10+ Fitur-Fitur Twitter Yang Banyak Orang Belum Tahu, Yuk Disimak!

Bagi Anda pengguna media sosial tentu tidak akan asing dengan yang namanya Twitter. Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan.

Bahkan sebelum Intagram sudah viral sampai sekarang, Twitter telah lebih dulu dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Ada yang hanya sekedar menuliskan status mengenai keseharian atau kehidupannya, ada juga yang menulis mengenai pendapat atau kritik terhadap pemerintah.

Selain itu, dulu Twitter hadir dalam versi website dimana sekarang sudah tersedia aplikasi Twitter yang bisa Anda download di Play Store maupun App Store. Terlebih lagi, ada fitur-fitur Twitter yang tidak dimiliki pada versi web namun bisa Anda gunakan di versi aplikasi. Lalu apa saja fitur tersebut? Berikut ini akan kami jelaskan mengenai apa saja fitur dari Twitter yang bisa Anda gunakan.

Fitur-Fitur Twitter dan Penjelasannya

1. Lists

Twitter Lists

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang sedikit ‘pelit’ memfollow akun lain adalah karena mereka tidak ingin twit-twit tersebut muncul terlalu banyak di berandanya. Mungkin untuk teman dekat tidak masalah, namun untuk orang lain yang kita tidak kenal siapa orang tersebut terkadang malah menyebabkan rasa terganggu jik terlalu banyak postingan yang muncul.

Namun sebenarnya Twitter sudah memiliki sebuah fitur yang bisa Anda manfaatkan jika Anda tidak ingin terlalu dengan banyaknya postingan yang muncul. Fitur tersebut bernama Lists yang nanti bisa Anda gunakan untuk membatasi siapa saja akun yang ingin Anda lihat postingan atau twitnya. Dengan adanya Lists, maka Anda bisa langsung melihat twit yang dalam sekali postingan dan tidak akan tertutupi oleh postingan yang lainnya.

Meskipun begitu, Anda juga masih bisa melihat twit dari orang lain tanpa perlu memfollow mereka. Anda bisa membuat kelompok sendiri mengenai akun mana saja yang ingin Anda lihat akunnya dan tidak.

2. Bookmarks

Bagi Anda yang ingin melihat suatu twit namun ternyata Anda belum memiliki waktu, maka Anda masih bisa melihatnya nanti. Jangan khawtir, twit tersebut tidak akan hilang karena Twitter sudah menyediakan fitur yang bernama Bookmarks. Di sini nanti semua twit yang ingin Anda lihat bisa disimpan untuk Anda lihat ketika Anda memiliki waktu.

3. Tweet Activity

Tweet Activity

Fitur-fitur Twitter yang juga tidak kalah bermanfaat namun jarang digunakan adalah Tweet Activity. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengetahui berapa jumlah dari impresi dan juga interaksi serta keterlibatan para pengguna. Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah orang yang sudah mengklik terhadap gambar maupun video yang Anda upload. Berapa jumlah retweet, share, dan lain-lainnya juga bisa diketahui melalui fitur ini.

4. Polling

Fitur ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan riset atau survei mengenai sesuatu. Fitur ini bisa Anda manfaatkan ketika Anda ingin meminta pendapat atau saran dari orang-orang, baik yang berhubungan dengan diri Anda sendiri, orang lain, maupun juga tentang pemerintah. Di sini orang yang membuat postingan Anda bisa mengetahui apa yang harus mereka pilih. Anda juga bisa mengetahui berapa banyak orang yang menjatuhkan pilihannya.

5. Box Searching

Box Searching

Apakah Anda pernah menggunakan fitur ini? Box Searching atau kotak pencarian merupakan fitur yang disediakan untuk bisa menemukan akun orang lain. Fitur ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menemukan kira-kira hashtag apa yang sedang viral atau yang tranding. Bukan hanya itu saja, fitur kotak pencarian ini juga bisa digunakan untuk menemukan akun lama orang lain yang mana mungkin Anda ingin melihat beberapa tweetnya.

6. Tag Teman

Untuk fitur yang keenam ini mungkin Anda sudah sering menggunakannya. Fitur tag teman merupakan fitur yang sebenarnya bukan hanya Anda temukan di Twitter, melainkan juga beberapa media sosial lainnya seperti Facebook maupun juga Instagram. Fitur ini akan membuat Anda bisa menandai teman yang mungkin sedang berfoto maupun ketika Anda ingin menandai orang agar mereka bisa melihat tweet.

7. Kolase Foto

Seperti apa fitur kolase foto yang disediakan di Twitter? Fitur ini membuat Anda bisa menjadikan foto-foto yang sebelumnya telah Anda pilih untuk kemudian Anda jadikan sebagai sebuah kolase. Caranya pun sangat mudah dimana Anda hanya perlu mengklik ‘Add More’ ketika Anda ingin mengupload gambar. Setelah itu, fitur ini akan otomatis muncul.

8. Tweet Menggunakan SMS

Tweet Menggunakan SMS

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Twitter bukan hanya sekedar media sosial yang Anda gunakan untuk membuat atau melihat tweet seseorang. Twitter juga menjadi media sosial yang kerap dijadikan untuk keperluan bisnis maupun berbagai keperluan lainnya. Salah satu fitur yang disediakan adalah tweet dengan menggunakan SMS.

Uniknya, fitur ini bisa Anda gunakan ketika Anda sedang tidak memiliki kuota. Bagi Anda yang kebetulan tidak memiliki kuota internet namun masih ingin membuat tweet, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini. Caranya gimana? Anda hanya perlu masuk ke pengaturan dan kemudian Anda tambahkan nomor telepon Anda.

9. Mendukung Gambar Bergerak

Twitter juga menyediakan fitur yang mana pengguna bisa mengupload gambar animasi atau gambar bergerak. Format gambar tersebut adalah GIF. Tentu adanya fitur ini merupakan keunggulan tersendiri dimana selain dapat mengupload video dan gambar biasa, ternyata Tweet juga bisa mengupload gambar bergerak.

10. Aktivitas Anda di Twitter

Penjelasan mengenai fitur-fitur twitter yang terakhir adalah mengenai aktivitas yang ada pada Twitter. Aktivitas Anda bisa diketahui dimana nanti Anda bisa tahu seberapa banyak orang yang tertarik pada postingan Anda tersebut. Selain itu, Anda juga bisa tahu kira-kira apa saja yang Anda lakukan di twitter tersebut serta berapa banyak tweet yang Anda bagikan.

Leave a Reply

Send this to a friend