10+ Contoh Proposal Penelitian Ilmiah, Kualitatif dan Kuantitatif (+File PDF)

Di dalam dunia penelitian, pasti Anda sering menjumpai proposal penelitian. Isi dari proposal penelitian merupakan rancangan dari penelitian secara lengkap dan terperinsi, termasuk di dalamnya terdapat teori, alasan dan juga metode yang akan digunakan. Sebagian dari seluruh ilmu pengetahuan juga harus melewati tahap penelitian.

Maka dari itu, sebelum melakukan suatu penelitian maka kita harus mengusulkan atau mengajukan proposal penelitian tersebut ke pembimbing dari penelitian kita.

Jenis dari metode yang biasa digunakan pada saat ingin membuat suatu proposal penelitian  yaitu seperti merode kualitatif dan juga kuantitatif.

Perbedaan dari kualitatif dan juga kuantitatif yaitu dari cara penyelesaiannya. Pada metode kualitatif,menyelesaikan suatu masalah dengan cara mendeskripsikan sesuatu, sedangkan pada metode kuantitatif menyelesaikan suatu masalah yaitu dengan menggunakan perhitungan dari angka-angka.

Apabila Anda ingin membuat suatu proposal penelitian, maka Anda harus menentukan metode yang Anda gunakan nantinya. Setelah itu Anda dapat melihat dari contoh proposal penelitian dibawah ini.

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Diatas merupakan salah satu contoh dari proposal penelitian ilmiah. Anda dapat mengikuti format dan juga struktur dari contoh proposal penelitian ilmiah diatas.Pengertian dari proposal penelitian ilmiah yaitu serangkaian dari pengamatan yang sudah saling terkait, berakumulasi serta menciptakan teori-teori yang bisa menjelaskan maupun meramal fenomena yang telah terjadi.

Suatu penelitian ilmiah juga sering dijadikan tata cara yang sistemats dan sering digunakan untuk melakukan suatu penelitian tertentu.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Sesuai dengan namanya, penelitian dengan metode kualitatif selalu mengedepankan kualitas dari suatu entitas yang akan diteliti. Penelitian ini juga memiliki sifat yang analitis dan juga deskriptif. Proses dari penelitian kualitatif juga memfokuskan terhadap pengungkapan suatu makna sosial atas dari sebuah fenomena yang mana dibangun oleh subjek penelitian atau biasa disebut dengan partisipan.

Penelitian ini juga selalu berusaha untuk menjawab bagaimana pengalaman dari sosio-kulural manusia-manusia itu dibentuk dan juga diberi makna.

Ada beberapa dari fenomena sosial yang tidak dapat diungkapkan dengan diperhitungkan secara matematis. Contohnya yaitu, suatu penelitian yang berusaha untuk mengungkap suatu resiliensi pada masyarakat yang saat ini bertempat tinggal di sekitaran gunung merapi.

Dan sebagian dari masyarakat juga tidak ignin untuk mengungsikan diri apabila gunung tersebut akan meletus. Gunung merapi tersebut juga merupakan suatu bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat tersebut yang mana mempunyai makna yang berbeda dengan masyarakat yang lainnya.

Riset dengan metode kualitatif ini juga bisa memberikan sebuah jawaban kenapa mereka menolak untuk mengungsikan diri mereka dan juga bagaimana makna dari bencana, gunung, kehidupan dan juga yang lainnya untuk mereka.

Nah, disinilah penelitian kualitatif ini diperlukan, karena penelitian kualitatif ini dilakukan untuk bisa mengungkapkan suatu kualitas dari entitas yang akan diteliti.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah salah satu dari jenis penelitian yang memiliki spesifikasi yang terencana, sistematis dan juga terstruktur yang sudah jelas dari awal sampai dengan pembuatan desain dari penelitiannya.Pengertian lain yang dari penelitian kuantitatif yaitu penelitian ini banyak menuntut dari penggunaan angka, seperti untuk mengumpulkan data, menafsirkan fata, dan juga penampilan dari hasiltersebut.

Dengan begitu di tahap kesimpulan dari penelitian ini dapat lebih baik apabila disertai juga dengan grafik, tabel, gambar, dan lain sebagainya.

Penelitian kuantitatif juga salah satu studi yang sering diposisikan sebagai penelitian yang bebas nilai atau value free. Dengan begitu, penelitian ini sangat ketat dalam menerapkan suatu prinsip yang objektivitas.

Objektivitas tersebut juga dihasilkan dari penggunaan instrumen yang sudah diuji reliabilitas dan juga validitasnya. Seorang peneliti yang menggunakan metode kuantitatif ini harus mereduksi dengan sedemikian rupa hal yang bisa membuat bias, contohnya seperti akibat masuknya dari persepsi maupun nilai-nilai pribadi.

Apabila dalam menelaah tersebut muncul dan terdapat bias, maka penelitian tersebut bisa jauh darikaidah teknik ilmiah yang sebenarnya.

Struktur Proposal Penelitian

Proposal penelitian sering digunakan untuk keperluan skripsi maupun disertasi. Dimana penelitian ini akan mengungkapkan masalah dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah tersebut.

Tidak sedikit juga orang-orang yang merasa kebingungan dalam membuat suatu proposal penelitian, dan ada pula yang melakukan kesalahan terhadap pembuatan proposal penelitian.

Sebagian dari masalah tersebut diakibatkan karena mereka tidak memahami dengan benar struktur maupun format dari proposal penelitian. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan penjelasan kepada Anda apa saja struktur proposal penelitan.

1. Bagian Depan

Pada bagian depan dari proposal penelitian ini meliputi beberapa lembar, yaitu :

  • Sampul Depan : Sampul depan ini merupakan cover dari proposal penelitian. Dimana memuliki isi seperti judul, maksud, program studi, lambang, nama penulis, nomor induk, universitas maupun yang lain, dan juga tahun dari penulisan proposal.
  • Halaman Sampul Dalam (Judul) : Pada halaman ini harus diketik pada kertas putih dan harus berukuran A4.
  • Halaman pengesahan : Pada halaman ini terdapat lembar persetujuan dan juga lembar pengesahan
  • Daftar Isi

2. Bagian Awal dan Isi

Pada bagian awal dari proposal penelitian ini meliputi beberapa hal, seperti :

A. BAB Pendahuluan

  • Latar belakang
  • Rumusan Masalah
  • Batasan Masalah
  • Tujuan dan Manfaat

B. BAB Tinjauan Pustaka

  • Landasan Teori
  • Kerangka Berpikir
  • Hipotesis

C. BAB Metode Penelitian

  • Arsitektur Umum
  • Metode Pengumpulan Data
  • Analisis Data

3. Bagian Akhir atau Penutup

  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Demikianlah mengenai contoh proposal penelitian ilmiah, proposal penelitian kualitatif, proposal penelitian kuantitatif dan juga struktur proposal penelitian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan referensi wawasan Anda di dalam pelajaran proposal penelitian.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend