Pengertian Proposal Beserta Fungsi, Struktur dan Ciri-Ciri Proposal

Pengertian Proposal

Proposal sering di buat sebagai pedoman untuk melakukan kerjasama. Karena pengertian dari proposal adalah sebuah dokumen yang berisikan suatu rencana yang diajukan oleh satu pihak ke pihak lain agar bisa di setujui dan di pahami dengan mudah. Proposal tentunya di tulis dengan singkat padat dan jelas agar mudah di mengerti oleh pihak yang dituju.

Poin-poin yang ada di dalam proposal pun merupakan penjelasan dari rencana yang akan di ajukan tadi. Pembuatan proposal sendiri paling banyak di gunakan dalam hal bisnis dan hal lain yang memerlukan izin untuk bekerja sama. Namun peran proposal juga sering di butuhkan pada instansi pendidikan seperti dalam tingkat sekolah maupun dalam tingkat universitas.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Menurut Para AhliDari penjelasan diatas apakah Anda sudah mengerti mengenai pengertian proposal? Agar Anda lebih mudah memahami dengan apa yang dimaksud proposal maka pengertian proposal menurut para ahli ini bisa Anda pelajari.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika menurut data dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka arti proposal yaitu sebuah rencana yang di tuangkan ke dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang dan juga teliti. Dimana rencana ini dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan sebuah penelitian. Baik itu penelitian di lapangan (field research) ataupun penelitian di perpustakaan (library research).

2. Hasnun Anwar (2004)

Sedangkan menurut Hasnun Anwar, proposal adalah sebuah rencana yang di susun atau dibuat untuk suatu kegiatan tertentu.

3. Keraf (2001)

Keraf mengatakan jika proposal merupakan sebuah saran atau permintaan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan dan mengadakan sebuah pekerjaan tertentu.

4. Jay (2006)

Lalu Jay berpendapat jika pengertian proposal adalah alat bantu manajemen standar. Agar pihak manajemen suatu organisasi bisa berfungsi secara efisien dan juga efektif.

5. Rieefky

Rieefky menyatakan pendapatnya mengenai pengertian proposal, yaitu sebuah bentuk rancangan kegiatan yang dibuat ke dalam bentuk formal dan standar. Penulisan proposal ialah langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat pada tahap¬tahap sebelumnya.

Fungsi dan Tujuan Proposal

Fungsi dan Tujuan Proposal Sebuah proposal yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang tergabung pada sebuah badan maupun lembaga tentunya memiliki fungsi dan tujuan. Mengingat peran proposal yang cukup besar dalam dunia bisnis dan pendidikan. Adapun fungsi dari pembuatan proposal adalah:

  1. Digunakan untuk melakukan penelitian keagamaan, ekonomi, sosial dan budaya, serta hal penting lainnya.
  2. Digunakan untuk mendirikan suatu badan usaha baik resmi maupun non resmi.
  3. Proposal juga berfungsi sebagai dokumen untuk mengajukan tender atau usaha kerja sama oleh suatu pihak dengan pihak yang lain.
  4. Fungsi proposal juga bisa digunakan untuk mengajukan pengadaan suatu acara seminar, perlombaan, festival, maupun perayaan suatu hal.
  5. Proposal juga bisa berperan sebagai dokumen untuk mengajukan bantuan dana kepada sebuah lembaga kemanusiaan maupun oleh pemerintah daerah.

Sedangkan tujuan proposal, yaitu:

  1. Sebagai alat untuk mendapatkan sponsor
  2. Agar bisa mendapatkan dukungan dari pihak lain yang dituju.
  3. Supaya bisa mendapat sebuah perizinan ketika akan mendirikan suatu bangunan maupun mengadakan sebuah acara dalam bentuk apapun.
  4. Tujuan proposal juga agar pembuat proposal bisa mendapat bantuan dari pihak-pihak tertentu.

Sistematika dan Struktur Proposal

Sistematika dan Struktur ProposalSecara umum bentuk proposal ada banyak sekali, seperti proposal kemasyarakatan dan proposal penelitian. Kedua proposal ini paling sering digunakan dalam jangkauan masyarakat luas. Adapun sistematika proposal, yaitu:

1. Sistematika proposal kemasyarakatan

Proposal kemasyarakatan merupakan sebuah proposal yang dibuat untuk mengajukan izin pendirian usaha maupun mengadakan suatu acara. Sistematika proposal kemasyarakatan adalah:

  • Nama kegiatan
  • Latar belakang
  • Tujuan
  • Beberapa jenis kegiatan
  • Panitia pelaksana
  • Waktu serta tempat pelaksana
  • Jadwal kegiatan
  • Biaya

2. Sistematika proposal penelitian

Sama seperti namanya, proposal penelitian biasanya dibuat agar bisa mendapatkan izin untuk bisa melakukan sebuah penelitian dalam bidang apapun. Sistematika yang ada pada proposal penelitian adalah:

  • Dasar pemikiran
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Asumsi
  • Hipotesis
  • Metode penelitian
  • Tempat serta sample penelitian
  • Jadwal penelitian
  • Personalia penelitian
  • Biaya penelitian
  • Pustaka acuan

Lalu apa itu struktur proposal? Struktur proposal adalah penyusun dari proposal tersebut yang tentunya memegang peranan yang penting. Adapun struktur yang ada dalam proposal adalah:

1. Sampul proposal

Pada sampul proposal harus ada logo perusahaan dan nama kegiatan yang akan dilaksanakan.

2. Latar belakang kegiatan

Berisi alasan mengapa kegiatan tersebut di laksanakan. Alasan ini harus lengkap dari yang bersifat umum hingga yang khusus.

3. Nama kegiatan

Tentunya ketika membuat sebuah proposal Anda harus menyertakan nama kegiatan yang akan Anda laksanakan tersebut.

4. Tema kegiatan

Selain nama kegiatan, tema dari kegiatan juga harus ada di dalam proposal.

5. Tujuan kegiatan

Sebuah kegiatan yang akan di adakan tentunya memiliki sebuah tujuan tertentu dan berbeda-beda. Tujuan kegiatan ini harus ada dalam proposal dan disampaikan secara padat serta jelas.

6. Jenis kegiatan

Apa saja jenis kegiatan yang akan Anda lakukan harus Anda jelaskan secara terperinci di proposal tersebut.

7. Sarana promosi

Pada struktur sarana promosi ini harus dicantumkan sarana apa saja yang akan di dapatkan oleh pihak sponsor jika mau ikut membiayai kegiatan tersebut.

8. Estimasi anggaran

Total biaya anggaran dari kegiatan harus dihitung secara terperinci dan penjelasannya harus lengkap di dalam proposal. Setelah ada total biaya, maka harus ada estimasi anggaran yang sudah ada dan yang dibutuhkan jika anggaran masih kurang.

9. Penutup

Jika struktur pertama hingga kedelapan sudah lengkap di dalam proposal maka struktur selanjutnya adalah penutup. Pada bagian penutup ini tentunya harus ada nama terang dan tanda tangan dari pembuat proposal.

10. Susunan kepanitiaan

Setelah membuat penutup, lalu Anda buat susunan kepanitiaan. Susunan ini sangatlah penting dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sponsor. Sedangkan letak susunan kepanitiaan berada di proposal bagian belakang.

Ciri-Ciri Proposal

Pengertian Proposal dan Ciri-CirinyaSetiap dokumen penting tentunya memiliki ciri-ciri atau karateristiknya sendiri. Sama seperti proposal, adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh proposal adalah:

  1. Proposal dibuat guna meringkas kegiatan yang akan di laksanakan.
  2. Proposal harus dibuat dengan singkat agar pihak sponsor atau pihak tertentu mengetahui pokok isi acara yang akan diselenggarakan.
  3. Berperan sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan yang akan dilakukan.
  4. Proposal harus diberikan kepada pihak sponsor dan  instansi terkait minimal satu bulan sebelum acara. Dimana proposal ini berperan sebagai pemberitahuan kepada pihak sponsor atau instansi tertentu.
  5. Proposal berisi tujuan dan latar belakang acara.
  6. Proposal disusun dengan tujuan yang sudah disesuaikan dengan latar belakang acara.
  7. Proposal berbentuk  beberapa lembaran pemberitahuan yang telah dijilid dan nantinya diserahkan kepada pihak yang menyelenggarakan acara dan pihak sponsor.
  8. Ada pihak yang membuat dan mengajukan proposal.

Itu tadi pengertian proposal dan beberapa pendapat dari para ahli. Semoga informasi yang sudah dijabarkan diatas bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda mengenai proposal.

Leave a Reply

Send this to a friend