2 Cara Cek Registrasi Kartu Telkomsel yang Sudah Terdaftar atau Belum

Beberapa waktu silam, tepatnya tahun 2017, Kominfo sempat menggegerkan publik mengenai peraturan menteri Kominfo Nomor 21 tahun 2017 tentang registrasi kartu sim harus menggunakan kartu identitas yang diminta.

Tidak sedikit yang mengalami protes terkait peraturan ini, pasalnya Kominfo telah menyepakati bahwa setiap 1 Nomor Induk Keluarga (NIK) hanya boleh melakukan registrasi untuk 3 nomor kartu SIM saja.

Walaupun begitu, Anda tetap dapat mengganti simcard Anda dengan melakukan UNREG terlebih dahulu terhadap kartu lama jika NIK Anda sudah terdaftar pada tiga nomor. Jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap peraturan tersebut.

Sebab, jika kartu baru Anda tidak terdaftar dengan NIK maka kominfo akan segera memblokir kartu prabayar Anda. Sebaiknya cek terlebih dahulu apakah kartu Anda sudah terdaftar atau belum.

Cara Cek Registrasi Kartu Telkomsel

Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara cek registrasi kartu telkomsel yang sudah terdaftar/registrasi atau belum. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Cara 1: Melalui USSD

  1. Buka panggilan > ketik *444# > tekan call/yes/dial.
    cara cek registrasi kartu telkomsel
  2. Ketik 2 pada kolom yang tersedia > Send/kirim
    2 - pilih 2
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan Anda pada kotak yang tersedia > Send/kirim.
    cara cek registrasi kartu telkomsel
  4. Tunggu beberapa saat hingga ada SMS masuk dari 4444 yang menyatakan bahwa nomor Anda telah terdaftar menggunakan NIK Anda.
    4 - berhasil

Cara 2: Melalui Website

  1. Buka browser Anda seperti chrome, mozilla, opera, dan lain sebagainya (boleh dari smartphone maupun PC/Laptop). Kemudian ketik pada kolom link: https://www.telkomsel.com/cek-prepaid
  2. Setelah halaman terbuka silakan masukkan nomor Telkomsel > masukkan NIK (No.KTP) > lalu pilih tombol Dapatkan Password.
    cara cek registrasi kartu telkomsel
  3. Tunggu hingga password dikirim ke nomor Anda melalui SMS. Lalu masukkan password ke kolom yang tersedia > kemudian pilih tombol Cek Nomor Saya.
    3 - masukkan nik
  4. Maka akan tampil data registrasi pelanggan prabayar apakah sudah terdaftar atau belum. Apabila sudah terdaftar maka status akan menjadi telah registrasi.
    cara cek registrasi kartu telkomsel sudah berhasil

Peraturan registrasi terhadap kartu provider merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama kartu prabayar yang sangat rentan akan hal ini. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita turut serta dalam membantu keamanan negara dengan mengikuti peraturan yang ada.

Mudah bukan cara mengecek registrasi kartu Telkomsel? Yuk daftarkan kartu Anda dengan data yang valid serta tidak boleh mengisi dengan data orang lain.

Semoga dengan adanya peraturan ini, kejahatan-kejahatan menggunakan alat komunikasi akan segera terminimalisir. Sekian mengenai artikel cara cek registrasi kartu telkomsel yang telah registrasi atau belum, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend