Pengertian Drag and Drop Beserta Fungsi dan Cara Melakukannya

Apa yang Anda ketahui tentang drag and drop? Bagi Anda yang menggunaka komputer grafis interface atau tampilan antarmuka, drag and drop merupakan sebuah gerakan yang dilakukan oleh pengguna dimana mereka akan menyeret file yang diinginkan dan kemudian membawanya menuju lokasi tujuan.

Fitur ini sudah menjadi satu ketika Anda menginstall sebuah sistem operasi, khususnya Windows dimana Windows maupun aplikasi Ms. Word telah menyediakan sebuah fitur drag and drop tersebut.

Fitur yang satu ini akan membantu Anda di dalam memindahkan file yang Anda inginkan tanpa harus melalui berbagai langkah yang membutuhkan waktu lebih lama. Fitur drag and drop ini tidak jauh berbeda dengan copy, cut, maupun paste. Hanya saja, Anda tinggal menentukan dan langsung menyeret file Anda menuju lokasi atau folder dimana Anda ingin memindahkan file tersebut.

Pengertian Drag and Drop

Pengertian Drag and Drop adalah

Drag and drop merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan pengguna di dalam memindah atau mengcopy file untuk dipaste atau dimasukkan ke dalam folder tujuan. Mungkin banyak dari kita yang lebih mengenal fitur ini ketika menggunakan sistem operasi Windows. Ketika kita ingin memindahkan file tersebut, apakah berupa video, audio, maupun dokumen, kita bisa langsung menentukannya dan tinggal memindahkan ke tempat tujuan.

Namun, fitur ini ternyata juga hadir ketika Anda menggunakan Google. Anda bisa melakukan drag and drop terhadap gambar yang Anda inginkan kemudian langsung Anda paste ke halaman utama Google. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju juga membuat penggunaan drag and drop semakin melebar. Maksudnya, fitur ini bahkan sudah hadir di smartphone.

Fungsi yang dimiliki oleh drag and drop untuk smartphone bahkan semakin canggih. Anda bisa menyeret dan memindahkan teks. Bahkan, yang Anda pindah tersebut tidak terbatas hanya satu file saja melainkan juga bisa memindahkan file-file secara bersamaan. Kemudahan ini tentu saja akan mempermudah pekerjaan Anda dimana Anda tidak perlu menggunakan perintah lain yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

File apapun yang ingin Anda pindahkan tinggal Anda tentukan dan kemudian Anda tinggal menyeretnya. Dengan adanya fitur ini untuk smartphone, maka Anda bisa dengan mudah memindahkan teks maupun file yang lainnya.

Fungsi Drag and Drop

Pengertian Drag and Drop dan Fungsinya

1. Membuat shortcut

Fungsi pertama dengan adanya drag and drop adalah Anda bisa membuat sebuah shortcut untuk program aplikasi komputer Anda yang menggunakan sistem oprerasi Windows. Memang shortcut bisa dibuat dengan cara yang lainnya, namun dengan adanya drag and drop ini maka Anda bisa langsung menentukan gambar aplikasi tersebut dan langsung Anda seret ke tempat yang Anda inginkan.

2. Memindah file yang ada di menu explorer

Fungsi kedua yang dimiliki oleh drag and drop yaitu Anda dapat dengan mudah memindahkan file yang lokasinya berada di menu explorer. Memang secara tidak langsung fungsinya mirip dengan copy/paste, namun dengan menggunakan fitur ini maka Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Biasanya, mereka yang sudah sering menggunakan drag and drop akan langsung memindahkan file mereka yang awalnya berada di Drive C atau D menuju drive yang lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa langsung memindahkan file yang Anda inginkan tanpa harus menggunakan tombol kombinasi yang terkadang membuat orang awam masih kesulitan menggunakan tombol kombinasi tersebut.

3. Memasukkan subtitle

Bagi Anda yang hobi nonton film luar sudah pasti tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya subtitle. Subtitle di sini memang telah disediakan untuk memudahkan Anda memahami apa percakapan dan alur dari cerita yang Anda tonton tersebut. Untuk memasukkan subtitle ini memag bisa Anda lakukan dengan melalui menu yang sudah tersedia pada aplikasi player yang Anda gunakan.

Akan tetapi, sebenarnya Anda masih bisa menggunakan cara yang lainnya yang tentu lebih efektif dan lebih praktis karena tidak ribet. Cara tersebut adalah dengan menggunakan drag and drop.

Anda hanya perlu menentukan file mana yang merupakan subtitle dari film tersebut. Setelah itu, Anda tinggal menyeretnya dan masukkan ke dalam video tersebut. Otomatis nanti subtitle akan langsung terinstall dan film yang Anda tonton sudah memiliki subtitle.

4. Memindahkan item menuju Ms. Office

Fungsi keempat yang dimiliki oleh fitur drag and drop adalah kemudana di dalam memindahkan file menuju dokumen pada Ms. Office. Dengan adanya drag and drop, maka Anda bisa dengan mudah memindahkan tulisan, gambar, atau bahkan slide yang ada di pada Power Point untuk Anda geser ke urutan lebih awal mauipun lebih akhir.

Fungsi drag and drop pada Ms. Office hampir setiap saat digunakan oleh mereka yang memang kesehariannya selalu menggunakan aplikasi perkantoran tersebut. Lalu bagaimana cara melakukan drag and drop? Berikut ini akan kami berikan informasi kepada Anda mengenai langkah-langkahnya.

Bagaimana Cara Drag and Drop?

Setelah Anda mengetahui pengertian dan fungsi dari drag and drop, maka sekarang Anda juga harus paham tentang bagaimana cara melakukannya. Untuk melakukan drag and drop tentu saja tidak sulit. Semua orang bisa melakukannya bahkan yang pertama kali mencobanya. Di bawah ini akan kami berikan langkah-langkahnya.

  • Pertama, Anda harus memindahkan pointer terlebih dahulu ke objek
  • Setelah itu, Anda harus menekan dan kemudian Anda tahan tombol yang terdapad pada mouse maupun juga perangkat yang berfungsi sebagai penunjuk agar bisa mengambil objek tersebut.
  • Ketiga, Anda drag menuju lokasi yang Anda inginkan.
  • Keempat, Anda tinggal drop objek tersebut dengan cara melepaskan tombolnya.

Itulah pengertian Drag and Drop beserta fungsi dan bagaimana cara melakukan Drag and Drop di komputer / Laptop. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend