3 Cara Memasukkan Subtitle ke Film Beserta Cara Download Subtitle dengan Mudah

Film merupakan media yang paling komunikatif dalam menyampaikan suatu pesan kepada penontonnya. Kini menonton film menjadi salah satu hobi yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan umur. Beberapa orang bahkan tahan menonton secara berjam-jam atau sering disebut dengan menonton maraton. Tak heran jika dunia perfilman dalam negeri maupun luar negeri berlomba-lomba dalam menciptakan ide-ide baru untuk menarik penonton semakin merasa euforia dalam menanti-nantikan perilisan film terbaru.

Sekali lagi, teknologi benar-benar menyulap dunia kita. Bagaimana tidak, semua yang sulit dapat diatasi oleh kemudahan yang ditawarkan oleh kehadiran teknologi itu sendiri. Kini, kegiatan menonton film bukanlah menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Selain dari bioskop yang harus bersedia menguras kantong Anda sedikit, Anda juga dapat menonton film lewat laptop. Tidak bisa disangkal, selain memiliki smartphone, kini laptop juga merupakan benda yang dapat menjadi barang primer bagi beberapa orang.

Berbagai genre film, kini dihadirkan sebagai penambah warna dalam dunia perfilman. Salah satu alasan orang untuk menonton film tertentu yaitu karena rating maupun rekomendasi dari rekan-rekan Anda. Walaupun beberapa cerita film akan meleset dari perkiraan Anda. Namun, hal itu sepertinya tidak membuat jera dalam menonton film-film terbaru, khususnya film yang sedang hangat-hangatnya atau sedang heboh diperbincangkan. Rasa penasaran pun tak bisa dielakkan dengan cara mendownload film atau membeli CD film.

Dalam menonton film, adakalanya Anda tidak mengerti oleh ucapan dari pemain film tersebut disebabkan oleh bahasa yang tidak dipahami. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling interaktif digunakan dalam film. Walaupun terdapat gerakan-gerakan dari para pemain, jika kita tidak mengerti bahasa yang diucapkan sama saja seperti kita menerka-nerka isi ceritanya yang bahkan bisa salah dalam memahami pesan film tersebut.

Film yang menggunakan bahasa yang di luar kemampuan kita tentunya akan menyulitkan kita. Mood kita bahkan bisa tiba-tiba turun. Nah, masalah tersebut dapat diatasi dengan cara mendownload subtitle kemudian memasukkan subtitle tersebut ke dalam film. Pada artikel ini akan membahas cara mendownload subtitle dan cara memasukkan subtitle ke film.

#1 Download Subtitle Filmnya Dulu

Situs penyedia subscene tentunya sudah banyak tersedia di internet. Pada kesempatan ini, saya hanya membahas langkah-langkah mendownload subtitle dari situs penyedia subtitle subscene.com saja. Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan situs ini karena situs ini merupakan salah satu situs yang sangat lengkap menyediakan bahasa di seluruh dunia. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka browser Anda > ketikkan subscene.com pada kolom url browser.

2. Setelah situs terbuka, silakan masukkan judul film lalu tekan Enter atau klik tombol Subtitle Search / Cari Subtitle. Saya sarankan Anda mengetahui durasi dan resolusi film agar subtitle sesuai ketika film diputar.

cara memasukkan subtitle ke film

3. Kemudian akan muncul judul film yang Anda cari. Klik pada judul film tersebut.

Langkah 3 - pilih judul

4. Selanjutnya akan tampil daftar subtitle dalam berbagai bahasa. Cara cepat untuk mencari bahasa yang Anda cari yaitu dengan menekan tomblo ctrl + F pada keyboard Anda lalu ketikkan bahasa apa yang Anda cari lalu pilih subtitle yang sesuai.

cara memasukkan subtitle ke film di windows media player

5. Klik tombol download subtitle untuk mendownload subtitle film yang Anda cari.

Langkah 5 - klik download subtitle

6. Setelah subtitle sudah didownload, masukkan subtitle ke dalam satu folder bersama dengan film tersebut.

Langkah 6 - masukkan ke dalam satu folder

7. Kemudian ekstrak file subtitle tersebut dengan cara klik kanan pada subtitle > WinRAR > Extract Here.

Langkah 7 - ekstrak file

#2 Cara Memasukkan Subtitle ke Film

Terkadang subtitle yang telah didownload tidak terbaca otomatis oleh pemutar film. Adapun langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memasukkan subtitle ke film. Terdapat 3 cara memasukkan subtitle ke film yang akan saya bahas. Simak langkah-langkah di bawah ini:

Sebelumnya, putar terlebih dahulu film Anda. Saya menggunakan aplikasi VLC Media Player untuk memutar film.

Cara Pertama

1. Drag atau seret subtitle ke pemutar film. Caranya klik kiri pada subtitle lalu tahan dan seret subtitle ke film yang telah diputar.

cara memasukkan subtitle ke film dengan mudah

Cara Kedua

1. Buka film yang telah di putar, lalu klik kanan pada film > pilih subtitle > pilih add subtitle file.

Cara 2 -1 klik kanan pada film lalu pilih add subtitle file

2. Kemudian cari dan pilih subtitle dari film tersebut yang telah didownload sebelumnya > klik open.

Cara 2 - 2 pilih subtitle lalu ok

Cara Ketiga

Cara ketiga ini agar subtitle terbaca oleh pemutar film secara otomatis tanpa harus men-drag atau menambahkan subtitle terlebih dahulu. Cara ini hanya cukup menyamakan nama pada judul film dan subtitle.

1. Klik kanan pada judul film > pilih rename > lalu tekan tombol ctrl + c pada keyboard Anda untuk menyalin nama ke subtitle.

Cara 3 - 1 rename film lalu copy

2. Klik kanan pada judul subtitle > pilih rename > lalu tekan tombol ctrl + v pada keyboard Anda.

Cara 3 - 2 rename subtitle lalu paste

3. Apabila langkah 1 dan 2 telah benar Anda lakukan, maka judul film dan judul subtitle akan sama seperti gambar di bawah ini. Anda bisa langsung memutar film tersebut dengan subtitle yang otomatis terbaca.

Cara 3 - 3 nama sama lalu putar

Subtitle telah berhasil ditambahkan ke film.

Berhasil

Ternyata mudah bukan cara mendownload subtitle dan memasukkan subtitle ke film? Penyedia subtitle kini sudah membanjiri dunia perfilman. Entah berasal dari dunia perfilman itu sendiri maupun orang lain yang rela membantu dalam membuat subtitle film. Anda dapat memilih penyedia subtitle yang telah dibahas di atas dan memilih cara yang Anda anggap mudah dalam memasukkan subtitle ke film. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat menonton!

Leave a Reply

Send this to a friend