Pengertian Sarana dan Prasarana Beserta Manfaat dan Contoh-Contohnya

Pengertian Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana adalah fasilitas atau perlengkapan yang disediakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sarana dan prasarana erat sekali aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saat membaca artikel ini, tanpa kamu sadari kamu juga sudah menikmati layanan sarana dan prasarana, yaitu layanan internet.

Jadi, apa sebenarnya pengertian sarana dan prasarana? Meskipun sering digunakan bersamaan, sebenarnya sarana dan prasarana terdiri dari dua kata yang berbeda arti. Sarana merupakan fasilitas atau perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan. Sedangkan prasarana merupakan penunjang utama untuk melaksanakan pekerjaan. Sampai di sini, mungkin kamu masih belum paham perbedaan keduanya. Oleh karena itu, akan kami berikan ilustrasinya.

Misalkan sekolahmu menyediakan lapangan sepak bola beserta perlengkapannya. Di sini, yang dimaksud sarana adalah benda-benda yang sifatnya lebih portable atau dapat dipindahkan, seperti bola, gawang, sepatu olahraga, dan perlengkapan permainan sepak bola lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan prasarana adalah wadah yang digunakan, dimana sifatnya tetap. Dalam kasus ini, contoh prasarana yakni lapangan sepak bola itu sendiri.

Jadi, secara umum pengertian sarana dan prasarana adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, bisa berupa alat utama maupun alat yang membantu proses kegiatan.

Dan berdasarkan pendapat seorang ahli bernama Moenir, pengertian sarana dan prasarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja, dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan atau mencapai kepentingan yang berhubungan dengan organisasi kerja.

Manfaat Sarana dan Prasarana

Setelah membaca beberapa pengertian di atas, kamu pasti sudah memahami bahwa sarana dan prasarana sangat penting dalam kehidupan manusia karena memberikan banyak manfaat.

Dan manfaat setiap sarana dan prasarana tidak pasti sama, alias bisa berbeda-beda dan bergantung pada tujuan pengadaan sarana dan prasarana tersebut. Nah, secara umum, berikut ini merupakan manfaat sarana dan prasarana.

1. Mempercepat Proses Pelaksanaan Pekerjaan

Pengertian Sarana dan Prasarana

Adanya sarana dan prasarana dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia, sehingga manusia dapat menggunakan waktu secara efisien. Misalnya saja kalkulator. Adanya kalkulator mempercepat manusia dalam proses perhitungan dibanding menghitung secara manual.

2. Memberikan kenyamanan dalam pelaksanaan kegiatan

Sarana dan prasarana yang memadai akan memberikan kenyamanan dalam melaksanakan kegiatan, sehingga diharapkan proses kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. Contohnya, ruang kelas dengan kipas angin tentu akan memberikan kenyamanan yang lebih baik daripada ruang kelas tanpa kipas angin. Dengan kondisi kelas yang nyaman, diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar.

3. Memberikan Hasil Pekerjaan yang Lebih Berkualitas

Memberikan Hasil Pekerjaan yang Lebih Berkualitas

Dengan sarana dan prasarana yang memadai, maka hasil pekerjaan akan lebih baik. Ambil contoh, dua orang siswa mengerjakan tugas dari guru. Yang satu membuat tugas seadanya, sedangkan siswa yang lainnya membuat tugas berdasarkan riset di internet. Maka tentu saja siswa kedua akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Nah, di sini peran internet dapat meningkatkan kualitas hasil pekerjaan.

4. Meningkatkan Produktivitas

Sarana dan prasarana dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan cara memaksimalkan proses produksi. Misalkan sebuah perusahaan memiliki teknologi mesin yang canggih, sehingga dapat memproduksi beberapa produk sekaligus dalam waktu yang singkat.

5. Menyederhanakan Pekerjaan

Pengertian Sarana dan Prasarana dan Tujuannya

Adanya sarana dan prasarana juga dapat menyederhanakan pekerjaan yang rumit menjadi lebih ringkas. Contohnya yaitu adanya mobile banking. Kalau dulu mengambil uang harus ke bank atau ke ATM terlebih dahulu, sekarang kita bisa mentransfer uang hanya melalui smartphone dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

Selain kelima manfaat di atas, tentu saja masih banyak manfaat lain dari adanya sarana dan prasarana yang dapat kamu temukan di sekitarmu.

Contoh Sarana dan Prasarana

Nah, untuk memudahkanmu memahami seperti apa sarana dan prasarana dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini sudah kami sertakan contoh sarana dan prasarana di berbagai bidang, seperti di sekolah, kantor, dan umum.

1. Sarana dan Prasarana di Sekolah

Sarana dan Prasarana di Sekolah

Sekolah merupakan tempat untuk belajar siswa. Maka sarana dan prasarana yang dibutuhkan adalah alat-alat penunjang kegiatan belajar dan mengajar, seperti berikut ini :

  • Ruang kelas : untuk tempat belajar siswa sehari-hari.
  • Kipas angin atau AC di dalam kelas : untuk memberi kenyamanan bagi siswa dalam belajar.
  • Laboratorium komputer : untuk memperkenalkan siswa dengan teknologi
  • Perpustakaan : untuk menyimpan buku-buku yang akan menjadi sumber pengetahuan bagi siswa
  • Alat musik : untuk memperkenalkan dan mengasah kemampuan siswa dalam bermusik
  • Berbagai jenis lapangan, seperti lapangan sepak bola, lapangan voli, lapangan basket : sebagai wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan atau talentanya.

2. Sarana dan Prasarana di Kantor

Pengertian Sarana dan Prasarana dan Contohnya

Kantor merupakan tempat karyawan bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mempermudah melakukan pekerjaan tersebut dan meningkatkan efisiensi pekerja, maka perusahaan perlu mendukung dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Berikut ini merupakan contoh-contoh sarana dan prasarana di kantor berdasarkan jenisnya.

  • Peralatan dan perlengkapan kantor : Untuk membantu pekerja menyelesaikan pekerjaan kantor agar selesai dengan cepat dan tepat. Contohnya : kertas, map, gunting, steples, buku catatan, buku harian organisasi, buku telepon, kamus, buku agenda, buku catatan keuangan, buku tahunan, buku objek wisata, dan lain sebagainya.
  • Mesin-mesin kantor : Digunakan untuk mencatat, mengumpulkan, dan mengolah data atau keterangan yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contohnya : komputer, laptop, printer, mesin fotokopi, LCD, scanner, mesin absensi, kalkulator, dan lain sebagainya.
  • Mesin komunikasi kantor : Sarana bagi anggota perusahaan untuk berkomunikasi, baik dengan sesama anggota perusahaan atau di luar perusahaan. Misalnya telepon dan interkom.
  • Perabot kantor : Furniture kantor yang berguna untuk menunjang karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Contohnya, kursi, meja, lemari, rak buku, papan tulis, brankas, dan lain sebagainya.
  • Interior kantor : Benda-benda di dalam kantor yang dihadirkan untuk memberikan suasana hangat dan menambah kenyamanan anggota perusahaan. Misalnya saja, lukisan, gambar-gambar, patung, vas bunga, dan lain sebagainya.

3. Sarana dan Prasarana Umum

Sarana dan prasarana umum merupakan perlengkapan atau fasilitas yang digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan masyarakat umum. Sarana dan prasarana umum diadakan pemerintah untuk menunjang aktivitas masyarakat. Nah, berikut ini merupakan contoh sarana dan prasarana umum yang sering kita temui.

  • Pasar : ruang atau wadah bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan jual-beli demi memenuhi kebutuhan pribadi.
  • Jalan raya : contoh sarana dan prasarana umum yang digunakan untuk mempermudah mobilitas masyarakat.
  • Puskesmas : tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Balai desa : tempat bagi masyarakat desa untuk bermusyawarah mengenai pengembangan desa.
  • Stasiun : fasilitas yang disediakan untuk mempermudah mobilisasi masyarakat.

Nah, mungkin sekian artikel kali ini mengenai pengertian sarana dan prasarana beserta manfaat dan contoh-contohnya. Semoga pembahasan di atas dapat memudahkan pembaca dalam memahami pengertian sarana dan prasarana.

Leave a Reply

Send this to a friend