Unsur-Unsur Proposal

Kenali Unsur-Unsur Proposal dan Contoh Penulisannya + Penjelasannya

Unsur-Unsur Proposal

Dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia perkantoran, pendidikan, organisasi maupun komunitas dan lain-lain yang berhubungan dengan sistem manajemen kerja pasti ada kalanya membutuhkan sebuah proposal dimana proposal tersebut untuk mempermudah suatu acara dan dengan proposal tersebut terbantu dalam mensukseskan suatu acara.

Jika dilihat secara umum, proposal adalah suatu usulan atau rancangan kegiatan yang direalisasikan melalui sebuah tulisan terperinci dengan tujuan untuk mendapat persetujuan dan dukungan dari pihak tertentu.

Selain itu, proposal juga bisa diartikan sebagai sebuah dokumen resmi yang berisi surat pengajuan dan rencana kegiatan dalam suatu organisasi, pekerjaan, kepanitiaan mulai dari tingkat pemerintah hingga pemerintahan. Bisa dibilang, bahwa proposal dijadikan acuan atau pedoman kerja dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Sistematika Penulisan Proposal

Unsur-Unsur Proposal dan Sistematika Penulisan Proposal

Sistematika penulisan dalam proposal sangat penting apalagi untuk proposal-proposal tertentu seperti dalam hal penggalangan dana perlu isi yang terperinci dan sistematis, sehingga dari isi proposal tersebut penggalang dana atau pembantu suatu acara bisa mendapatkan gambaran apakah acara tersebut bisa diterima dan dipertimbangkan untuk diberi kerjasama maupun benefit berupa dana. Maka dari itu, dalam penulisan kali ini rubrik akan menjelaskan secara singkat unsur-unsur apa saja yang penting dalam suatu proposal jenis kegiatan, antara lain:

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Unsur dalam proposal ini berisi latar belakang suatu masalah dimana latar belakang masalah ini merupakan dasar diadakannya suatu kegiatan. Latar belakang tersebut berisikan antara lain: pokok permasalahan secara singkat dan jelas (disesuaikan dengan isi dan tujuan dari proposal tersebut). Selain itu berisikan tentang pentingnya permasalahan dalam proposal tersebut harus disesuaikan.

Tidak semua latar belakang berisikan tentang masalah suatu acara tersebut, tetapi ada latar belakang yang hanya berisikan tentang dasar pemikiran dalam suatu acara tersebut. Pada akhirnya, latar belakang dalam bab pendahuluan ini tergantung dari jenis proposalnya apa.

B. Rumusan Masalah

Unsur dalam proposal ini lebih membahas tentang masalah yang harus berkaitan dengan latar belakang proposal (masalah dalam bab pendahuluan).

C. Tujuan Proposal

Unsur dalam proposal ini lebih mengungkapkan maksud atau tujuan diselenggarakannya suatu acara atau kegiatan.

BAB 2 PEMBAHASAN (Isi)

A. Sasaran Kegiatan

Unsur dalam proposal ini lebih kepada pihak-pihak apa saja yang menjadi sasaran atau tujuan untuk membantu dalam acara ini.

B. Teknik Pelaksanaan

Unsur dalam proposal ini lebih kepada penjelasan teknik-teknik atau cara yang dilakukan oleh pihak acara agar dapat meyakinkan pihak yang dituju untuk bisa bekerja sama atau membantu acara tersebut. Dengan teknik tersebut juga menjelaskan bahwa pihak acara akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut secara logis dan tepat dengan bantuan dari pihak yang dituju tersebut.

C. Jadwal Pelaksanaan

Unsur dalam proposal ini lebih kepada penjelasan jadwal dalam suatu acara tersebut atau yang kita kenal dengan “rundown”. Dengan jadwal pelaksanaan dalam suatu acara yang sudah sistematis dan fix, dapat memberikan gambaran tentang kegiatan atau acara mulai dari awal hingga akhir. Dengan kejelasan jadwal tersebut maka dapat meyakinkan pihak yang dituju acara agar bisa tahu seberapa matang acara ini dalam pelaksanaannya.

D. Anggaran

Unsur dalam proposal ini lebih menjelaskan tentang biaya-biaya apa saja yang harus diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan yang diterangkan dalam proposal tersebut. Di bagian ini anggaran akan disajikan secara objektif, efisien, dan logis. Semakin rinci susunan biaya suatu acara, maka semakin tidak ragu pula pihak yang akan memberikan bantuan atau yang mau bekerja sama karena sudah tidak ragu lagi dengan rincinya anggaran tersebut.

BAB 3 PENUTUP (Kesimpulan dan Saran)

Unsur dalam proposal ini lebih berisikan tentang kesimpulan, rangkuman, dan harapan apa saja yang disampaikan oleh pembuat acara. Selain itu, dalam bab penutup juga berisikan tempat, tanggal, tanda tangan, dan nama terang penanggung jawab proposal tersebut.

Contoh Penulisan Proposal

[embeddoc url=”https://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2019/10/CONTOH-PROPOSAL-OLEH-NESABAMEDIA.docx” download=”none” viewer=”google”]

Itulah penjelasan mengenai unsur-unsur proposal beserta contoh penulisan proposal yang bisa Anda jadikan referensi ketika membuat proposal suatu kegiatan / penelitian. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend