Pengertian Ilmu Ekonomi Beserta Sejarah, Manfaat dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi 

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagai hal dalam pengelolaan sumber daya. Pengelolaan ini mencakup semua golongan baik perorangan, kelompok hingga suatu negara.

Pengelolaan sumber daya ini diharapkan dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Dengan adanya suatu ilmu ekonomi, tata perilaku dan tata hukum suatu negara dapat terarah dengan baik. Sehingga suatu negara tersebut dapat menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Selain pengertian ilmu ekonomi secara umum, terdapat juga beberapa ahli yang menjelaskan mengenai pengertian ilmu ekonomi, seperti berikut:

1. Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith

Menurut Adam Smith, menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang dapat dikatakan secara matematisnya mempelajari tingkah laku atau perilaku manusia dengan usaha yang mereka lakukan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Pengertian ilmu ekonomi menurut Aristoteles

Aristoteles mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah diumpamakan sebagai suatu cabang yang dapat dipecah menjadi 2 jalan yaitu adanya kemungkinan untuk digunakan dan untuk ditukarkan dengan barang. Dimana kedua hal ini merupakan terkait dengan nilai pemakaian dan nilai tukar suatu barang atau jasa.

3. Pengertian ilmu ekonomi menurut Von Neumann dan Mogenstern

Menurut Von Neumann dan Mogenstern, bahwa Ilmu ekonomi merupakan suatu disiplin ilmu yang seharusnya diperlakukan ilmiah. Dimana ketika ilmu ekonomi ini diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak pada zaman itu, maka ilmu ini akan sangat disayangkan.

4. Pengertian ilmu ekonomi menurut Richard G Lipsey

Menurut Richard G Lipsey mendefinisikan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu atau studi yang mengenai pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terbatas. Sehingga kebutuhan akan tetap dapat tercukupi.

5. Pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshali

Menurut Alfred Marshalli, ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia sehari-hari.

6. Pengertian ilmu ekonomi menurut Suherman Rosydi

Menurut Suherman Rosydi, ilmu ekonomi adalah salah satu dari cabang ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengertian mengenai ciri-ciri atau gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

Sejarah Ilmu Ekonomi

Sejarah Ilmu Ekonomi

Sebuah ilmu ekonomi memiliki sejarah yang dimulai pada masa lalu. Setiap sejarah memiliki cerita yang berbeda dalam suatu masa. Ilmu ekonomi mulai dikenalkan oleh Adam Smith. Dimana, awalnya adalah Adam Smith mulai mengenalkan ilmu ekonomi dan mengembangkan ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan.

Ilmu ekonomi secara garis besar diawali dengan aliran klasik. Dimana aliran ini dipelopori oleh Adam Smith, dengan teori aliran yang menekankan pada invisible hand yang dapat mengatur pembagian sumber daya. Pada saat itu, pemerintahan menjadi salah satu hal yang bisa mengganggu proses dalam aliran ini, karena dengan adanya pemerintahan maka banyak hal yang menjadi terbatasi.

Konsep invisible hand ini direpresentasikan dalam mekanisme pasar dengan melalui harga, sebagai instrumen atau media utamanya. Pada tahun 1930, aliran ini mengalami kegagalan dikarenakan pasar tidak mampu bereaksi terhadap gejolak yang terjadi di pasar saham.

Setelah itu, muncullah beberapa teori baru yang disebutkan oleh Keynes dalam bukunya yang berjudul “General theory of Employment, interest, and money” yang menjelaskan bahwa dalam sebuah pasar tidak selalu menciptakan sebuah keseimbangan. Oleh karena itu, interfensi pemerintah harus dilakukan agar dapat mendukung distribusi sumber daya sehingga dapat mencapai sasarannya.

Dalam sebuah ilmu ekonomi, awalnya dikenal dengan bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Dengan memiliki sebuah arti oikos berarti keluarga, rumah tangga, sedangkan nomos berarti peraturan, hukum. Sehingga dapat diartikan menjadi aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Manfaat Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi tentu memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Dimana terdapat sebuah kehidupan, maka ilmu ekonomi akan selalu diterapkan. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa manfaat ilmu ekonomi:

1. Dapat menanamkan sifat positif untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, banyak sifat positif yang bisa diambil seperti kita akan menjadi lebih waspada, bersedia, dan selalu berjaga atau siap dalam menghadapi segala situasi kondisi ekonomi yang bisa terjadi kapan saja.

2. Paham tentang potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi

Dalam dunia ekonomi, kehidupan bernegara tentu akan menimbulkan banyak permasalahan terkait ekonomi, sehingga dengan kita mempelajari ilmu ekonomi, maka kita bisa memahami potensi dan keterbatasan dari kebijakan ekonomi yang diterapkan saat ini.

3. Paham wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata

Dengan kita belajar ilmu ekonomi, akan lebih mudah memahami bagaimana wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata. Karena dalam dunia nyata, semua kegiatan ekonomi bisa disaksikan dan dilakukan dengan jelas.

4. Lebih mahir dalam bidang perekonomian

Belajar ilmu ekonomi dapat membuat kita menjadi lebih mahir untuk menyelesaikan berbagai tugas dan permasalahan dalam bidang ekonomi.

5. Bisa bersikap lebih bijak

Pembelajaran yang terkait ilmu ekonomi, mampu membuat kita untuk bersikap lebih bijak dalam memandang segala sesuatu. Sehingga keputusan yang akan dibuat tepat pada tujuannya.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Dalam konteks ilmu ekonomi, ruang lingkupnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu makro dan mikro. Berikut merupakan penjelasan ruang lingkup ilmu ekonomi:

1. Ekonomi Makro

Ekonomi makro sering disebut dengan teori pendapatan. Dimana ekonomi makro lebih berfokus pada menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatannya. Sehingga mekanisme ekonomi makro berada pada keseluruhan komponen yang saling berkaitan mulai dari produksi, hinga pengalokasian barang sampai ke konsumen.

2. Ekonomi Mikro

Dalam kondisi nyata, ekonomi mikro merupakan suatu konsep ilmu ekonomi yang berskala kecil. Dimana, ekonomi mikro sering disebut dengan teori harga. Konsep ekonomi mikro melibatkan konsumen dengan penjual dipasar. Sehingga ekonomi mikro meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan perilaku produsen dalam bertransaksi secara individu dalam pasar.

Nah, dengan kita mengetahui beberapa pengetahuan tentang pengertian ilmu ekonomi, akan lebih mudah dalam menentukan keputusan yang tepat untuk hal-hal yang sedang kita hadapi. Sehingga penting sekali untuk anda mempelajari ilmu ekonomi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend