Pengertian Organisasi Beserta Fungsi, Ciri-Ciri, Prinsip, Unsur-Unsur Organisasi

Pengertian Organisasi

Secara umum, pengertian organisasi adalah sebuah tempat untuk banyak orang berkumpul dan bekerja sama secara terkendali dan terpimpin, dan secara sistematis dan rasional untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

Pada umumnya sumber daya digunakan secara sistematis dan terkendali oleh organisasi untuk mencapai tujuan. Adapun beberpa sumber daya yang biasa digunakan adalah uang, mesin,  lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya.

Didalam dunia bisnis, organisasi memiliki pengertiannya sendiri yaitu kumpulan orang atau grup yang berkolaborasi secara bersama-sama untuk mencapai tujuan komersil. Didalam dunia binis memiliki struktur yang jelas dan juga memiliki budaya kerja, seperti organisasi non-profit. Berbeda organisasi, maka struktur dan tujuannya juga berbeda.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi adalah

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian organisasi, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian organisasi. Berikut ini beberapa pendapat ahli tentang pengertian organisasi, yaitu :

1. Chester I. Bernard

Menurut seorang ahli yang bernama Chester I. Bernar, mengatakan bahwa Organisasi adalah sebuah sistem kegiatan kerja sama yang dikerjakan oleh 2 orang atau lebih untuk melakukan suatu kegiatan yang menggunakan sarana komunikasi untuk mencapai tujuan bersama.

2. Pfiffner dan Sherwood

Menurut ahli yang bernama Pfiffner dan Sherwood, mengemukakan bahwa Organisasi merupakan suatu pola dari sejumlah orang yang saling berinteraksi secara intim dan terikat dalam mengerjakan suatu tugas yang rumit, berinteraksi satu sama lain dengan secara sengaja, dan memutuskan untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.

3. John D. Millet (1954)

Menurut seorang ahli yang bernama John D. Millet, megatakan bahwa Organisasi adalah sebuah kerangka atau struktur pekerjaan banyak orang yang dilasanakan untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Maka, organisasi merupakan suatu sistem tentang pemberian tugas pekerjaan seseorang di antara kelompok-kelompok orang yang ingin mencapai tujuan dan tugas secara bersama.

4. John M. Pfiffner dan S. Owen Lane (1951)

Menurut 2 orang ahli yang bernama John M. Pfiffner dan S. Owen Lane, mengemukakan bahwa Organisasi adalah suatu proses mengumpulkan pekerjaan orang-orang atau suatu kelompok dengan melakukan kekuasaannya untuk melaksanakannya, sehingga kewajiban-kewajiban tersebut dapat memberikan saluran – saluran terbaiknya bagi penyelenggara atau pelaksana suatu usaha yang efisien, teratur, dan positif.

5. Prof Dr. Sondang P. Siagian

Menurut seorang ahli yang bernama Prof Dr. Sondang P. Siagian, mengemukakan bahwa Organisasi adalah sebuah bentuk persatuan antara 2 orang atau lebih yang bekerja secara bersama dan secara formal untk mencapai suatu tujuan tertentu, yang mana didalamnya teridiri dari atasan dan bawahan.

Fungsi Organisasi

fungsi organisasi

Sebuah organisasi pasti memiliki fungsi – fungsi yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini beberapa fungsi organisasi, yaitu :

1. Memberikan Arahan

Fungsi yang pertama adalah memberikan arahan dan pemusatan pada setiap kegiatan organisasi.Yaitu mengenai tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh sebuah organisasi.

2. Meningkatkan Kemampuan

Fungsi yang kedua adalah meningkatkan kemampuan setiap anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat.

3. Memberikan Pengetahuan

Fungsi yang ketiga adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baru kepada setiap anggotanya, agar dapat memiliki wawasan untuk selalu siap terjun kedalam sebuah organisasi yang lebih besar.

Ciri – Ciri Organisasi

Ciri-Ciri-Organisasi

Sebuah organisasi selain memiliki fungsi – fungsi, organisasi juga memiliki beberapa ciri – ciri dari terbentuknya organisasi tersebut. Berikut ini beberapa ciri – ciri organisasi, yaitu :

1. Kumpulan manusia

Dalam membentuk organisasi harus memiliki dua orang atau lebih manusia yang sadar, sama seperti ketika membentuk seuatu kelompok.

2. Tujuan bersama

Dalam membentuk organisasi harus memiliki tujuan organisasi yang utama yang akan dicapai oleh setiap anggota organisasi.

3. Kerjasama

Didalam sebuah organisasi, setiap anggota organisasi harus selalu bekerjasama dan berkoordinasi satu sama lain agar dapat mempermudah dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

4. Aturan

Jika membentuk sebuah organisasi yang formal, maka organisasi tersebut harus memiliki aturan atau batas-batas tertentu yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh setiap anggota organisasi.

5. Pembagian tugas

Jika membentuk sebuah organisasi, setiap anggota harus memilik tugasnya masing – masing agar setiap anggota dapat bekerja satu sama lain dengan efektif dan efisien sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Prinsip Organisasi

Prinsip Organisasi

Didalam sebuah organisasi pasti memiliki prinsip – prinsip yang digunakan agar sebuah organisasi dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini beberpa prinsip organisasi, yaitu :

1. Perumusan Tujuan

Prinsip organisasi yang pertama ini adalah prinsip yang digunakan sebelum membuat atau membangun suatu organisasi. Menentukan tujuan dari dibentuknya organisasi merupakan langkah awal yang perlu dilakukan didalam sebuah organisasi. Tujuan dari dibentuknya sebuah organisasi harus jelas karena akan menentukan langkah berikutnya atau kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh organisasi tersebut.

2. Pembagian Kerja

Prinsip berikutnya yang dilakukan didalam sebuah organisasi adalah pembagian kerja. Melakukan pembagian kerja penting dilakukan karena dapat menghindari kemungkinan terjadinya tumpang tindih pekerjaan dan penumpukan pekerjaan pada suatu unit atau bagian kerja.

3. Pendelegasian Kekuasaan / Wewenang

Prinsip berikutnya yang juga penting adalah pendelegasian kekuasaan atau wewenang. Pendelegasian wewenang itu merupakan pemberian kekuasaan atau wewenang kepada setiap unit. Hal ini sangat penting dilakukan dalam menjalankan kegiatan, karena setiap unit dapat bertanggung jawab pada wewenang yang sudah diberikan saja dan sewaktu – waktu dapat dengan mudah untuk dimintai pertanggungj awabannya.

4. Tingkat Pengawasan

Prinsip tingkat pengawasan harus dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. Didalam sebuah organisasi harus selalu dipastikan telah menjalankan sistem pengawasan. Karena jika tidak menjalankan sistem pengawasan, sebuah organisasi tidak dapat mencapai tujuannya. Oleh karena itu, setiap sebuah organisasi harus memperhatikan kemudahan sistem pengawasan.

5. Rentang Manajemen

Prinsip rentang manajemen perlu digunakan didalam sebuah organisasi. Seorang pemimpin didalam sebuah organisasi perlu diperhatikan efektifitas dan efisiensinya dalam membawahi beberapa orang yang dipimpinnya, sehingga ia dapat dengan mudah melakukan pengawasan secara efektif dan efisien.

6. Kesatuan Perintah

Prinsip berikutnya adalah prinsip kesatuan perintah. Didalam sebuah organisasi, seorang bawahan pasti memiliki seorang atasan. Dari seorang atasan tersebutlah si bawahan mendapatkan perintah dan si bawahan juga harus memberikan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada atasannya.

7. Koordinasi

Prinsip berikutnya adalah prinsip koordinasi yaitu suatu usaha untuk mengarahkan kegiatan setiap unit-unit organisasi agar dapat mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Dengan adanya pembagian tugas kepada setiap unit-unit kerja bisa saja membuat setiap unit menjadi terpisah dari tujuan organisasi. Oleh karena itu, koordinasi dibutuhkan agar setiap unit dapat terhindar dari konflik atau permasalahan, seperti dapat mengurangi duplikasi tugas, mengurangi orang yang nganggur di setiap unit, dan dapat memperkuat kerja sama.

Unsur – Unsur Organisasi

Unsur - Unsur Organisasi

Didalam sebuah organisasi harus memiliki beberapa unsur – unsur penting didalamnya agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik. Berikut ini adalah unsur-unsur yang terkandung didalam organisasi, antara lain :

1. Personil (Man)

Unsur personil merupakan unsur yang paling penting di dalam sebuah organisasi. Dimana setiap masing-masing personil psati memiliki tingkatan dan memiliki fungsinya sendiri.

2. Kerjasama (Team Work)

Unsur kejasama juga merupakan unsur yang dianggap penting didalam sebuah organisasi. Sebuah organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama jika para anggotanya atau personilnya mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya secara bersama-sama.

3. Tujuan Bersama

Unsur tujuan bersama merupakan sebuah unsur atau sasaran yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi. Tujuan bersama itu bisa saja dari sisi prosedur, pola, program, sampai hasil akhir dari pekerjaan sebuah organisasi tersebut.

4. Peralatan (Equipment)

Unsur peralatan juga merupakan unsur yang penting didalam sebuah organisasi karena untuk mencapai tujuan bersama dibutuhkan sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan sebuah organisasi, misalnya seperti: kantor / gedung, uang, material, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

5. Lingkungan (Environment)

Unsur lingkungan juga merupakan unsur yang sangat berpengaruh didalam sebuah organisasi. Misalnya seperti, sosial budaya, anggaran, kebijakan, peraturan, kondisi ekonomi, dan lain sebagainya.

6. Sumber Daya Alam

Selain unsur lingkungan, unsur sumber daya alam juga merupakan unsur yang penting yang harus dipenuhi agar organisasi berjalan dengan baik. Misalnya seperti, air, cuaca, kondisi tanah, flora, fauna, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian organisasi, beserta fungsi, ciri – ciri, prinsip, dan unsur – unsur organisasi. Semoga Anda dapat lebih memahami dan lebih mengerti dengan jelas mengenai apa itu organisasi, beserta fungsi, ciri – ciri, prinsip, dan juga unsur – unsur organisasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend