adalah bagian teman Anda.
  8. Ketika Anda melakukan live bersama dengan teman, maka followers Anda dan teman Anda dapat menonton live yang sedang berjalan.
    livw with friend
  9. Berikut ini tampilan jika Anda telah menekan End. Pilih End Live Video untuk menghentikan live Anda.
    end live video
  10. Anda dapat berbagi video live Anda setelah Anda menghentikannya dengan membagikannya sebagai story Anda. Story ini akan bertahan seperti story lainnya yaitu selama 24 jam. Aktifkan panel untuk membagikan video Anda, lanjutkan dengan mengklik tombol Share.
    share live video

Demikianlah cara live di Instagram, baik live sendiri ataupun bersama dengan teman. Anda sangat dapat untuk mencobanya. Jika ada tanggapan mengenai bahasan kali ini, silakan cantumkan di kolom komentar di bawah, ya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend