10 Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor yang Terbukti Ampuh

Adanya smartphone dapat membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa terhalang jarak dan waktu. Dengan adanya smartphone menjadi terobosan dunia teknologi smartphone untuk menciptakan berbagai inovasi terkait smartphone. Dari tahun ke tahun, perkembangan smartphone mengalami peningkatan dan persaingan yang cukup kompetitif.

Menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia, menjadikan smartphone wajib dimiliki dan dijaga oleh masing-masing individu. Perawatan smartphone harusnya wajib dilakukan oleh masing-masing individu.

Dengan demikian, smatphone lebih awet digunakan dan bisa diminimalisir kerusakannya. Terlalu sering digunakan dapat menjadikan smartphone tidak terawat karena sering digunakan setiap hari. Smartphone sama halnya dengan benda-benda pada umumnya yang bisa kotor.

Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor

Pada umumnya, smartphone kotor pada bagian layar. Cara membersihkan layar HP yang kotor dapat dilakukan oleh setiap individu. Berikut merupakan cara membersihkan layar HP yang kotor yang mudah anda lakukan setiap hari:

#1 HP harus dimatikan terlebih dahulu

HP harus dimatikan terlebih dahulu

Ketika anda merasa bahwa layar HP anda dalam kondisi yang kotor, anda seharusnya melakukan pembersihan layar HP anda. Namun, sebelum anda melakukan cara membersihkan layar HP yang kotor, ada hal yang harus anda lakukan pertama kali yaitu mematikan HP sebelum membersihkan. Cara mudah dan simple ini harus anda terapkan guna untuk menjaga kondisi HP agar tidak mengalami kerusakan. Anda dapat menekan tombol Power pada masing-masing HP anda untuk mematikan HP tersebut.

Baca Juga: 2 Cara Melihat Jalan Macet di Google Maps

Penting untuk diketahui bahwa ketika anda melakukan pembersihan layar HP, anda harus hati-hati melakukan hal tersebut. Karena jika anda membersihkan layar HP tanpa mematikan HP anda, kemungkinan terjadinya kerusakan pada HP anda akan mengalami peningkatan. Karena anda melakukan pembersihan dengan kondisi HP yang masih menyala.

#2 Simple hanya dengan cotton bud

Simple hanya dengan cotton bud

Benda kecil namun banyak fungsi ini bisa anda dapatkan di toko-toko terdekat disekitar anda. Cotton bud adalah benda yang biasanya digunakan untuk membersihkan telingga. Selain fungsi utamanya adalah digunakan untuk membersihkan telingga. Ternyata cotton bud memiliki fungsi lain yaitu bisa anda gunakan untuk membersihkan layar HP yang kotor. Alternatif cara membersihkan layar HP yang kotor dengan menggunakan cotton bud adalah cara yang sangat mudah anda lakukan karena mudah ditemukan dimanapun dan tergolong murah.

Dengan membersihkan layar HP dengan cutton bud anda bisa menggoreskan cotton bud dilayar HP anda. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah untuk menjangkau pinggiran layar HP yang biasanya susah dibersihkan hanya dengan kain.

#3 Jangan lupa kain yang lembut

Jangan lupa kain yang lembut

Selain menggunakan cotton bud, anda juga bisa menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan layar HP anda yang kotor. Tidak semua jenis kain dapat anda gunakan untuk membersihkan layar HP. Karena bahan dari masing-masing kain akan berbeda dan ada kemungkinan kain tersebut berbahan kasar. Sehingga jika kain tersebut anda gunakan untuk membersihkan layar HP anda, ada kemungkinan bahwa layar HP anda akan tergores kain kasar tersebut.

Meskipun anda telah menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan laya HP anda yang kotor, ada harus tetap berhati-hati ketika membersihkan layar HP anda. Karena layar HP merupakan bagian yang paling penting jika HP anda adalah tipe HP smartphone.

#4 Cairan Khusus untuk Layar HP

Cairan Khusus untuk Layar Hp

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada HP anda ketika membersihkan layar yang kotor. Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan layar HP anda. Dengan adanya cairan khusus ini akan mempermudah anda dalam membersihkan layar HP yang kotor. Ketika anda melakukan pembersihan layar HP yang kotor dengan menggunakan cairan khusus ini, anda tetap harus berhati-hati agar cairan ini tidak masuk kedalam HP anda.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Penggunaan cairan khusus ini sebaiknya tidak anda aplikasikan langsung ke layar, melainkan dengan menggunakan kain yang lembut untuk mempermudah proses pembersihan layar HP yang kotor. Dengan begitu, anda bisa membersihkan layar HP anda yang kotor dengan maksimal.

#5 Alternatif Gel Alkohol

Alternatif Gel Alkohol

Cairan lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif cara membersihkan layar HP yang kotor adalah dengan menggunakan gel alkohol. Gel alkohol ini biasanya dapat anda temukan pada cairan handwash. Penggunaan gel alkohol sebagai alternatif cara membersihkan layar HP yang kotor harus anda lakukan dengan hati-hati. Penggunaan gel alkohol sebaiknya tidak berlebihan agar tidak merusak kondisi HP.

Ada baiknya jika ketika anda membersihkan layar HP dengan gel alkohol, anda tidak langsung mengaplikasikannya secara langsung ke layar HP. Melainkan dengan perantara yaitu kain yang lembut atau dengan cotton bud.

#6 Hanya Air Biasa

Hanya Air Biasa

Selain hal-hal tersebut diatas, anda bisa menggunakan air biasa yang bersih untuk membersihkan layar HP anda. Dalam hal ini, anda harus berhati-hati supaya air tidak masuk ke bagian dalam HP anda. Ketika air masuk kebagian dalam HP anda, air tersebut dapat menyebabkan komponen didalam HP anda mengalami karatan.

Sehingga ketika anda membersihkan layar HP anda dengan air, anda bisa menggunakan kain yang lembut atau cotton bud untuk mempermudah pembersihan layar HP.

#7 Selotip Solusi Cerdas

Selotip Solusi Cerdas

Tidak menggunakan cairan dalam membersihkan layar HP anda merupakan solusi pintar yang bisa anda lakukan. Cara tersebut adalah dengan menggunakan selotip. Anda hanya butuh selotip dan menempelkan selotip tersebut ke bagian layar HP. Dengan demikian, kotoran yang menempel di layar HP akan terangkat melalui selotip yang anda tempelkan di layar HP anda. Mudah bukan caranya?

#8 Cara Modern dan Canggih dengan Sinar UV

Cara Modern dan canggih dengan sinar UV

Selain menggunakan berbagai alternatif cairan, anda bisa membersihkan layar HP anda yang kotor dengan menggunakan sinar UV. Biasanya pembersihan dengan sinar UV memiliki alat tersendiri. Dengan cara ini, anda bisa membersihkan layar HP anda dengan mudah dan cepat tanpa membutuhkan berbagai macam cairan pembersih layar HP.

#9 Alternatif Menggunakan Minyak Kayu Putih

Alternatif menggunakan minyak kayu putih

Mudah ditemukan dimanapun dan memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah kata yang tepat untuk menggambarkan minyak kayu putih. Cairan multifungsi ini bisa anda gunakan untuk membersihkan layar HP yang kotor. Namun pengaplikasian minyak kayu putih ini tidak boleh berlebihan.

Baca Juga: 10 Cara Merawat kamera DSLR yang Baik dan Benar

#10 Membersihkan Secara Melingkar

Membersihkan secara melingkar

Cara membersihkan layar HP yang kotor sebaiknya dilakukan dengan cara yang melingkar. Hal ini akan membuat kotoran menjadi terpusat dan mudah dibersihkan. Dengan hal ini, anda akan merasa lebih mudah dan cepat dalam membersihkan layar HP yang kotor.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam membersihkan layar HP anda yang kotor. Karena cara membersihkan layar HP yang kotor harus dilakukan secara berkala agar HP anda dalam kondisi yang prima.

Leave a Reply

Send this to a friend