10+ Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan, Proposal dan Lain Sebagainya

Pada sebuah karya tulis pasti Anda sering menemukan adanya kata pengantar pada lembar awal didalam karya tulis tersebut. Beberapa karya tulis yang sering menggunakan kata pengntar yaitu seperti pada buku novel, buku biografi, makalah, buku pelajaran, proposal, laporan hingga karya ilmiah.

Selain kata pengantar, pasti Anda juga sering menemukan adanya daftar pustaka, daftar isi, dan lain lain. Dimana beberapa hal tersebut sangat penting keberadaannya di dalam suatu karya ilmiah, dan keberadaannya pun sering membawa pengaruh pada profesionalitas suatu karya yang telah kita buat.

Suatu kata pengantar dibuat dengan sengaja untuk menjadi suatu bentuk dari rasa hormat dari sang penulis karya tulis itu kepada para pembacanya. Tetapi harus diingat juga pada saat merangkai suatu kalimat dari kata pengantar kita harus selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan juga harus menggunakan kalimat yang mudah untuk dipahami atau efektif.

Dengan begitu seluruh pembaca yang sedang membaca karya tulis tersebut akan menjadi lebih mudah untuk memahami hal apa saja yang sudah dituliskan di dalam karya tulis tersebut.

Apabila Anda memiliki kegemaran di dalam hal merangkai kata, pastinya Anda tidak akan kesulitan pada saat akan menuliskan karya tulis, begitu juga pada saat Anda akan menuliskan kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar

Didalam suatu kata pengantar memiliki struktur seperti pembukaan, isi dan penutup. Dimana pembukaan terdapat pada paragraf pertama sampai dengan paragraf kedua. Pada pembukaan juga selalu memiliki isi mengenai ucapan syukur dari penulis maupun tim penyusun dalam telah rampungnya karya tulis yang sudah ia buat.

Pada bagian Isi dalam kata pengantar biasanya berisikan tentang gambaran isi suatu karya tulis yang telah dibuat. Umumnya, pada bagian isi sering dimulai dengan menyebuatan judul dari karya tulis. Selanjutnya akan menjelaskan sedikit temtang pembahasan dan bagaimana seorang penulis menuliskan sebuah isi tersebut pada karya tulis.

Yang terakhir yaitu pada bagian penutup, penutup biasanya berisikan mengenai permohonan maaf dan harapan dari seorang penulis dari suatu karya tulis yang sudah dibuat.

Kata pengantar pun juga memiliki beberapa macam, contohnya seperti kata pengantar makalah, skripsi, karya ilmiah, proposal penelitian, proposal usaha, proposal kegiatan, laporan PKL, laporan praktikum, laporan kegiatan, dan laporan magang. Berikut penjelasannya.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk makalah. Dapat kita lihat di dalam kata pengantar tersebut pada paragraf pertama penulis mengucapkan terimakasih sebagai pembukaannya.

Pada bagian paragraf kedua dan ketiga merupakan isi dari kata pengantar, yang mana berisikan maksud dan tujuan dari dibuatnya karya tulis makalah tersebut. Tidak hanya itu, di bagian isi penulis juga menyatakan bahwasanya ia menerima kritik dan saran akan karya tulis yang ia buat.

Hal ini juga dianggap penting karena dapat menjadi suatu evaluasi terhadap karya tulis yang ia buat untuk kedepannya. Sedangkan pada bagian penutup, penulis menyertakan harapannya yaitu semoga karya tulis yang ia buat dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Kata pengantar untuk makalah ini pun dapat digunakan untuk makalah apa saja, seperti contoh makalah tugas, makalah mata pelajaran, dan juga makalah kompetisi.

2. Contoh Kata Pengantar Skripsi

kata pengantar skripsi

Contoh kata pengantar diatas merupakan contoh dari kata pengantar untuk skripsi. Dapat dilihat diatas, pada paragraf pertama merupakan pembukaan dari kata pengantar yang berisikan rasa syukur karena skripsi yang telah dibuat telah rampung serta penulis juga menyertakan judul dari skripsinya.

Pada paragraf kedua dan ketiga merupakan isi dari kata pengantar tersebut, dimana isinya yaitu berupa penjelasan singkat mengenai skripsi yang telah dibuat. Dan juga pada paragraf ketiga, penulis secara khusus menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para dosen pembimbing dan juga kepada orang-orang yang telah membantunya dalam menyelesaikan penelitian untuk skripsinya.

Pada paragraf keempat merupakan bagian penutup dari kata pengantar. Dimana didalamnya berisikan harapannya akan penelitiannya tersebut dapat bermanfaat bagi semua orang. Kata pengantar diatas juga bisa menjadi suatu pedoman Anda untuk menuliskan kata pengantar untuk skripsi.

3. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Selanjutnya diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar karya ilmiah. Pada paragraf pertama merupakan bagian pembukaan dari kata pengantar. Dimana isinya merupakan rasa syukur dari penulis kepada Tuhan, karena dengan rahmatnya ia dapat menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Dan tidak lupa ia juga mencantumkan jurul dari karya tulis yang dibuatnya.

Dan pada paragraf kedua dan ketiga merupakan isi dari kata pengantar tersebut, dimana isinya adalah mengucapkan rasa terimakasih penulis kepada para pembimbingnya dan juga orang-orang yang ikut berkontribusi dalam terciptanya karya tulis tersebut.

Terakhir pada paragraf keempat dan kelima merupakan penutup, yang mana berisikan harapannya terhadap karya ilmiahnya.

4. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

kata pengantar proposal penelitian

Diatas merupakan contoh dari kata pengantar proposal penelitian. Kata pengantar diatas pun dapat Anda gunakan sebagai pedoman Anda dalam membuat kata pengantar untuk proposal penelitian. Anda hanya menggantikan isi dan juga maksud dari penelitian yang akan Anda buat.

 5. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

kata pengantar proposal usaha

Diatas merupakan contoh dari kata pengantar untuk proposal usaha. Anda dapat menjadikan kata pengantar diatas untuk proposal usaha seperti usaha warung, UKM, dagangan, usaha jasa, usaha fotocopy dan lain sebagainya.

6. Contoh Kata Pengantar Proposal Kegiatan

Contoh Kata Pengantar Proposal Kegiatan

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk proposal kegiatan. Kata pengantar diatas juga menjelaskan mengenai kegiatan untuk kegiatan di bulan ramadhan.

Tidak hanya itu, Anda dapat menjadikan proposal kegiatan diatas menjadi proposal kegiatan lainnya yang akan Anda buat. Seperti contoh Anda bisa membuat proposal kegiatan perkemahan, hiking, paskibraka, buka bersama, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu untuk menggantikan isi dari kata pengantar tersebut.

7. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

kata pengantar laporan pkl

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk laporan PKL. Kata pengantar diatas juga menjelaskan mengenai kegiatan apa saja yang ia lakukan. Tidak hanya itu, Anda dapat menjadikan kata pengantar laporan PKL diatas menjadi kata pengantar laporan PKL lainnya yang akan Anda buat.

Seperti contoh Anda bisa membuat laporan PKL pengabdian masyarakat, pengelolaan pabrik, pengelolaan perkebunan dan lain sebagainya. Anda hanya perlu untuk menggantikan isi dari kata pengantar tersebut.

8. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

laporan praktikum

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk laporan praktikum. Kata pengantar diatas juga menjelaskan mengenai praktikum apa saja yang ia lakukan.

Tidak hanya itu, Anda dapat menjadikan kata pengantar laporan praktikum diatas menjadi kata pengantar laporan praktikum lainnya yang akan Anda buat. Seperti contoh Anda bisa membuat laporan praktikum mengenai fisika, kimia dan lain sebagainya. Anda hanya perlu untuk menggantikan isi dari kata pengantar tersebut.

9. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

laporan kegiatan

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk laporan kegiatan. Kata pengantar diatas juga menjelaskan mengenai kegiatan apa saja yang ia lakukan. Tidak hanya itu, Anda dapat menjadikan kata pengantar laporan kegiatan diatas menjadi kata pengantar laporan kegiatan lainnya yang akan Anda buat.

Seperti contoh Anda bisa membuat laporan kegiatan seminar, pameran workshop, pramuka dan lain sebagainya. Anda hanya perlu untuk menggantikan isi dari kata pengantar tersebut.

10. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Diatas merupakan salah satu contoh dari kata pengantar untuk laporan magang. Kata pengantar diatas juga menjelaskan mengenai kegiatan magang apa saja yang ia lakukan.

Tidak hanya itu, Anda dapat menjadikan kata pengantar laporan magang diatas menjadi kata pengantar laporan magang lainnya yang akan Anda buat. Seperti contoh Anda bisa membuat laporan magang kewirausahaan, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu untuk menggantikan isi dari kata pengantar tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend