• Our Partners:

Pengertian Interkom

Pengertian Interkom Beserta Fungsi dan Cara Mengoperasikannya

Pengertian Interkom

Interkom atau dalam istilah bahasa Inggrisnya Interkom merupakan suatu peralatan komunikasi internal atau interkommunication device yang ditujukan untuk pembicaraan, pemberitahuan atau komunikasi yang terbatas.

Selain itu interkom juga sering disebut interphone atau intertelepon tapi bukan termasuk keluarga telepon karena meskipun menggunakan lebih sering memakai media suara akan tetapi lingkupnya internal. Pada awalnya dulu interkom tersambung dengan menggunakan kabel Beudrat. Kabel inilah yang menjadi perantara suara dapat terkirim dan diterima di masing – masing pengguna.

Interkom ini juga bisa dikombinasikan dengan perangkat komunikasi lainnya seperti pesawat telepon, telepon genggam atau perangkat lainnya yang terhubung dengan listrik. Penggunaanya saat ini paling banyak ditemui dalam perangkat komunikasi HT (Handy Talkie) yang sering digunakan oleh pekerja lapangan atau pada profesi lainnya yang memerlukan komunikasi lebih intens. Handy Talkie ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak memakai perangkat jika dibandingkan dengan Walkie Talkie.

pengertian interkom adalah

Meskipun terlihat memiliki cara kerja yang jadul tapi ternyata interkom ini banyak diterapkan dalam kehidupan modern dan hingga saat ini meskipun memasuki era kejayaan teknologi internet. Selain dalam HT ternyata para pengendara bermotor modern juga menggunakan interkom dalam berkendara, tepatnya di helm.

Hal ini untuk memudahkan komunikasi antar pengemudi dalam satu kendaraan atau untuk navigasi GPS agar tidak tersesat dijalan. Beberapa penggunaan memang berdampak positif namun ada juga yang sebaiknya dihindari, oleh sebab itu perlu kebijaksanaan dalam pemanfaatannya.

Fungsi dan Kegunaan Interkom

Sebelumnya kita sudah mengenal apa itu interkom dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari namun fungsi dan kegunaannya sebenarnya untuk apa? Saat ini mungkin kita sering menggunakan perangkat handphone untuk melakukan komunikasi antar pengguna secara masal dan dianggap paling efektif.

Namun beda halnya dalam dunia kerja ketika dalam sehari harus terjadi berkali kali interaksi dan harus direspon cepat. Selain pemanfaatan telepon kantor terkadang antar bagian juga menyediakan interkom agar interaksi bisa terjadi lebih efektif tanpa harus tatap muka langsung.

Fungsi dan Kegunaan Interkom

Penggunaan pulsa dan internet saat ini memang dianggap paling mutakhir namun juga memerlukan biaya cukup mahal. Dengan menggunakan interkom komunikasi antar bagian dan instansi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah. Ini adalah keunggulan dan fungsi paling dicari dari perangkat interkom.

Saluran komunikasi yang dihasilkan interkom juga lebih luas dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Beda dengan Walkie Talkie yang hanya dua arah, dengan Handy Talkie beberapa pengguna dapat masuk pada satu gelombang yang sama dan bergantian melakukan komunikasi.

Dalam lingkup masyarakat pun interkom masih diminati karena bisa difungsikan sebagai media informasi untuk membangun kerukunan social. Selain itu dalam kegiataan tertentu seperti kerja bakti atau jalan sehat satu desa pastinya memerlukan komunikasi antar panitia bahkan peserta agar kegiatan dapat berjalan lebih lancar.

Cara Mengoperasikan Interkom

Karena pemakaiannya yang tidak terlalu luas dan banyak yang bahkan baru mendengar mengenai perangkat ini maka wajar jika masih banyak juga yang bingung bagaimana cara mengoperasikan interkom. Pada kesempatan ini penulis selain menjelaskan mengenai interkom juga akan menjelaskan cara pengoperasiannya. Langsung saja dapat disimak dibawah ini.

Pengertian Interkom dan Fungsinya

Penggunaan interkom pada dasarnya ada 2 jenis yakni untuk kantor dan penggunaan umum, dapat disetting sesuai kebutuhan masing – masing. Namun untuk penggunaan kantor memang cenderung lebih mudah akan tetapi sebelumnya harus disetting sedemikian rupa agak lebih efektif. Pada lingkup kantor atau perusahaan interkom juga biasa disebut aiphone.

Untuk menggunakannya cukup mudah yakni anda hanya perlu mengangkat gagang aiphone / interkom lalu mulai memilih saluran yang dinginkan (bisa juga disetting otomatis). Setelah itu tekan tombol “C” yang dimaksudkan untuk memanggil (Calling) tunggu sampai keluar nada panggilan seperti telepon pada umumnya. Setelah diangkat pembicaraan bisa mulai dilakukan.

Sedangkan pada perangkat HT hampir sama seperti telepon namun tetap harus mencari saluran yang tepat. Ketika berbicara dan mendengar kan juga terbagi menjadi dua gelombang khusus sehingga tidak dapat dilakukan bersamaan.

Sedangkan untuk penggunaan umum atau pada masyarakat luas caranya hampir sama namun biasanya perangkat tidak dalam kondisi stand by karena penggunaannya yang tidak terlalu sering, jadi sebelumnya harus tekan tombol “ON” dulu untuk menyalakan. Pilihlah saluran yang dinginkan lalu setelah ketemu pembicaraan sudah dapat dilakukan.

Pengertian Interkom dan Cara Mengoperasikannya

Untuk perawatan interkom/aiphone baik di lingkungan kantor maupun umum caranya sama saja. Untuk letak atau posisinya pastikan sudah berada ditempat paling aman agar tidak jatuh atau tersenggol. Bagian luar dari aiphone dibersihkan dengan kain halus dan minyak pembersih secara berkala, dan di bagian microphonenya juga sering – sering diberi deodorant khusus.

Tadi juga sempat disinggung mengenai penggunaan interkom ketika berkendara, bagi yang masih penasaran disini penulis juga akan sedikit menjelaskan mengenai penggunaannya. Pada umumnya interkom khusus yang dipakai saat berkendara sudah dipasang sedemikian rupa ke helm yang dipakai, jadi untuk helmnya juga tidak bisa sembarangan.

Interkom terlebih dahulu dihubungkan dengan perangkat handphone agar ketika ada panggilan dapat langsung masuk serta memudahkan pemakaian GPS voice. Tidak lupa juga interkom harus berada dalam mode “ON” ketika mulai berkendara. Dalam pemakaian tertentu pun juga ada yang dilengkapi dengan action cam.

Meskipun tergolong memiliki prinsip kerja yang tradisional ternyata interkom juga masih diminati oleh kalangan pemuda serta dapat membantu di pekerjaan – pekerjaan tertentu. Namun tetap harus bijaksana menyiasati pemakaiannya (terutama ketika berkendara) agar keamanan juga tetap terjaga.

Itulah pembahasan mengenai pengertian Interkom beserta fungsi dan kegunaan Interkom dalam berkomunikasi. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend