10+ Contoh Cover Makalah Kuliah, SMA & SMP Maupun Kelompok

Didalam dunia pendidikan, kita menjadi seorang murid maupun mahasiswa pasti tidak pernah lepas dari yang namanya tugas. Tugas-tugas tersebut diberikan oleh seorang guru maupun dosen.

Tugas yang diberikan juga berbagai macam bentuknya, contohnya seperti makalah, laporan maupun tugas lainnya. Hal terpenting selama dalam pemberian tugas tersebut juga tentu mempunyai deadline (jangka waktu) dalam mengumpulkan tugas-tugasnya.

Maka dari itu, bagi Anda yang tengah mencari beberapa contoh dari sampul atau cover yang akan dijadikan sebagai tugas seperti tugas makalah, Anda dapat mencarinya pada artikel ini.

Walaupun keberadaan dari cover atau sampul dari sebuah makalah tidaklah begitu penting, Tetapi yang pertama kali yang dilihat dari sebuah makalah yaitu cover. Dengan sebuah cover yang menarik, maka lebih banyak orang yang tertarik untuk melihat makalah Anda.

Contoh Cover Makalah

Contoh cover makalah berbeda-beda tiap jenjangnya, contohnya tingkat SMA, SMP maupun Universitas. Maka dari itu, Anda dapat mengikuti cover makalah dari berbagai contoh cover makalah dibawah ini:

1. Contoh Cover Makalah Kuliah / Mahasiswa

Contoh Cover Makalah Kuliah / Mahasiswa

Dapat Anda lihat pada cover makalah mahasiswa diatas, judul menggunakan huruf kapital dan dibuat dalam posisi center. Setelah itu, logo dari universitas tempat Anda mengenyam pendidikan dapat Anda letakkan dalam posisi tengah dari kertas.

Tepat dibawah logo universitas, Anda dapat mencantumkan nama dosen pembimbing Anda. Setelahnya Anda dapat mencantumkan nama Anda tepat dibawah nama dosen pembimbing Anda.

Terakhir tepat pada posisi bawah, Anda dapat mencantumkan nama universitas, fakultas, jurusan, dan tahun ajaran Anda. Dan buatlah format cover makalah Anda sama dengan format pada contoh diatas ini.

2. Contoh Cover Makalah SMA / SMK

Contoh Cover Makalah SMA / SMK

 

Diatas ini merupakan salah satu contoh dari cover makalah yang sering digunakan pada pelajar SMA maupun SMK.

Pada bagian atas dituliskan sebuah kata dengan huruf kapital dengan font lumayan besar, yang mana bertuliskan MAKALAH. Di bawah kata makalah, Anda dapat mengetikkan mata pelajaran atau topik pembahasan dari makalah tersebut.

Pada bagian tengah atau dibawah judul topik pembahasan makalah, Anda dapat menempatkan logo dari sekolah Anda. Dan disusul dengan nama dan juga kelas tempat Anda duduk sekarang ini.

Setelah itu pada bagian bawah, Anda dapat mencantumkan nama sekolah Anda dalam huruf kapital dengan font yang lumayan besar juga. Dan terakhir, Anda bisa mencantumkan tahun ajaran saat ini tepat dibawah nama sekolah Anda.

3. Contoh Cover Makalah SMP

Contoh Cover Makalah SMP

 

Untuk cover makalah SMP, Anda dapat mengikuti format dari contoh makalah diatas ini. Pada bagian atas, dituliskan sebuah kata dengan huruf kapital, yang mana bertuliskan MAKALAH.

Tepat dibawah kata makalah, Anda dapat mengetikkan nama mata pelajaran dari makalah tersebut. Dan di bawahnya Anda dapat mencantumkan judul dari makalah tersebut di dalam tanda kutip.

Pada bagian tengah dari kertas, Anda bisa menyematkan logo dari sekolah Anda. Tepat dibawah logo tersebut Anda juga harus menyertakan nama Anda beserta NISN Anda, sebagai bukti bahwasanya makalah tersebut adalah milik Anda.

Pada bagian bawah, Anda dapat mencantumkan nama dari sekolah tempat Anda mengenyam pendidikan saat ini, dan juga Anda dapat menuliskan tahun saat Anda menuliskan makalah tersebut.

4. Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh Cover Makalah Kelompok

 

Jika pada contoh-contoh cover sebelumnya merupakan contoh cover makalah untuk makalah pribadi, maka pada contoh cover diatas ini merupakan contoh cover makalah untuk kelompok.

Pada bagian atas, dituliskan sebuah kata dengan huruf kapital, yang mana bertuliskan MAKALAH. Dibawah kata makalah, Anda harus mencantumkan nama mata pelajaran dari tugas makalah tersebut. Setelah itu, Anda dapat mencantumkan judul dari makalah tersebut.

Kemudian dibawah judul, Anda dapat mencantumkan nama dosen pembimbing atau guru yang memberikan tugas tersebut. Setelahnya Anda dapat menyematkan logo dari universitas maupun sekolah Anda.

Lalu Anda bisa menuliskan daftar nama kelompok Anda beserta dengan NIM atau NISN-nya. Dibawah nama kelompok, Anda harus mencantumkan nama fakultas Anda.

Selanjutnya Anda juga harus mencantumkan nama universitas, wilayah universitas, dan tahun pada saat Anda membuat makalah tersebut.

5. Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah Individu

 

Diatas merupakan saah satu dari contoh dari cover makalah individu. Pada bagian atas, dituliskan sebuah kata dengan huruf kapital, yang mana bertuliskan MAKALAH. Tepat dibawah kata makalah, Anda harus menuliskan maa kuliah atau mata pelajaran dari makalah tersebut.

Dibawah nama mata kuliah, Anda juga harus menyematkan logo dari universitas maupun sekolah tempat Anda mengenyam pendidikan saat ini juga. Setelahnya Anda dapat menuliskan identitas diri Anda seperti nama, NIM atau NISN, dan jurusan maupun kelas tempat Anda duduk saat ini.

Pada bagian bawah, Anda dapat menuliskan nama fakultas, nama jurusan, dan juga nama universitas tempat Anda belajar saat ini.

Cara Membuat Cover Makalah di MS.Word

Untuk lebih mudah dalam membuat sebuah cover di dalam ms.word, Anda dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka ms.word di laptop maupun komputer Anda. Lalu Anda dapat membuat kata makalah dengan Times New Roman font 20 serta menggunakan bold. Dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini.

langkah

2. Setelah itu Anda dapat mengetikkan nama mata kuliah atau pelajaran dari makalah tersebut tepat dibawah kata Makalah (menggunakan format yang sama dengan kata makalah).

langkah

3. Selanjutnya Anda dapat menyematkan logo dari universitas maupun sekolah Anda. Pada logo tersebut Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisinya seperti pada gambar dibawah ini. Untuk memasukkan gambar, Anda dapat mengklik button insert lalu klik menu picture dan Anda dapat memilih gambar mana yang ingin Anda masukkan lalu klik Insert.

langkah

4. Kemudian Anda dapat mengetikkan nama Anda seperti pada gambar dibawah ini menggunakan Times new roman font 12.

langkah

5. Yang terakhir, Anda dapat mengetikkan nama universitas, fakultas dan tahun ajaran saat ini.

langkah

6. Berikut tampilan cover yang telah dibuat.

langkah

Demikianlah beberapa contoh cover makalah yang sering digunakan oleh beberapa orang baik itu mahasiswa, pelajar, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend